in

40 Fakta Henrikh Mkhitaryan

Henrikh Mkhitaryan merupakan gelandang serang Manchester United yang berkebangsaan Armenia. Mkhitaryan merupakan salah satu pemain yang didatangkan Jose Mourinho pada musim 2016/2017. Berikut 40 fakta Henrikh Mkhitaryan.

  1. Henrikh Mkhitaryan lahir pada tanggal 21 Januari 1989.
  2. Henrikh Mkhitaryan lahir di Yerevan ibu kota Armenia.
  3. Tinggi badan Henrikh Mkhitaryan adalah 178 cm.
  4. Ayah Mkhitaryan merupakan pesepakbola yang bermain di FC Ararat Yerevan pada 1980-an. Ia meninggal di umur 33 tahun karena mengidap tumor otak. Saat itu usia Mkhitaryan masih 7 tahun. Kematian ayahnya tersebut berdampak kepada Mkhitaryan.
  5. Di awal 1990-an, keluarga Mkhitaryan pindah ke Prancis.
  6. Mkhitaryan sangat ingin menjadi pesepakbola dan mengikuti langkah ayahnya. Sejak kecil, Mkhitaryan selalu melihat dan mengikuti ayahnya latihan.
  7. Pada 1995, Mkhitaryan dan keluarganya kembali ke Yerevan. Di tahun yang sama Mkhitaryan bergabung dengan akademi FC Pyunik.
  8. Pada 2003, Mkhitaryan mengikuti tes untuk masuk ke Sao Paulo. Di Brasil, Mkhitaryan bertemu dengan Hernanes dan Oscar.
  9. Mkhitaryan kembali ke Pyunik pada 2004 dan mendapatkan gaji pertamanya di klub tersebut.
  10. Idola Mkhitaryan adalah Zinedine Zidane.
  11. Mkhitaryan langsung dipromosikan ke skuat utama dan melakukan debut profesionalnya pada 2006.
  12. Mkhitaryan bergabung dengan Metalurh Donetsk pada 2009.
  13. Mkhitaryan memulai debutnya bersama Metalurh Donetsk pada 19 Juli 2009. Gol pertamanya di liga terjadi ketika Donetsk bertemu Karpaty Lviv satu pekan setelah ia melakukan debutnya.
  14. Mkhitaryan dipercaya menjadi kapten pada 14 Juli 2010 di usianya yang baru menginjak 21 tahun. Hal tersebut membuat dirinya menjadi kapten termuda dalam sejarah Metalurh Donetsk.
  15. Mkhitaryan resmi bergabung dengan Shakhtar Donetsk pada 30 Agustus 2010, sebelum bergabung dengan Shakhtar, Mkhitaryan sempat menjalani masa percobaan dengan Mes Kerman, namun ia ditolak.
  16. Di musim debutnya, Shaktar berhasil yang menjadi treble winner (Liga Primer Ukraina, Ukrainian Cup dan Super Cup).
  17. Mkhitaryan berhasil menjaga gelar juara bertahan di Liga dan Ukrainian Cup dim musim ke duanya berseragam Shakhtar. Ia juga terpilih sebagai pemain terbaik Shaktar di musim 2011/2012. Ia mencetak 11 gol dalam semua pertandingan.
  18. Mkhitaryan mencetak gol pertamanya di Champions League saat Shakhtar bertemu dengan Danish champions Nordsjaelland, dengan dua gol nya, Mkhitaryan menjadi Man of the Match di laga tersebut.
  19. Mkhitaryan mengakhiri musim dengan torehan 25 gol liga.
  20. Mkhitaryan resmi bergabung dengan Borussia Dortmund pada 8 Juli 2013. Ia menjadi pemain termahal yang Dortmund beli sepanjang sejarah.
  21. Mhitaryan sempat mengalami cidera di awal musim. Ia kembali bermain dan membuat debutnya bersama Dortmund pada 18 Agustus 2013.
  22. Mkhitaryan mengakhiri musim dengan torehan 9 gol dan 10 assists di Bundesliga.
  23. Trofi pertamanya yang ia angkat kala berseragam Dortmund yaitu trofi DFL-Supercup 2014.
  24. Di akhir musim 2015/2016 Mkhitaryan terpilih sebagai Bundesliga Players’ Player of the Season. Ia berhasil menjadi pemain yang paling banyak melakukan assist dengan 15 assists.
  25. Pada 6 Juli 2016, Mkhitaryan bergabung dengan United dengan kontrak selama 4 tahun. Ia menjadi pemain berkewarganegaraan Armenia pertama yang bergabung dengan tim Premier League.
  26. Mkhitaryan menjadi pemain berkewarganegaraan Armenia pertama yang merumput di Premier league pada 14 Agustus 2016. Kala itu Mkhitaryan masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-75.
  27. Gol pertama Mkhitaryan di Premier League terjadi saat mengalahkan Tottenham Hotspur di Old Trafford. Namun di babak kedua, Mkhitaryan harus diganti karena mengalami cedera ankle setelah ditekel Danny Rose.
  28. Ketika United bertemu Sunderland, Mkhitaryan kembali bermain setelah melewatkan dua pertandingan karena cedera. Masuk sebagai pemain pengganti, Mkhitaryan mencetak gol ketiga bagi United dengan ‘scorpion kick’-nya. Setelah laga usai, ia menjelaskan bahwa gol tersebut menjadi gol terbaiknya.
  29. Mkhitaryan mencetak gol pada final 2017 Europa League dan menjadi pemain berkewarganegaraan Armenia pertama yang berhasil mengangkat trofi Europa League.
  30. Mkhitaryan menjadi all-time top goalscorer bagi timnas Armenia.
  31. Mkhitaryan terpilih sebagai Armenian Footballer of the Year sebanyak 7 kali.
  32. Mkhitaryan memiliki 2 nama panggilan yaitu Heno (di Armenia) dan Micki (di Eropa). Jurgen Klopp-lah yang pertama memberikan nama panggilan Micki untuk Mkhitaryan karena nama asli nya terlalu panjang untuk di ucapkan, Micki pun setuju untuk menggunakan nama panggilan tersebut.

