OUR NETWORK

MU vs Newcastle: Adu Kuat Pemain Baru

Pekan ke-27 Premier League akan mementaskan dua kesebelasan yang memiliki performa bertolak belakang di musim 2017/2018 ini. Manchester United akan bertandang ke Tyneside untuk menerima jamuan Newcastle United di Sports Direct Arena pada Minggu (11/2) malam.

Melihat performa kedua kesebelasan, maka Manchester United diprediksi akan kembali meraih kemenangan. Saat ini, skuat asuhan Jose Mourinho masih berada di peringkat kedua dengan 51 poin. Selain itu, mereka juga baru satu kali kalah dalam 10 pertandingan terakhir.

Sementara itu, skuad Rafael Benitez sedang bermasalah dalam hal konsistensi permainan. Kemenangan terakhir yang mereka raih adalah ketika bertandang ke Stoke pada awal tahun lalu. Setelah laga tersebut, mereka hanya meraih tiga kali hasil imbang dan satu kali kalah dalam empat partai setelahnya.

Kunci di pemain anyar

Meski Newcastle sedang mengalami performa yang tidak kunjung meningkat, namun mereka patut percaya diri untuk bisa tampil mengejutkan menghadapi United Mingg nanti. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan peran Kennedy di sisi sayap. Kedatangan pemain Chelsea ini mampu meningkatkan serangan The Magpies meski tidak diiringi dengan hasil akhir yang bagus.

Kennedy langsung menjadi pemain terbaik di antara seluruh skuat Newcastle dalam statistik menyerang. Rata-rata ia membuat dua tembakan per pertandingan serta 2,5 umpan kunci per laganya. Angka-angka ini bakal lebih baik dari striker mereka Joselu maupun Dwight Gayle. Sayangnya striker baru mereka Islam Slimani kemungkinan besar masih belum bisa dimainkan dalam laga Minggu nanti.

Setipe dengan tuan rumah, Manchester United tentu kembali berharap Alexis Sanchez tampil apik layaknya ketika mengalahkan Huddersfield pekan lalu. Ditempatkan di sisi kiri, ia nampak sudah mulai paham dengan gaya bermain Jose Mourinho.

Pergerakannya yang penetratif tentu mengundang para pemain Newcastle untuk melakukan pelanggaran di daerah berbahaya. Hal ini tentu akan dimaksimalkan betul oleh Manchester United seperti di laga pekan lalu dimana pemain asal Chile tersebut menerima 7 pelanggaran dimana salah satunya membuahkan penalti.

Pergerakan Sanchez nantinya akan didukung oleh Jesse Lingard ataupun Juan Mata dari lini kedua. Selain itu, pergerakan para pemain United tentu lebih agresif dibanding Newcastle karena didukung kecepatan para pemainnya yang mumpuni.

Di mana Mou akan memainkan Pogba?

Pekan lalu Special One secara mengejutkan mengistirahatkan Paul Pogba dan menggantinya dengan Scott McTominay. Pada awalnya, keputusan tersebut sempat mengundang perdebatan meski pada akhirnya keputusan memainkan Scott mengundang pujian karena United mampu menguasai pertandingan secara penuh dan menang 2-0.

Akan tetapi, untuk laga ini Mou nampaknya perlu memainkan Pogba sejak menit awal. Selain Newcastle memiliki kualitas pemain yang sedikit lebih baik dibanding Huddersfield, kemampuan Pogba dalam menguasai bola dapat memudahkan Setan Merah apabila ingin membuka serangan melalui counter attack. Ia tentu akan berguna untuk melakukan serangan kilat karena memiliki kecepatan dibanding Scott McTominay atau Ander Herrera.

Namun, menarik untuk melihat di mana posisi Pogba akan bermain pada laga nanti. Apakah Mou memainkan Pogba di posisi nomor 10 atau di lini tengah bersebelahan dengan Nemanja Matic seperti biasa.

Ketika melawan Huddersfield, Pogba dimainkan di menit ke-64 oleh Mou. Kehadirannya saat itu mampu membuat serangan Setan Merah menjadi lebih agresif. Penalti yang diperoleh Sanchez pun terjadi setelah Pogba masuk menggantikan Jesse Lingard.

Akan tetapi, memainkan Pogba sebagai nomor 10 berpotensi mengurangi satu pemain depan United. Sulit untuk memilih siapa yang diisitirahatkan antara Jesse Lingard atau Juan Mata karena keduanya pun tampil baik untuk Iblis Merah sejauh ini.

Seandainya Pogba dikembalikan sebagai pasangan dari Matic, maka dirinya bisa menjadi penyuplai bagi salah satu diantara Alexis Sanchez maupun Jesse Lingard yang mempunyai kecepatan dalam melakukan dribel. Hanya saja, jika Pogba kembali dimainkan sebagai gelandang penghubung, ia bakal mendapat tekanan dari gelandang tengah Magpies yang kemungkinan diisi Jonjo Shelvey dan Mohammed Diame yang memiliki kemampuan bagus dalam merebut bola.

Perkiraan Formasi

NEWCASTLE UNITED:

Karl Darlow, De Andre Yedlin, Jamaal Lascelles, Chancel Mbemba, Paul Dummett, Matt Ritchie, Jonjo Shelvey, Mohamed Diame, Kennedy, Ayoze Perez, Dwight Gayle

MANCHESTER UNITED:

David De Gea, Antonio Valencia, Chris Smalling, Marcos Rojo, Luke Shaw, Nemanja Matic, Paul Pogba, Jesse Lingard, Alexis Sanchez, Juan Mata, Romelu Lukaku

Comments