OUR NETWORK

Tranmere Rovers vs Man United: Jangan Lagi Dustakan Nikmat

Manchester United itu paling gemar mendustakan nikmat yang sudah tersedia. Bayangkan saja, sudah dikasih delapan kesempatan untuk memperkecil jarak dengan tim yang menempati posisi empat, mereka hanya memanfaatkan dua pertandingan saja. Inilah alasan mengapa posisi mereka tidak pernah mau naik tapi terus terancam untuk turun di klasemen Premier League.

Pekan ini, Setan Merah kembali mendapat nikmat yang seharusnya bisa dimaksimalkan dengan mudah. Meski kali ini Premier League tidak mentas karena ada babak keempat Piala FA, namun United bisa dibilang beruntung karena hanya akan menghadapi kesebelasan gurem, Tranmere Rovers di Prenton Park.

The Rovers seharusnya bukan menjadi sandungan bagi United. Pada kompetisi domestik saja, mereka menempati peringkat ke-20 alias tiga terbawah di klasemen League One. Mereka hanya punya 22 poin dari 25 pertandingan yang sudah dimainkan. Kemenangan pada laga ulang babak ketiga Piala FA melawan Watford merupakan kemenangan pertama mereka sejak 21 Desember.

United diwajibkan bisa memanfaatkan besarnya perbedaan kualitas kedua kesebelasan. Harapan bisa mencetak empat sampai lima gol seharusnya bisa direalisasi meski tanpa Marcus Rashford sekalipun. Tranmere bisa dijadikan tempat bagi Anthony Martial dan Mason Greenwood untuk mengembalikan kepercayaan dirinya setelah tidak memberikan kontribusi sama sekali di laga melawan Burnley.

Bahkan sang manajer Tranmere, Micky Mellon, memilih merendah pada babak keempat nanti. Meski penampilan United di Premier League juga tidak bagus-bagus amat, mereka tetap sadar akan perbedaan kualitas mereka yang begitu besar. Hal ini membuat Mellon hanya berharap timnya bisa tampil lebih baik dan berusaha untuk membuat kejutan layaknya ketika mengalahkan Watford. Entah ini sebuah psywar atau memang Tranmere tidak mengincar banyak hal dari pertandingan besok.

“Mereka tetap klub yang fantastis. United akan tetap menjadi ancaman. Mereka klub sepakbola hebat dan kami hanya tim papan bawah League One. Meski begitu, kami akan tetap mencoba memberikan segalanya yang kami punya. Kami akan mencoba untuk bermain seperti melawan Watford karena yang kami tahu mereka tetap tim yang sangat tangguh,” tuturnya.

Tidak hanya soal kualitas, United juga diuntungkan dengan masa pemulihan mereka yang jauh lebih lama dibanding tuan rumah. Laga melawan Burnley terjadi pada hari Rabu, sedangkan pertandingan Tranmere melawan Watford dimainkan sehari setelahnya. Masa recovery yang jauh lebih pendek bisa jadi masalah bagi Tranmere. Apalagi laga melawan Watford harus dimainkan hingga menit ke-120 karena berakhir imbang lagi.

Seharusnya, laga melawan Watford dimainkan Tranmere bersamaan dengan laga ulang United melawan Woverhampton Wanderers pada pertengahan Januari lalu. Namun, hujan deras yang mengguyur Prenton Park membuat laga diundur lagi sepekan sehingga Watford hanya punya masa istirahat 24 jam setelah laga terakhirnya di Premier League. Sebuah masalah yang kemudian dimanfaatkan oleh Tranmere untuk menembus babak keempat.

Manchester United sendiri langsung melakukan pemulihan beberapa jam setelah laga melawan Burnley dengan mengunjungi tempat spa mewah ‘The Mere Golf Resort and Spa’. Meski banyak pendukung United yang mempertanyakan sikap para pemain yang memilih memanjakan diri di spa, apalagi tempat spa itu pernah menjadi lokasi pemain Man City berpesta dengan 22 model seksi beberapa waktu lalu, namun hal ini bukan tidak mungkin dilakukan demi menyegarkan kembali otot-otot kaki mereka sebelum turun berlaga menghadapi Tranmere akhir pekan nanti mengingat mereka juga tidak punya pelapis lain karena cedera dan sudah disingkirkan dari skuat seperti Marcos Rojo.

Satu-satunya masalah United nanti kemungkinan besar hanyalah kontur lapangan Prenton Park yang tidak terlalu rata karena beberapa kali diterpa hujan deras dan tekanan suporter tuan rumah. Perihal kualitas pemain dan taktik permainan, United seharusnya bisa menang dengan mudah pada akhir pekan nanti.

Perkiraan Susunan Pemain

TRANMERE ROVERS:

Scott Davies, Jake Caprice, Peter Clarke, Manny Monthe, Liam Ridehalgh, Neil Danns, David Perkins, Kieron Morris, Connor Jennings, Corey Blackett-Taylor, Morgan Ferrier

MANCHESTER UNITED:

Sergio Romero, Diogo Dalot, Harry Maguire, Phil Jones, Brandon Williams, Fred, Andreas Pereira, Juan Mata, Jesse Lingard, Daniel James, Mason Greenwood

Comments

Loading...