OUR NETWORK

Penampilan Gemilang Dean Henderson Bersama Sheffield United

Musim ini, ada 14 pemain Manchester United yang sedang menjalani status sebagai pemain pinjaman di tempat lain. Dari jumlah tersebut, empat pemain berkarier di luar Inggris. Sisanya masih bertahan di beberapa kompetisi yang dinaungi oleh EFL yaitu Championship Division, League 1, dan League 2.

Dari ke-14 nama yang sedang menimba pengalaman tersebut, ada satu pemain yang mencuri perhatian dalam beberapa hari terakhir. Dia adalah Dean Henderson, pemain berusia 22 tahun yang berposisi sebagai penjaga gawang. Saat ini, dia sedang bermain di klub Championship, Sheffield United.

Penampilan Dean memang cukup memukau sepanjang musim ini. Untuk sementara, ia membawa The Blades berada pada posisi kedua Championship Division. Mereka berpeluang untuk meraih tiket promosi yang 11 tahun tidak bisa mereka gapai. Gawang mereka juga jauh lebih aman berkat kehadirannya di bawah mistar. Hingga pekan ke-38, mereka baru kebobolan 34 gol. Jauh lebih baik ketimbang musim sebelumnya yang sudah kebobolan sembilan gol lebih buruk pada pekan yang sama.

Yang terbaru, ia membawa Sheffield menang 1-0 di kandang Leeds United yang membuka persaingan tiket promosi semakin seru. Dengan hasil di Elland Road tersebut, Dean sudah mengakhiri tujuh pertandingannya secara beruntun dengan status nirbobol. Di akhir pertandingan, ia sempat menjadi sasaran pelecehan vokal dari pendukung tuan rumah. Ia pun membalasnya dengan menempelkan kedua tangannya di telinga. Sebuah gestur yang kemudian disambut teriakan ‘Deano, Deano, Deano’ oleh para pendukungnya.

Musim ini, ia sudah meraih 17 Clean Sheets, bersaing dengan penjaga gawang Middlesbrough, Darren Randolph. Statistik yang memukau tersebut bahkan sempat membuat Gareth Southgate berniat untuk memanggilnya ke timnas senior. Akan tetapi, Gareth lebih memilih Jordan Pickford, Tom Heaton, dan Jack Butland sebagai penjaga gawang timnas tiga Singa pada pertandingan awal kualifikasi EURO 2020. Meski begitu, ia dikabarkan tetap memantau perkembangan Dean di Bramall Lane.

Nama Henderson sebenarnya sudah mencuri perhatian sejak dua tahun lalu. Beberapa klub seperti Arsenal, West Bromwich Albion, Everton, hingga Benfica sempat dikabarkan tertarik untuk merekrutnya sebagai penjaga gawang. Saat itu, Dean sudah memiliki potensi sebagai penjaga gawang hebat berkat penampilannya yang apik bersama Grimsby dan Shrewsbury.

Peminatnya pun semakin bertambah banyak meski ia sudah diikat kontrak dua tahun untuk bertahan di Manchester United. Beruntung, Sheffield United yang kemudian mendapatkan jasanya untuk menjadikan Dean sebagai kiper utama. Hasilnya pun sudah terlihat dalam 38 pertandingan yang sudah mereka jalani di Championship.

“Dean sudah menjadi pemain kelas utama bagi kami. Semua orang melihat apa yang sudah terjadi setelah pertandingan di kandang Aston Villa (kebobolan tiga gol pada 10 menit terakhir). Tidak hanya bagi Dean, tapi juga bagi tim secara keseluruhan,” kata Chris Wilder, manajer Sheffield.

“Saya tidak terkejut jika namanya terus dibicarakan oleh Gareth Southgate, tetapi ada beberapa penjaga gawang yang harus ia lewati di depannya. Tetapi pada saat ini, dia sudah melakukan semua yang dia bisa. Dia bermain baik dan memainkan permainan yang konsisten. Dia adalah yang terbaik di Championship saat ini bersama Casilla dan Sam Johnstone.”

Kontrak dua tahun yang diberikan United memberikan bukti betapa seriusnya Setan Merah dalam memandang talenta seorang Dean. Hal ini didukung oleh pernyataan Darren Ward selaku pelatih kiper Sheffield United. Ward menyebut kalau pemandu bakat United selalu hadir dalam pertandingan mereka setiap minggunya. Hal ini tidak lain untuk memantau perkembangan Dean.

Dalam beberapa tahun ke depan, bukan tidak mungkin Dean akan memegang peran penting di Manchester United. Karier Lee Grant mungkin tidak akan bertahan lama sebagai pemain. Sementara salah satu diantara Sergio Romero dan David De Gea tampaknya akan hengkang. Nama terakhir bisa jadi akan hengkang mengingat hingga saat ini pihak klub masih belum menemui titik terang dari perpanjangan kontrak penjaga gawang asal Spanyol tersebut.

Baca juga: Kontrak De Gea Tertahan Karena Ed Woodward?

Namun, United tidak perlu khawatir apabila salah satu diantara De Gea dan Romero ada yang meninggalkan United. Mereka masih memiliki beberapa penjaga gawang berkualitas dari akademi dan nama Dean Henderson cukup layak untuk menjadi penjaga gawang United suatu saat nanti.

Comments

Loading...