OUR NETWORK

Pendapatan Spesial Manchester United di Musim 2017/2018

Manchester United mengumumkan rekor pendapatan mereka setelah lolos menuju babak 16 besar Liga Champions. Pendapatan tersebut naik 17 persen dari periode yang sama di tahun ini. Angka tersebut didorong naik dari peningkatan pendapatan penyiaran yang mencapai 31 persen.

Manchester United sebelumnya memastikan diri bermain di Liga Champions musim ini setelah memenangkan Europa League musim lalu, menyusul absen selama satu tahun. Pendapatan komersial untuk United di kompetisi tersebut adalah 80.5 juta paun, naik 6.2 juta paun, yang didorong dari pendapatan lima pertandingan di Amerika Serikat selama musim panas lalu. Total biaya operasional secara keseluruhan tersebut dilaporkan mencapai angka 143.1 juta paun. Naik 20.9 juta paun dari periode yang sama di tahun 2017.

Angka-angka yang telah disebut termasuk kenaikan 7,6 juta paun (sekitar 12,2 persen) kenaikan gaji para pemain United karena mereka berpartisipasi di Liga Champions. The Red Devils sendiri menjadi klub Inggris pertama yang memecahkan rekor pendapatan setengah miliar paun pada 2016, dan angka keuangan tersebut menunjukkan pendapatan keseluruhan meningkat dari 515.3 juta paun menjadi581.2 juta paun per tanggal 30 Juni 2017.

Dikutip dari Sky Sports, musim ini, Manchester United juga berhasil mendapatkan sejumlah profit yang jumlahnya hampir 10 juta paun, dari hasil penjualan klausul Danny Drinkwater dan Michael Keane yang pindah ke klub barunya pada bursa transfer musim panas lalu.

United, yang memperoleh dana sebesar 17,3 juta paun dari hasil penjualan Adnan Januzaj dan dua penjualan eks pemainnya di jendela transfer musim panas lalu itu, menjadi penghasilan ‘plus-plus’ The Red Devils di musim ini. Dua eks pemain yang menjadi profit bagi United adalah Michael Keane dan Danny Drinkwater, yang berhasil menghasilkan total keuntungan bersih sebesar 9,3 juta paun.

Keane pindah dari Burnley ke Everton dengan biaya sebesar 30 juta paun, sementara Drinkwater pindah dari Leicester ke juara bertahan Chelsea dengan nilai transfer sebesar 35 juta paun. Jumlah transfer tersebut menjadi sebuah keuntungan bagi pasukan Setan Merah. Profit lainnya adalah biaya transfer 8 juta paun dari transfer pemain asal Belgia Adnan Januzaj ke klub Spanyol Real Sociedad.

Sebelumnya, bek kelahiran Inggris, Michael Keane, bergabung dengan United sebagai pemain akademi di tahun 2009 pada usianya yang masih 16 tahun. Ia lalu menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan klub tersebut pada ulang tahunnya yang ke 18 pada 11 Januari 2011, sebelum akhirnya berhasil membuat debut pertama untuk Manchester United di akhir tahun tersebut. Keane terus bermain dengan catatan empat penampilan bersama United, sebelum akhirnya  dipinjamankan ke Burnley dan dipermanenkan pada musim panas 2015.

Sementara Danny Drinkwater, yang lahir di kota Manchester, bergabung dengan akademi United pada usianya yang masih sembilan tahun pada 1999. Ia juga menjadi salah satu pemain yang ikut trainee pada 2006.

Namun, sangat disayangkan jika Drinkwater tidak pernah membuat satupun penampilan untuk tim pertama Manchester United, dan hanya menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman bagi Huddersfield, Cardiff, Watford dan Barnsley, sebelum akhirnya menandatangani kontrak dengan Leicester pada 2011. Drinkwater dan Keane sempat bermain bersama di tim berjuluk The Foxes itu, ketika Keane dipinjam dari United selama musim 2012/13.

Di sisi lain, Manchester United telah menghabiskan dana sekitar 145 juta paun guna merekrut tiga pemain baru menjelang musim 2017/18. United membeli striker Romelu Lukaku dari Everton (75 juta paun), pemain tengah Nemanja Matic dari Chelsea (40 juta paun), dan bek Victor Lindelof dari Benfica (31 juta paun). Hutang bersih klub tersebut tercatat sebesar 268,1 juta paun per tanggal 30 September 2017, angka itu turun 69,6 juta paun sepanjang tahun.

Wakil kepala eksekutif Manchester United, Ed Woodward, sempat mengatakan jika kenaikan pendapatan spesial klubnya itu, menjadi penanda positif bagi semua pihak pasukan Old Trafford.

“Kami hanya memiliki lebih dari seperempat jalan menuju apa yang menjanjikan di musim seru lainnya. Di Liga Champions kami telah memenangkan semua empat pertandingan yang dimainkan, sampai sekarang, kami berhasil lolos ke perempat final Piala Carabao, dan berharap untuk beberapa bulan ke depan menjadi positif karena kenaikan pendapatan klub ini,” ungkapnya.

 

Sumber: Sky Sports

Comments

Loading...