OUR NETWORK

Apa Kabar Pemain Manchester United yang Dipinjamkan?

Antara James Wilson, Andreas Pereira, Timothy Fosu-Mensah, Axel Tuanzebe dan Sam Johnstone, mana yang akan kembali ke Old Trafford?

Jose Mourinho terlihat semakin nyaman di Old Trafford mengingat dalam dua bulan terakhir, pria Portugal ini sukses membawa kemenangan atas semua tim papan atas Premier League, seperti Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspur, Chelsea dan Arsenal. Dari apa yang terlihat, skuat Manchester Merah semakin solid dan siap untuk mengulang kejayaan di musim depan.

Berbicara tentang tim, perombakan komposisi sudah menjadi adat yang wajib dilakoni di setiap musim panas, terlebih lagi bagi salah satu klub terbesar di dunia sekelas Manchester United. Dengan manajer seperti Jose yang tenar senang membawa anak baru di skuatnya, kemungkinan munculnya wajah baru dan hilangnya wajah lama akan semakin meningkat.

Terlepas dari pemain yang akan dibeli United, ada kemungkinan pemain yang masuk adalah seorang pemain yang dipinjamkan, seperti Andreas Pereira yang saat ini sedang hangat dibicarakan. Musim lalu, beruntung bagi Cameron Borthwick-Jackson untuk bisa kembali ke Old Trafford setelah hampir satu setengah tahun bersama Wolferhampton Wanderers di Divisi Championship. Berbeda cerita dengan Cameron, Adnan Januzaj dan Guillermo Varela harus kehilangan kesempatannya untuk kembali tampil di Theatre of Dreams.

Saat ini James Wilson, Andreas Pereira, Timothy Fosu-Mensah, Axel Tuanzebe dan Sam Johnstone masih berstatus pemain MU meski bermain untuk klub lain. Apa kabar mereka? Akankah mereka kembali musim panas ini?

James Wilson – Sheffield United

Pemain asli Inggris ini sudah berada di Sheffield sejak Januari kemarin. Penyerang ini digadang-gadang ialah prospek terbaik yang dimiliki United, namun empat tahun kemudian sang pemain malah berada di klub Divisi Championship.

Wilson telah berada di skuat timnas muda Inggris sejak usia 16 tahun hingga tahun 2015 lalu. Sejak dirinya cedera saat bermain sebagai pemain pinjaman utnuk Derby County, penyerang ini kesulitan menemukan performa terbaiknya.

Pemuda ini mungkin akan kembali ke Old Trafford, tapi tidak dalam waktu dekat ini. Jose menyukai penyerang mumpuni yang sudah terbukti mampu menjadi mesin gol, seperti Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez. Selain itu, pemain lini depan lain juga bukan pemain sembarangan.

Andreas Pereira – Valencia CF

Nah, inilah pemain yang saat ini marak menjadi bahan perbincangan. Wajar saja apabila pemain berdarah Brasil ini sukses membantu klub sementaranya bertengger di peringkat keempat klasemen sementara La Liga.

Samuel Zaza yang duduk di kursi kepelatihan Valencia terlihat menyukai apa yang dimiliki oleh Andreas. Lihat saja, dalam waktu sembilan bulan, pemain 22 tahun ini telah mencatatkan 22 penampilan. Seandainya penyembuhan cedera tidak berlangsung hingga tujuh minggu, mungkin catatan statistiknya akan lebih banyak lagi.

Pemain keturunan Brasil ini dianugerahi kaki lincah yang mampu meliuk-liuk melalui celah antar pemain bertahan lawan. Belum lagi skill-nya dalam mengolah si kulit bundar; akan sangat menghibur jika dia menampilkan trik-trik sepak bolanya di Panggung Impian. Selain itu, akurasi umpannya juga cukup mumpuni untuk seorang yang bermain di sisi lapangan.

