OUR NETWORK

Pos Bek Kanan yang Serba Membingungkan

Sebenarnya, hanya ada dua masalah dalam kubu Manchester United di mata Jose Mourinho. Menurut The Special One, Setan Merah hanya memiliki kekurangan di sektor bek tengah dan penyerang sayap kanan. Sampai pada akhirnya kejadian yang tidak mengenakkan terjadi saat mereka beruji coba melawan San Jose Earthquakes.

Pada menit delapan babak pertama, Antonio Valencia mengalami cedera betis dan harus digantikan oleh Matteo Darmian. Situasi ini jelas membuat pusing mantan manajer Chelsea tersebut. Valencia adalah salah satu pemain inti dalam skema 4-2-3-1 Jose di United.

Sebelum babak pra musim dimulai, Jose seolah membocorkan siapa saja yang akan bermain ketika United menjamu Leicester pada pekan pertama Premier League. Dan Valencia adalah salah satu pemain yang akan menjadi pemain inti di laga tersebut.

“Valencia, Smalling, Bailly dan Shaw, mereka adalah pemain yang akan memulai laga pertama musim depan. Andreas Pereira, Herrera dan Scott juga akan bermain. Kami masih punya Matic dan Fred, jadi ada solusi untuk lini tengah. Dan kami punya Mata, Martial, dan Mitchell. Sanchez juga akan datang. Kami tidak punya banyak solusi untuk memulai musim.”

Akan tetapi, cedera yang didapat eks Wigan tersebut memaksa Jose kembali memutar otak. Sebenarnya ia memiliki Diogo Dalot yang baru direkrut pada musim panas. Sayangnya, Dalot datang dalam kondisi pemulihan dari cedera lutut dan kemungkinan besar baru akan bermain pada September.

“Valencia cedera dan dia tidak bermain pada laga awal Premier League. Dalot juga sedang pemulihan dan dia tidak akan siap untuk memulai Liga Primer.”

Setelah pertandingan melawan AC Milan, Jose mengatakan kalau kemungkinan besar dirinya akan memainkan salah satu diantara Ashley Young dan Victor Lindelof sebagai bek kanan pada pekan pertama. Saat ini, baik Lindelof dan Young sedang berlibur untuk memulihkan tenaganya setelah Piala Dunia. Nama pertama besar kemungkinan akan menjadi bek kanan pada pekan pertama mengingat mantan pemain Aston Villa ini punya kemampuan bisa bermain di kedua sisi sayap.

“Ashley Young bisa bermain di sisi kanan tetapi dia sedang berlibur saat ini. Saya tidak tahu apakah dia bisa memangkas liburannya untuk kembali ke sini atau tidak. Sementara Lindelof bukan bek kanan tetapi dia bisa bermain di sana. Senin depan, saya akan mengirim orang ke Manchester untuk memantau latihan Lindelof.”

Menahan Kepergian Darmian

Jose Mourinho sebenarnya punya cara lain untuk mengakomodasi sisi kanan tanpa harus mengorbankan liburan Young dan Lindelof. Yaitu memainkan Matteo Darmian. Telah kita ketahui kalau mantan pemain Torino ini ingin keluar dari Old Trafford karena jarang mendapat menit main.

“Matteo ingin pergi dan saya pikir ketika seorang pemain ingin pergi maka Anda harus membiarkan pemain tersebut mengikuti nalurinya. Akan tetapi, itu semua hanya bisa diakukan apabila sudah mendapatkan tawaran yang tepat. Tawaran yang masuk untuk Matteo sampai saat ini masih dalam kondisi yang tidak bisa kami terima,” tuturnya.

Ketika United menghadapi Milan, Jose memberikan ban kapten kepada pemain 28 tahun ini. Entah apa alasan dirinya memberi Darmian kesempatan sebagai pemimpin. Apakah sebagai hadiah agar dirinya untuk tidak pindah atau sebatas formalitas mengingat dirinya sudah tidak lama lagi bersama skuad? Namun yang jelas, Jose terlihat ragu untuk melepas pemain warisan Louis Van Gaal ini.

“Saya memberinya kapten karena dia dibesarkan di AC Milan dan bagi saya, bermain melawan klub masa kecil sebagai kapten memiliki arti yang bagus meski dalam laga persahabatan.”

“Bagi saya, Darmian adalah sosok yang profesional dalam dua tahun kepelatihan saya dan setahun bersama Van Gaal. Jika Matteo ingin pergi maka saya persilahkan tetapi tawarannya harus tepat. Jikapun dia ingin bertahan maka saya pun ikut senang karena dia penting bagi kami.”

Cara lain adalah dengan memainkan para pemain muda. Meski bermain sebagai bek tengah, namun Timothy Fosu Mensah merupakan bek kanan ketika dipinjam Crystal Palace musim lalu. Cara ini bisa saja digunakan meski mengundang risiko mengingat Tim sudah cukup lama tidak memperkuat Setan Merah.

Comments