OUR NETWORK

Tanggapan Jose Mourinho Usai Kemenangan Penting MU atas Liverpool

Pertandingan ke-200 Derby Inggris antara Manchester United melawan Liverpool berhasil dimenangkan oleh United. Dalam pertandingan di Stadion Old Trafford tersebut, Setan Merah menang tipis 2-1. Kedua gol United dicetak oleh Marcus Rashford pada babak pertama sementara gol balasan Si Merah berasal dari bunuh diri Eric Bailly.

Taktik Parkir Bus Mou yang sering dianggap mencederai sepakbola berhasil mematikan Gegenpressing Rock n Roll ala Jurgen Klopp. Sepanjang laga, trio Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamad Salah dibuat tidak berkutik.

Hasil ini merupakan kemenangan kedua Jose atas Klopp setelah terakhir kali pada 2013 saat keduanya masih bersama Real Madrid dan Borussia Dortmund. Hasil ini juga membuat selisih keduanya melebar menjadi lima poin. Berikut adalah reaksi Jose Mourinho pasca laga yang dikutip dari situs resmi United.

Hari yang sempurna?

“Hasil yang sempurna, tiga poin penting. Tapi apakah performa yang kami berikan juga sempurna? Saya tidak bisa mengatakannya. Yang pasti babak pertama kami bermain agresif, langsung, cepat, intens, dan mencetak gol. Mungkin gol bisa lebih andai sepakan fantastis Juan Mata berbuah menjadi gol. Babak kedua adalah laga yang berbeda dan kami tinggal menyesuaikan.”

Taktik bekerja dengan baik

“Kami memberi pilihan kepada beberapa pemain kami. Saya bukan pelatih kaku yang mengatakan A harus umpan ke B, B umpan ke C, C umpan ke D. Saya lebih mempersiapkan pemain saya untuk memutuskan dengan baik bagaimana permainan mereka. Mereka punya beberapa pilihan, kami bisa memainkan bola panjang untuk McTominay yang bermain dengan Andy Robertson di udara. Serta Romelu Lukaku yang tampil dominan melawan Dejan Lovren.”

Penampilan keseluruhan

“Yang penting adalah kemenangan, tiga poin. Selain itu, melawan tim macam Liverpool, Anda tidak akan menang apabila kinerja Anda tidak bagus. Saya pikir, di babak pertama kami tampil sangat kuat dan agresif untuk melukai mereka. Pada babak kedua, Liverpool lebih dominan tapi tidak berbahaya. Dalam beberapa laga, David (De Gea) membuat penyelamatan fenomenal dan hari ini dia tidak membuat penyelamatan penting satu kali pun. Jadi, di babak kedua sebenarnya kendali masih ada di tangan kami.”

Fans kecewa Marcus Rasford diganti

“Anda tahu, para penggemar bisa melakukan apa yang mereka inginkan. Tapi saya sama sekali tidak kesal dengan reaksi itu. Saya justru kecewa dengan reaksi kepada McTominay, anak usia 20 tahun yang membuat beberapa keputusan tepat. Mereka semua ingin dia membuat kesalahan. Ketika ada seorang anak memutus serangan mereka dan mematahkan intensitas permainan mereka sehingga penguasaan bola tetap terjaga dan memberikan back pass maka ia memberikan kesempatan untuk mengirim bola ke arah yang berlawanan. Itu adalah solusi yang tepat, bahkan banyak pemain top yang tidak mau melakukannya. Tapi, itu adalah reaksi penggemar dan saya tidak mempermasalahkannya.”

Alasan mengapa Marcus diganti?

“Saya mendengar Gary Neville di Sky Sports meminta agar dia terkena kartu merah dan saya takut wasit mendengar ucapan dia di jeda babak pertama. Ketika kami tampil defensif di babak kedua, Liverpool mendorongnya agar situasi itu (kartu merah) bisa terjadi. Mereka kemudian membawa permainan ke sisi Ashley Young sehingga Rashford akan berhadapan dengan Alexander Arnold. Saya membuat keputusan dengan memasukkan pemain yang bisa membuat satu pelanggaran terhadap Arnold.”

Apakah Bailly cedera?

“Saya tidak tahu tapi penampilan dia luar biasa dengan gol yang luar biasa pula (tertawa). Dia menunjukkan semangat besar setelah gol bunuh diri itu dan bermain dengan kondisi cedera jelas sangat menyakitkan. Tapi itulah Eric, pemain yang kita cintai.”

Kata terakhir

“Jujur, saya lelah. Kami akan bertanding lagi hari Selasa (vs Sevilla). Kami menang dan saya tidak peduli dengan apa yang orang katakan. Tiga poin sangat penting, kemenangan penting, dan saya bahagia atas penampilan anak-anak saya.”

Comments