OUR NETWORK

Ketika Wayne Rooney Mulai Berpikir untuk Jadi Pelatih

Mantan kapten Manchester United Wayne Rooney sedang menjalani masa-masa terakhir sebagai pesepakbola profesional di klub masa kecilnya, Everton, sejak meninggalkan Old Trafford pada awal musim 2017/2018 ini. Sebelumnya, dia sudah 13 musim berseragam tim Setan Merah sejak direkrut oleh manajer legendaris Sir Alex Ferguson saat masih berusia kurang dari 19 tahun di musim panas 2004 silam. Pemain kelahiran Croxteth, Liverpool, Inggris, 24 Oktober 1985 ini sendiri memulai karier profesional bersama Everton pada 2002, setelah enam tahun menimba ilmu di akademi sejak 1996.

Saat ini, usia Rooney akan segera mencapai 33 tahun pada 24 Oktober 2018 mendatang. Usianya itu sudah terbilang uzur bagi seorang pesepakbola, terutama yang bermain di lini depan sebagai striker; dan pula berkompetisi di Premier League Inggris yang terkenal mengandalkan kecepatan. Tak heran jika dia pun mulai memikirkan rencana lain di masa depan, setelah ‘gantung sepatu’ dari lapangan hijau. Apalagi, Rooney juga sudah berhasil mendapatkan segalanya sebagai pesepakbola, terutama pada level klub dengan memenangkan banyak piala dan penghargaan pribadi, serta berbagai rekor.

Menariknya, jika sudah pensiun nanti, ternyata Rooney tak mau benar-benar meninggalkan dunia sepakbola yang telah membesarkan namanya. Dia mengaku ingin terus berkecimpung di sepakbola dengan memasang cita-cita menjadi pelatih setelah pensiun sebagai pemain. Baru-baru ini, Rooney memang mengungkapkan minatnya untuk terjun ke dunia manajerial setelah nanti tidak lagi aktif bermain.

“Saya ingin menjajal dunia manajerial,” ungkap sang pemain saat diundang oleh Sky Sports untuk tampil sebagai pandit atau analis sepakbola pertama kali dalam acara Monday Night Football.

“Saya sudah terlibat di dunia sepakbola di sepanjang hidup saya. Itu yang saya tahu. Saya menikmati malam ini [bertugas sebagai pandit], dan saya yakin saya akan bekerja lebih sering di dunia televisi. Namun, yang pasti saya ingin menjadi manajer [suatu klub],” tambah Rooney ketika ditanya dalam program yang tayang baru-baru ini tersebut.

Untuk memuluskan rencananya tersebut, ternyata dia pun sudah menyiapkan dari jauh-jauh hari. Pasalnya, Rooney pun rupanya telah mengikuti pelatihan untuk bisa mendapatkan lisensi resmi sebagai pelatih sepakbola dalam beberapa waktu yang lalu.

Bahkan, tidak tanggung-tanggung Rooney langsung mengikuti kursus kepelatihan berlisensi UEFA, federasi sepakbola Eropa, pada 2009 silam, menjelang ulang tahunnya yang ke-24, seperti dilansir surat kabar Mirror.

Biasanya, seorang pemain terlebih dahulu mengambil linsensi yang dikeluarkan oleh federasi sepakbola di negaranya sendiri, dalam hal ini FA, federasi sepakbola Inggris. Ketika itu, pemain yang dulu bernomor punggung ’10’ saat di Old Trafford tersebut mengikuti kursus bersama sejumlah pemain senior tim Setan Merah, seperti Rio Ferdinand, Paul Scholes dan Edwin van der Sar.

Pada Juli 2016, dia mengaku kembali mengambil lisensi kepelatihan, meskipun tak dijelaskan secara detail. Rooney pun berharap semua lisensi yang dipersyaratkan untuk jadi seorang pelatih sepakbola profesional bisa dilengkapinya sebelum pensiun sebagai pemain.

“Saya akan senang untuk menjadi manajer saat saya selesai bermain sepakbola. Sepakbola adalah apa yang telah saya lakukan selama hidup. Saya sedang dalam proses mengambil lisensi kepelatihan. Semoga saat saya pensiun, lisensi itu sudah lengkap,” ungkap Rooney ketika itu dalam sebuah sesi tanya jawab di laman Facebook.

Kemudian, jelang akhir Januari 2017 lalu, pemain yang akrab disapa ‘Wazza’ tersebut pun kembali menegaskan niatnya untuk jadi seorang pelatih sepakbola. “Saya sudah mengatakan secara terbuka sebelumnya bahwa saya ingin pindah ke manajemen. Saya harus menuntaskan semua kursus untuk mengambil lisensi kepelatihan saya, yang saya lakukan di menit ini. Saya akan merasa menjadi malu jika saya memiliki pengetahuan tentang sepak bola, dan kemudian justru melangkah menjauh dari dunia itu setelah saya pensiun,” tegas Rooney lagi ketika itu, seperti dikutip dari Goal Internasional.

Pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah United itu mengaku tidak mau meninggalkan begitu saja dunia sepakbola yang sangat dicintainya. Dia pun sangat ingin sekali membantu mencetak generasi pesepakbola yang hebat. Masih menurut pengakuannya, Sir Alex yang memboyongnya dari Everton ke Old Trafford menjadi sumber inspirasi dirinya untuk melanjutkan karier dalam dunia kepelatihan.

Sebelumnya, selain dibesut manajer berkebangsaan Skotlandia itu, dia juga pernah ditangani oleh sejumlah pelatih papan atas dunia lain, termasuk Louis van Gaal, Fabio Capello, dan Jose Mourinho, yang tentu saja Rooney pun dapat memperoleh ilmu kepelatihan dari nama-nama besar tersebut.

Comments