Kesempatanya kembali berseragam Setan Merah? The Sun mengungkapkan bahwa kubu Spanyol ingin menawarkan Pereira kontrak permanen. Di sisi lain, Metro menyebutkan bahwa Jose Mourinho akan menawarkan sebuah tempat di skuat utama. Selain itu, sang pelatih juga pernah menyebut bahwa dirinya menginginkan seorang pemain berdarah Brazil dalam skuatnya. Namun, dalam skuat United sendiri sudah ada Scott McTominay yang sejatinya berperan sebagai pelapis untuk tim utama. Hal ini akan menjadi pertimbangan besar bagi sang pemain sendiri.

Baca juga: Valencia Berminat Permanenkan Andreas Pereira

Timothy Fosu-Mensah – Crystal Palace

Pemain bertahan ini cukup lama beradaptasi dengan rekan-rekan temporernya. Namun ketika dia sudah mulai menyesuaikan, pemain berdarah Ghana – Belanda ini merupakan tembok besar di sisi kanan pertahanan yang tahan dengan segala jenis penyerang yang ingin melewatinya.

Untuk pemain yang masih berusia 20 tahun, Fosu-Mensah mendapat jam terbang yang lebih dari cukup, yakni 21 penampilan di musim ini dengan hanya empat diantaranya yang tampil sebagai pemain pengganti. The Palace jelas mengambil banyak manfaat dari pemain yang pernah membela skuat U18 Belanda ini. Bagaimana tidak? Bek jebolan akademi Manchester United ini memiliki semua kriteria yang waji dimiliki oleh bek sayap: postur ideal, kuat dan cepat.

Sementara itu, Antonio Valencia di Old Trafford masih berstatus bek kanan utama dalam kacamata Mourinho. Namun, jika sesuatu yang buruk terjadi pada pemain Ekuador tersebut, Fosu-Mensah bisa menjadi pilihan yang lebih baik dari Matteo Darmian.

Axel Tuanzebe – Aston Villa

Pemuda 20 tahun ini meraih debutnya untuk tim senior Red Devils saat Louis van Gaal masih duduk di kursi pemerintahan United. Saat itu waktu bermainnya terbilang cukup, namun saat Eric Bailly dan Victor Lindelof datang, Axel sementara waktu harus bermain untuk klub lain sebagai bentuk penempaan dirinya menjadi bek tengah andalah United di kemudian hari.

Sejak Januari tahun ini, Tuanzebe sudah tampil sebanyak lima kali tapi hanya satu pertandingan dimana dia tampil selama 90 menit. Axel memiliki kualitas seorang pemain bertahan, namun karena Villa tak pernah sekalipun memasangnya di posisi naturalnya – bek tengah – pemain timnas U19 ini kesulitan untuk menampilkan performa terbaiknya dan meraih kepercayaan untuk terus tampil.

Peluangnya di Old Trafford masih sedikit meragukan. Pasalnya, meskipun dia memiliki kualitas seorang bek ditambah dengan tekel bersih, akurasi umpan dan duel udara yang baik, skuat United sendiri masih terisi penuh oleh nama-nama besar yang sulit untuk disaingi.

Sam Johnstone – Aston Villa

Penjaga gawang ini sudah menjadi pilihan utama bagi Aston Villa sejak kedatangannya sebagai pemain pinjaman. Pemain 25 tahun ini bermain di semua pertandingan yang timnya jalani sampai saat ini.

Kiper yang pernah membela skuat muda Inggris ini berperan cukup vital bagi klub sementaranya. Dari 44 laga yang dilakoninya, 20 di antaranya sukses berakhir tanpa kebobolan. Hal ini membuat pelatih Steve Bruce terus memberi kepercayaan padanya.

Sejumlah media menyebutkan bahwa Sam bahagia berada di tim yang berkompetisi di Divisi Championship tersebut. Kontraknya di Manchester United akan berakhir pada Juni 2018 ini sementara, Sergio Romero dan Joel Pereira sudah hadir sebagai pelapis David de Gea.

Comments