OUR NETWORK

Skuat United Ketika Mengalahkan AS Roma 7-1, di Mana Mereka Sekarang?

11 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 10 April 2007, Manchester United mencatatkan salah satu kemenangan terbesarnya di kompetisi Eropa. Ketika itu, Setan Merah mengalahkan wakil Italia AS Roma dengan skor telak 7-1.

Kemenangan tersebut membuat United unggul agregat 8-3 meski sebelumnya kalah 1-2 ketika bertandang ke kota Roma. Dengan skuat yang dimiliki saat itu, Sir Alex Ferguson berhasil menembus hingga babak semifinal sebelum disingkirkan wakil Italia lainnya, AC Milan. Meski demikian, lolos hingga semifinal adalah pencapaian terbaik Sir Alex yang terakhir kali bisa diraih pada musim 2001/2002.

Saat itu, United terbilang memiliki skuat terbaik dengan beberapa pemain muda macam Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney yang ketika itu masih berusia 21 tahun. Keduanya kemudian membantu United meraih gelar Eropa ketiga mereka semusim kemudian. Lalu, siapa sajakah para pemain yang tampil dalam kemenangan bersejarah tersebut dan di mana mereka sekarang?

Edwin van der Sar

Penjaga gawang Belanda ini bertahan di United hingga musim 2010/2011. Ia menjadi bintang dalam keberhasilan United mengalahkan Chelsea di final Liga Champions semusim berselang. Empat tahun setelah Gantung Sepatu, Van Der Sar sempat kembali bermain bersama tim amatir VV Noordwijk dan sempat menahan satu tendangan penalti. Sekarang Van Der Sar menjadi salah direktur di mantan klubnya, Ajax Amsterdam.

John O’Shea

Ketika mengalahkan AS Roma, O’Shea ditempatkan sebagai bek kanan untuk menggantikan Gary Neville yang cedera. Kapten timnas Irlandia ini kemudian bertahan hingga 2011 sebelum akhirnya hijrah ke Sunderland dan bertahan hingga saat ini. Maret lalu, ia mengumumkan akan pensiun dari sepakbola pada akhir musim nanti.

Rio Ferdinand

Pada pertandingan melawan Roma tersebut, Rio berhasil membuat Francesco Totti terisolasi. Ia menjadi pilar penting United hingga ia memutuskan untuk pindah ke QPR pada 2014. Setelah gantung sepatu pada Mei 2015, Rio berkarir sebagai pundit di salah satu televisi olahraga BT Sport.

Wes Brown

Bertahan di United hingga 2011, Wes Brown kemudian hijrah ke Sunderland bersama rekan setimnya John O’Shea. Hingga saat ini, Brown belum memutuskan untuk mengakhiri karir sepakbola dan masih bermain bersama salah satu klub Liga Super India, Kerala Blasters.

Gabriel Heinze

Karir Heinze sebenarnya terbilang cerah di Manchester sebelum cedera menerpanya. Musim 2006/2007 adalah kembalinya dia dari cedera panjang dan langsung menjadi pemain reguler di sektor bek kiri sebelum digusur Patrice Evra. Musim berikutnya, ia memutuskan hijrah ke Real Madrid. Setelah pensiun pada 2014, Heinze memilih berkarir sebagai manajer. Sekarang ia masih berstatus sebagai manajer kesebelasan Argentina, Velez Sarsfield.

Darren Fletcher

Karir Fletcher di United terhenti akibat sakit peradangan usus yang membuat berat badannya turun drastis. Ia kemudian hijrah ke West Brom pada 2014. Saat ini, ia masih bertahan sebagai pesepakbola bersama klub Premier League lainnya, Stoke City.

Michael Carrick

Inilah satu-satunya pertandingan dimana Michael Carrick bisa mencetak dua gol dalam satu laga. Kedua gol yang ia cetak saat itu berasal dari sebuah tendangan akurat dari luar kotak penalti. Mantan pemain Tottenham Hotspur ini akan pensiun pada akhir musim ini. Ia kemudian akan menjadi salah satu staf pelatih Jose Mourinho pada musim depan.

Cristiano Ronaldo

Sama seperti Carrick, Ronaldo juga mencetak dua gol dalam laga tersebut. Ronaldo meraih kesuksesan di Manchester United sebelum akhirnya ia memutuskan hijrah ke Real Madrid pada 2009. Hingga saat ini, ia masih menjadi bagian dari kesuksesan Los Blancos di beberapa kompetisi.

Ryan Giggs

Sama seperti pemain lainnya, Giggs masih berkutat di dunia sepakbola pasca pensiun empat tahun silam. Sempat menjadi komentatot di ITV saat Piala Dunia 2014, kini Giggs menjabat sebagai pelatih kepala tim nasional Wales.

Alan Smith

Karir Smith tidak bersinar lama bersama United. Cedera ligamen parah membuat dia absen cukup panjang. Kembalinya di laga ini ditandai dengan satu gol yang ia buat ke gawang Alexander Doni. Akan tetapi, ini adalah gol terakhirnya bersama Setan Merah sebelum hengkang musim berikutnya. Saat ini, Smith masih bermain bersama klub League Two, Notts County.

Wayne Rooney

Wazza mencetak satu gol memanfaatkan umpan Cristiano Ronaldo. Setelah menikmati kesuksesan bersama United, Rooney kemudian memutuskan hijrah ke klub lamanya Everton musim panas lalu.

PEMAIN PENGGANTI:

Patrice Evra

Saat itu, Evra bukanlah pemain utama Sir Alex. Ia masuk pada babak kedua menggantikan John O’Shea dan bermain sebagai bek kanan. Meskid begitu, ia mencetak gol ketujuh United pada menit terakhir pertandingan. Saat ini, Evra masih bermain bersama klub liga primer lain, West Ham United.

Ole Gunnar Solskjaer

Ini adalah tahun terakhir Solskjaer bermain bersama United. Di akhir musim ia memutuskan untuk pensiun dan sempat berkarir sebagai manajer tim cadangan United selama tiga tahun. Saat ini, Solskjaer masih menjadi manajer di klub lamanya yaitu Molde FK dan memberika dua gelar liga untuk klub tersebut.

Kieran Richardson

Richardson sebenarnya adalah pemain muda bertalenta saat itu. Akan tetapi, konfliknya dengan Fergie membuat ia hijrah ke Sunderland pada 2007. Sempat memperkuat Aston Villa dan Fulham, Kieran kini berstatus tanpa klub setelah dilepas Cardiff City setahun lalu.

Comments