  33. Mkhitaryan merupakan polyglot yang bisa berbicara dengan 7 bahasa yaitu Armenia, Prancis, Portugis, Rusia, Ukraina, Inggris dan Jerman.
  34. Mkhitaryan mendapatakan gelar ‘Honorary Cityzen of Yerevan’ sebagai pesepakbola paling sukses dan berbagai pencapaian lainnya dalam dunia olahraga dari Armenia.
  35. Ketika Micki berseragam Shakhtar, lagu Sabre Dance mejadi sangat poluler jika ia bermain di laga kandang. Pasalnya, pendukung Shaktar mempunyai tradisi memainkan sebuah lagu jika salah satu pemain Shakhtar mencetak gol dengan lagu yang sesuai dengan kewarganegaraan si pencetak gol tersebut.
  36. Micki bisa dengan cepat beradaptasi di Manchester, karena di sana ada bar khas Armenia tempatnya berkumpul bersama ekspatriat Armenia lainnya. 40 fakta henrikh mkhitaryan.
  37. Micki adalah pekerja keras. Ia selalu menjadi pemain pertama yang datang ke tempat latihan.
  38. Micki menjadi satu-satunya pemain Manchester United yang mencetak gol tandang di lima pertandingan beruntun di kompetisi Eropa.
  39. Micki mengaku beruntung pindah ke Dortmund, karena tak lama setelah kepindahannya tersebut, konflik di Ukraina pecah. Bahkan, stadion Shaktar menjadi target rudal.
  40. Kematian ayahnya yang membuat Micki menjadi pesepakbola. Namun, ia terlahir sebagai pesepakbola yang emosian dan banyak gaya. Hal ini membuat ibunya memarahi Micki dan memintanya tak membuat ulah. Mengapa? Karena ibu Micki bekerja di Federasi Sepakbola Armenia, tempat Micki bermain bola.

 

Facebook Comments
Loading...