OUR NETWORK

Scouting the Enemy: Tottenham Hotspur

Kekalahan menghadapi Huddersfield pekan lalu membuat peluang United untuk meraih gelar Liga sejak 2012/2013 menjadi terganggu. Untuk itu mereka harus menang di pekan ke-10 yang akan berlangsung Minggu ini. Tidak tanggung-tanggung karena lawan yang mereka hadapi adalah Tottenham Hotspur, Kuda hitam yang sekarang menjelma menjadi kekuatan hebat Premier League.

Kapan dan di mana laga Manchester United vs Tottenham Hotspur Dimainkan?

Laga ini merupakan pembuka dari rangkaian pekan ke 10. Pertandingan ini akan digelar Sabtu 28 Oktober di Old Trafford dengan sepak mula dimulai pada 18.30 WIB. Wasit asal Sunderland, Jon Moss, menjadi pengadil di laga kali ini. Anda bisa menyaksikan partai besar ini di Channel Bein Sports 1 dan MNC TV.

Bagaimana sejarah singkat Tottenham Hotspur?

Klub ini didirikan pada 5 September 1882 dengan nama sebelumnya Hotspur Football Club. Klub tersebut berisikan beberapa mantan pemain kriket dan pemain sepak bola. Musim 1908/1909 adalah pertama kalinya mereka bermain di kompetisi liga yaitu di Divisi II. Kesuksesan pertama mereka diraih ketika menjuarai Piala FA 1900 ketika ditangani John Cameron.

Kesuksesan terbesar mereka terjadi di bawah arahan Bill Nicholson saat memenangi double winners pada musim 1960/1961. Dua musim kemudian mereka menjadi tim Britania pertama yang memenangi tropi Eropa setelah Spurs menjuarai Piala Winners. Sayangnya setelah kejayaan tersebut, prestasi Spurs cenderung naik turun bahkan sempat terdegradasi pada 1976/1977.

Di era sepak bola modern, Si Lili Putih kerap menjadi kuda hitam dan beberapa kali mengalahkan tim tradisional Inggris. Akan tetapi hal tersebut tidak seiring dengan prestasi yang mereka raih. Sejak 1991, mereka hanya mampu menambah dua piala saja. Itupun dari kompetisi Piala Liga.

Bagaimana Performa Spurs Musim Ini?

Sempat sulit menang di beberapa laga awal, Spurs perlahan-lahan mulai menancapkan kukunya di Premier League. Pekan lalu mereka mampu membantai Liverpool 4-1 di Wembley. Akan tetapi tiga hari berselang mereka justru takluk dari West Ham di tempat yang sama di ajang Piala Liga. Prestasi mereka di kompetisi Eropa pun sejauh ini cukup baik. Harry Kane dkk mampu mengimbangi permainan Real Madrid pada pertemuan mereka di Santiago Bernabeu.

Siapa manajer dan bagaimana taktik Spurs?

Sejak ditukangi Mauricio Pochettino prestasi Spurs seiring waktu semakin meningkat. Sejak musim 2014/2015 mereka selalu finis di lima besar. Bahkan musim lalu mereka sanggup mengakhiri Premier League di posisi kedua dan mengangkangi Arsenal untuk pertama kalinya sejak 1994/1995.

Senjata Spurs di musim ini terletak dari kolektivitas mereka di semua lini. Permainan bola dari kaki ke kaki menjadi senjata mematikan mereka. Apalagi di lini tengah mereka memiliki pengumpan hebat sekelas Christian Eriksen dan Dele Alli. Sayap-sayap mereka pun patut diwaspadai terutama sisi kiri yang diisi oleh Ben Davies.

Siapa saja pemain kunci Kedua kesebelasan?

Laga ini akan mempertemukan dua striker terbaik di Premier League yaitu Romelu Lukaku dan Harry Kane. Keduanya menjadi mesin gol bagi masing-masing klubnya. Kane sejauh ini sudah mencetak 13 gol dari 12 laga sedangkan Lukaku menjadi mesin gol United dengan 11 gol dari 14 pertandingan.

Akan tetapi beberapa hari terakhir kedua pemain ini sedang mengalami masalah yang berbeda. Selama bulan Oktober, Big Rom belum kembali menunjukkan ketajamannya. Sedangkan Harry Kane bahkan sempat diragukan tampil pada laga melawan United karena mengalami cedera hamstring setelah laga melawan Liverpool.

Siapakah yang akan mencuri perhatian?

Di kubu United, Jesse Lingard sudah menemukan kepercayaan dirinya berkat dua gol ke gawang Swansea City tengah pekan lalu. Akan tetapi pemain 24 tahun ini belum pasti diturunkan mengingat masih ada nama Juan Mata dan Anthony Martial yang menjadi pilihan utama.

Di kubu Spurs, sosok Harry Winks sedang naik daun beberapa hari ini. Penampilannya lambat laun semakin meningkat sepeninggal Victor Wanyama yang mengalami cedera. Dirinya disebut-sebut sebagai pengganti Luka Modric, gelandang Spurs beberapa musim lalu. Penampilan apiknya di laga melawan Real Madrid membuat namanya semakin mencuat.

Bagaimana rekor pertemuan kedua kesebelasan?

Kedua kesebelasan sudah bertemu sebanyak 186 kali dengan United memenangi 88 pertandingan sedangkan 50 laga dimenangi Spurs. Jika berkaca pada kompetisi Premier League, United bahkan baru tujuh kali kalah dari Spurs. Musim lalu, kedua tim sama-sama berbagi kemenangan. United menang di Old Trafford dengan skor 1-0 sementara Spurs menang 2-1 di White Hart Lane yang menjadi pertandingan terakhir mereka di stadion bersejarah tersebut.

Perkiraan Formasi:

MANCHESTER UNITED:

De Gea, Valencia, Bailly, Jones, Darmian, Matic, Herrera, Lingard, Mkhitaryan, Rashford, Lukaku

TOTTENHAM HOTSPUR:

Lloris, Vertonghen, Alderweireld, Sanchez, Trippier, Eriksen, Winks, Alli, Aurier, Son, Kane

Comments

Loading...