OUR NETWORK

St. James Park yang Masih Angker bagi Mourinho

Manchester United kembali takluk di partai tandang. Setelah menghadapi Tottenham Hotspur, United kehilangan tiga poin ketika berkunjung ke markas Newcastle di St. James Park. Hasil ini membuat peluang Manchester United untuk mengejar Manchester City semakin sulit.

Akan tetapi, kekalahan kemarin juga membuat Jose Mourinho kembali gagal meraih kemenangan di stadion yang berganti namanya menjadi Sports Direct Arena karena kepentingan sponsor tersebut.

St James Park menjadi tempat yang sulit untuk ditaklukkan pria asal Portugal tersebut. Dengan kekalahan tersebut, Mou sudah tujuh kali gagal meraih tiga poin setiap ia melawat ke sana dalam kompetisi Liga Primer. Total dari 10 pertandingan, Mou hanya meraih dua kemenangan dan menderita lima kekalahan.

“Rekor saya memang buruk di sana (St James Park). Suasananya sangat antusias dan saya mendapatkan kekalahan dan hasil imbang cukup sering di sana. Saya harap laga nanti akan menghasilkan hasil yang berbeda meski Rafael Benitez tahu cara mendapat poin-poin krusial,” ujarnya saat konferensi pers pra laga.

Jose sebenarnya meraih kemenangan dalam kunjungan pertamanya ke stadion berkapasitas 52 ribu penonton ini. Kejadiannya di babak keempat Piala Liga. Saat itu Blues menang 2-0 melalui perpanjangan waktu. Dua gol saat itu dibuat Eidur Gudjohnsen dan Arjen Robben yang dicetak dengan solo run brilian.

Namun dalam dua pertemuan berikutnya di musim yang sama (2004/2005), Chelsea gagal meraih kemenangan. Mereka takluk 1-0 saat bertemu di babak lima Piala FA dimana Chelsea bermain dengan sembilan orang dan bermain imbang 1-1 saat keduanya bertemu kembali di pekan terakhir Premier League.

Musim 2005/2006 keduanya kembali bertemu di pekan pamungkas Premier League. Saat itu, Newcastle yang keluar sebagai pemenang setelah Titus Bramble mencetak gol melalui tendangan voli ke gawang Carlo Cudicini. Gol dari Didier Drogba sempat membawa Chelsea menang di babak lima Piala Liga 2006/2007. Namun keduanya hanya berbagi hasil imbang tanpa gol saat keduanya bertemu di Premier League.

Hampir enam tahun tidak pernah bertemu, Mou kembali mengunjungi St James Park pada November 2013. Saat itu, Newcastle yang diasuh oleh Alan Pardew kembali unggul atas Jose Mourinho dengan skor 2-0 melalui gol dari Yoan Gouffran dan Loic Remy. The Special One kembali kalah saat keduanya bertemu pada Desember 2014. Kali ini, Papis Cisse menjadi momok bagi Eden Hazard dkk., melalui dua golnya yang hanya bisa dibalas melalui kepala Didier Drogba.

Perjumpaan terakhir Mou dengan Newcastle saat masih bersama Chelsea adalah di musim 2015/2016 atau musim dimana ia dipecat oleh Chelsea. Mou yang sebelum laga sudah mendapat tiga hasil kekalahan tersebut mampu mencuri satu poin. Magpies yang unggul dua gol terlebih dahulu melalui kaki Ayoze Perez dan kepala Giorginio Wijnaldum, berhasil disamakan melalui sepakan keras Ramires dan tendangan bebas Willian.

 

Rekor pertemuan Jose Mourinho di St James Park

Babak 4 Piala Liga, 10 November 2004 Newcastle United 0-2 Chelsea
Babak 5 Piala FA, 20 Februari 2005 Newcastle United 1-0 Chelsea
Premier League, 15 Mei 2005 Newcastle United 1-1 Chelsea
Premier League, 7 Mei 2006 Newcastle United 1-0 Chelsea
Babak 5 Piala Liga, 20 Desember 2006 Newcastle United 0-1 Chelsea
Premier League, 22 April 2007 Newcastle United 0-0 Chelsea
Premier League, 2 November 2013 Newcastle United 2-0 Chelsea
Premier League, 6 Desember 2014 Newcastle United 2-1 Chelsea
Premier League, 26 September 2015 Newcastle United 2-2 Chelsea
Premier League, 11 Februari 2018 Newcastle United 1-0 Man United

Comments