OUR NETWORK

Kisah Angel Gomes dan Ketertarikan Barcelona Terhadap Dirinya

Di saat tim utama Manchester United belum menunjukkan permainan yang konsisten, hal yang bertolak belakang ditunjukkan oleh tim junior Setan Merah. Pekan lalu, mereka berhasil mengalahkan tuan rumah Newcastle United dengan skor 4-0. Hasil tersebut membawa anak asuh Kieran McKeena berada di peringkat kedua dengan 25 poin, berselisih satu poin dari rival sekota yang mantap di puncak klasemen, Manchester City.

Dari penampilan gemilang tersebut, muncul satu nama yang mencuri perhatian. Pemain tersebut adalah Angel Gomes. Pemain yang baru berusia 16 tahun ini sudah mencetak delapan gol dan sembilan asis hanya dari 11 pertandingan. Dirinya juga menyumbangkan satu gol ketika United mengalahkan Newcastle pekan lalu. Lantas siapakah Angel Gomes?

Angel adalah anak dari Gil Gomes, salah satu anggota skuat Portugal U-20 yang menjadi juara Piala Dunia U-20 pada 1991. Sempat bermain di klub Prancis, Italia, bahkan Amerika Serikat, Gil kemudian menghabiskan kariernya di tanah Inggris hingga sang istri melahirkan Angel pada 31 Agustuts 2000.

Angel masuk ke skuat junior United pada usia 13 tahun. Talenta yang menjanjikan membuat Angel diberi kesempatan memulai debut di skuat United U-18 di usianya yang masih 14 tahun. Angel hanya butuh waktu kurang dari dua tahun untuk menjadi pemain penting di Setan Merah junior. Dalam satu minggu, Angel bahkan pernah mencetak hattrick bagi United sebagai pemain pengganti lalu menjadi kapten bagi Inggris U-17 dan U-16.

Meski baru berusia 16 tahun, namun kemampuan Angel dikatakan lebih baik dari anak-anak seusianya. Berposisi sebagai gelandang serang, Angel memiliki kemampuan kontrol bola dan dribel yang sangat baik. Umpan-umpannya pun terhitung sangat akurat. Hal ini terbukti dengan sembilan asis yang sudah dibuat sejauh ini. Segala kelebihannya tersebut kemudian mengundang pujian dari legenda United, Nicky Butt.

“Ini gila. Saya melihat anak-anak bermain dengan skill yang jauh lebih baik dibandingkan saya ketika masih di usia mereka. Secara teknis kami memiliki beberapa pemain yang luar biasa dan (salah satunya) Angel Gomes adalah pemain muda berbakat dan harapan besar bagi United,” tutur Butt seperti dikutip dari Mirror.

Apa yang ditunjukkan Angel sejauh ini sudah menarik minat dari kesebelasan-kesebelasan besar Eropa. Terakhir dikabarkan Barcelona sudah memantau Angel. Akan tetapi sang ayah menegaskan bahwa Angel harus mengembangkan dirinya terlebih dahulu di Manchester.

“Yang terpenting untuk sekarang ini adalah Angel bersenang-senang dengan bermain sepakbola,” tutur Gomes kepada A Bola.

Sang Ayah menambahkan, “Saya tidak menyangkal bahwa banyak klub yang menginginkan dia (Angel). Tapi seperti yang selalu saya katakan bahwa mimpi berikutnya bagi Angel adalah bermain untuk tim utama Manchester United, kesebelasan tempatnya kini berkembang.”

Selain Angel Gomes, di skuat United U-18 terdapat nama-nama lain yang disebut-sebut layak untuk mengisi skuat utama Setan Merah. Nama-nama seperti Callum Gribbin, Tahith Chong, DJ Bufonge, serta Indy Boonen, diharapkan bisa menjadi penerus pemain muda United di masa yang akan datang. Bukan tidak mungkin pula, mereka semua bisa membentuk generasi yang lebih baik dari pendahulunya Class of 92.

Sumber : A Bola, Mirror, Manchester Evening News

Comments

Loading...