OUR NETWORK

Delapan Cerita Unik Jose Mourinho

Manchester United telah berada di jalur yang benar. Salah satunya karena arahan Jose Mourinho yang membuat tim ini tak pernah kalah di Premier League sejak Oktober. Catatan terbaru, Mou membawa United menang 3-0 atas St. Etienne dalam ajang Europa League, Jumat (17/2) dini hari WIB tadi.

Di klasemen sementara, United memang masih belum beranjak dari peringkat keenam. Namun, perjalanan menuju Liga Champions agaknya bukan menjadi misi yang mustahil. Apalagi, rival-rival United tengah dihadapkan pada inkonsistensi hasil akhir.

Capaian ini jelas tak bisa lepas dari peran Jose Mourinho. Mou, bukan cuma andal dalam hal taktik, tapi juga hubungan dan komunikasinya dengan para pemain. Hal ini pun pernah diakui oleh Zlatan Ibrahimovic saat ia membandingkan Pep Guardiola dengan Jose Mourinho.

“Mourinho itu menerangi ruangan, Pep justru yang membuatnya buta,” kata Zlatan.

Meski sering muncul di media, tapi kebanyakan orang mungkin belum mengenal betul sosok Mou yang terkenal dengan sebutan The Special One itu. Berikut kami sajikan delapan fakta untuk mengenaik Jose Mourinho yang menarik untuk Anda ketahui.

  1. Mou berhenti kuliah di hari kedua

Menurut laporan BBC, pada 1987 saat Jose Mourniho berusia 23 tahun, ibundanya memasukkannya ke sebuah sekolah bisnis di Lisbon, Portugal. Namun setelah hari pertama dia mengenyam pendidikan di bidang bisnis Mou langsung berhanti. Dia memutuskan untuk mengejar karier di dunia sepakbola pada keesokan harinya. Ia Mungkin ini adalah salah satu keputusan terbaik yang Mou pernah ambil.

  1. Mou pernah mengajar senam

Setelah dirinya keluar dari sekolah bisnis, Football Shirt Collective mengungkapkan bahwa Mourinho sempat mengajar senam di sebuah sekolah di Portugal. Seorang mantan muridnya berkata, “Sebelum dia datang ke sekolah itu, tidak ada perempuan yang ingin belajar senam atau kebugaran, namun tiba-tiba setelah Mou yang mengajar, tidak ada yang pernah ijin dengan membawa surat sakit.”

  1. Mou pernah menyelinap bersama petugas laundry

Menurut Daily Mail, pada 6 April 2005 Jose Mourinho mendapat larangan hadir di stadium kendati tim yang saat itu diasuhnya, Chelsea, akan melakoni laga perempat final Liga Champions Eropa melawan Bayern Munich. Tak kehabisan akal, Mou berhasil masuk ke ruang ganti pemain dengan menyembunyikan dirinya di keranjang pakaian ganti yang dibawa oleh petugas laundry ke ruang tersebut.

Ternyata cara ini berhasil, tak seorang panitia pun menyadari hal ini. Setelah memberikan wejangan kepada para anak didiknya, Chelsea berhasil menang dari Bayern Munich dengan skor 4-2 di Brittania Stadium. Meskipun pada leg kedua The Blues kalah 3-2 di Jerman. Klub yang dimiliki oleh Roman Abramovich berhasil melaju ke putaran final dengan skor agregat 6-5.

  1. Mou bisa enam bahasa

Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa Jose Mourinho sudah pernah berjaya bersama sejumlah kesebelasan di berbagai negara. Statistik menunjukkan dirinya sudah pernah menjadi nomor satu di bidangnya di Portugal, Italia, Spanyol, dan Inggris. Pada perjalanan panjangnya tersebut dia juga berhasil meraih dua trofi Liga Champions.

Melatih di berbagai negara membuat Mou harus berkomunikasi dengan baik dengan bahasa lokal. Seiring perjalanan, ia kini  fasih saat berbicara dalam bahasa-bahasa tersebut. Saat ini, Jose Mourinho bisa berbahasa Portugis, Inggris, Spanyol, Catalan, Italia dan Perancis.

  1. Mou pernah menolak Newcastle

Bobby Robson pernah membujuk Mourinho untuk menjadi asistennya saat dia menjadi manajer Newcastle United setelah mereka berdua pernah bekerja sama di Barcelona pada tahun 1992 sampai 1997. Namun, Jose menolaknya. The Special One, dilansir dari Bbc mengatakan, “Dia (Sir Bobby Robson) pernah berkata pada saya bahwa dalam dua tahun dia akan menjadi manajer utama. Saya menolak tawarannya karena saya yakin, cepat atau lambat, masa saya akan datang.”

  1. Mou merupakan penggemar George Clooney

The Sun melaporkan, pada suatu wawancara Jose Mourniho pernah berkata: “Jika mereka membuat sebuah film tentang kehidupan saya, saya rasa mereka perlu George Clooney untuk menjadi saya di film tersebut. Dia adalah aktor yang luar biasa dan istri saya juga berpikir begitu.”

  1. Mou suka buah melon

Mirror menuturkan bahwa Jose Mourniho memiliki ketertarikan khusus pada buah Melon. Jose Mourinho pernah berkata bahwa para pemain muda mirip sepertih buah melon. Anda akan akan yakin 100% akan rasa yang sesungguhnya setelah Anda mencicipinya.

  1. Mou pernah masuk penjara

Data dari The Guardian menunjukkan bahwa Mou sang pelatih sensasional pernah dipenjara. Anda mungkin sudah mengetahui bahwa Jose sering berselihih dengan panitia pertandingan. Namun, nyatanya dirinya juga pernah berurusan dengan polisi. Sebelum final Piala FA pada tahun 2007 silam, dirinya sempat ditahan oleh polisi.

Mou menjadi tersangka atas tuduhan menghalangi proses hukum. Saat itu pihak kepolisian ingin mengambil anjing peliharaan Mou karena binatang tersebut diyakini merupakan hasil penyelundupan binatang dari Portugal ke Inggris. Mou tidak mengijinkan para polisi mengambil anjingnya dan akhirnya Mou pun ikut ditahan atas tindakannya tersebut.

*

Menurut Anda, cerita mana yang paling menarik?

Comments

Loading...