OUR NETWORK

Rodrigo Possebon, eks-MU yang Hijrah ke Liga Vietnam

Mungkin hanya sedikit para penggemar yang mengetahui nama Rodrigo Possebon. Pria kelahiran Brasil ini adalah mantan pemain Manchester United yang pernah mengisi skuat di era kepelatihan Sir Alex Ferguson. Dia bahkan sempat beberapa kali dimainkan dalam beberapa pertandingan Premier League musim 2008/2009.

Baru-baru ini, Possebon mencuri perhatian dengan keputusannya bergabung bersama kontestan Liga Vietnam, Ho Chi Minh City FC (HCMC). Ia bergabung bersama klub asuhan Toshiya Miura ini pada 7 Januari lalu dan dikontrak hingga akhir Desember 2018 mendatang. Kedatangan Possebon diharapkan bisa mendongkrak posisi Ho Chi Minh yang musim lalu finis di posisi ke-12.

Possebon datang pada musim dingin 2008 ketika tampil apik bersama tim junior Internacional. United merekrutnya dengan nilai 3 juta paun. Dirinya ditemukan oleh pemandu bakat United di Brasil, John Calvert-Toulmin. Possebon ketika itu datang ke Manchester bersama dua pemain Brazil lain, Rafael dan Fabio.

Karir Possebon di United sebenarnya terbilang cerah. Ia langsung diberi kesempatan mencicipi debut Premier League ketika United menjamu Newcastle United. Saat itu, ia masuk menggantikan Ryan Giggs dalam pertandingan yang berkesudahan 1-1 tersebut.

Namun, bencana kemudian datang untuk Possebon. Ketika diturunkan dalam pertandingan babak ketika Piala Liga melawan Middlesbrough, dirinya mendapat tekel keras dari kapten Boro, Emanuel Pogatetz. Dirinya pun sempat disebut-sebut menderita patah kaki. Namun, ternyata cedera yang didapatnya tidak terlalu parah dan hanya absen selama satu bulan.

Setelah sembuh, Possebon kemudian diberikan kesempatan oleh Fergie untuk turun di beberapa pertandingan United di Piala FA. Ia juga menjadi bagian dalam keberhasilan Setan Merah memenangi Piala Liga setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di babak adu penalti. Di musim perdananya, Pria yang sekarang berusia 28 tahun ini bermain dalam 8 pertandingan di mana 3 diantaranya dibuat di Premier League.

Sayangnya, cedera yang diterima ketika melawan Boro perlahan menggerogoti kemampuan Possebon. Dirinya kemudian dipinjamkan oleh Fergie ke kontestan Liga Portugal, Braga pada 2009. Bersama Braga, ia hanya bermain selama 34 menit saja. Itupun terjadi di partai kualifikasi Europa League.

Setelah bersama Braga, karir Possebon berubah layaknya kutu loncat. Ia sering berpindah-pindah dari satu kesebelasan ke kesebelasan lain dan tidak pernah awet bersama satu kesebelasan. Sempat dua musim bersama Santos, Rodrigo Possebon kemudian hijrah ke Italia memperkuat Vicenza. Bersama Vicenza, prestasi yang dibuatnya hanyalah lima kali berada di bangku cadangan tanpa semenit pun bermain.

Pada 2012, pemain yang memilih kewarganegaraan Italia ini bermain di Serie B Brazil bersama Criciuma. Setahun berselang, ia bahkan terdampar ke Serie D bersama Mirassol sebelum kembali hijrah ke Juventude. Pada 2014, ia kembali bermain di Serie B bersama Nautico. Sebelum memperkuat HCMC, ia sempat menghabiskan karirnya bersama URT dan Passo Fundo.

Di usianya yang masih berusia 28 tahun, Possebon masih memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki karirnya yang mulai meredup. Dan, bukan tidak mungkin setelah menghabiskan kontraknya bersama HCMC, Rodrigo Possebon tertarik untuk menjajal kerasnya kompetisi lain di Asia Tenggara. Liga Indonesia mungkin.

Comments

Loading...