in

Scouting The Enemy: FC Basel

Malam ini, Old Trafford akan kembali memutar Anthem Liga Champions setelah hampir satu tahun lebih absen. Manchester United akan memulai petualangannya di kompetisi Eropa menghadapi juara Swiss, FC Basel. Sebelum menyaksikan pertandingan tersebut, berikut adalah sedikit kisi-kisi dari pemilik 20 gelar Liga Swiss tersebut

Kapan dan di mana laga Manchester United vs FC Basel berlangsung?

Laga ini akan dimainkan pada Rabu dini hari dengan waktu sepak mula pada pukul 01.45 WIB. Anda bisa menyaksikan laga ini di channel BT Sport bagi yang berdomisili di UK atau menyaksikan via BEIN Sports 1 bagi yang memakai tv berbayar. Wasit Ruddy Buquet asal Prancis akan menjadi pengadil pada pertandingan ini.

Bagaimana sejarah singkat FC Basel?

Didirikan pada 1893, RotBlau mulai dipandang sebagai tim terkuat di Swiss ketika memenangi tujuh dari 13 musim kompetisi Liga dalam rentang 1967 hingga musim 1980. Akan tetapi setelah gelar Liga terakhir yang mereka dapatkan pada musim 1979/1980, mereka harus menunggu selama 32 tahun (musim 2001/2002) untuk kembali menguasai Liga.

Dominasi mereka kemudian sulit dipatahkan dimana sejak 2003/2004 mereka memenangi 11 gelar liga dan hanya tiga kali gagal. Bahkan mereka selalu keluar sebagai juara Liga sejak 2009/2010. Total mereka sudah memiliki 20 gelar Liga Swiss dan hanya berselisih tujuh dari Grasshopper sebagai pemilik titel Liga terbanyak. Mereka juga menjadi tim Swiss yang rajin mengikuti kompetisi di Eropa sejak 1999/2000.

Bagaimana Kiprah FC Basel musim Ini?

Dari tujuh pertandingan yang sudah dijalani musim ini, mereka hanya mampu meraih tiga kemenangan dan sudah dua kali menderita kekalahan. Jauh lebih buruk jika dibandingkan musim lalu dimana mereka memenangi 15 dari total 18 pertandingan awal. Dua kekalahan yang sudah diterima bahkan adalah jumlah kekalahan mereka sepanjang musim lalu di kompetisi Liga.

Ketajaman mereka pun sedikit menurun dimana dari tujuh pertandingan awal mereka hanya mampu menciptakan 11 gol. Jumlah tersebut hanya setengahnya dari yang mereka lakukan selama tujuh pertandingan pada musim lalu. Kehilangan Seydou Dombia yang harus kembali ke AS Roma menjadi faktor menurunnya ketajaman mereka.

Siapa manajer FC Basel?

Sepeninggal Urs Fischer yang tidak memperpanjang kontrak, Basel memilih mengorbitkan Raphael Wicky sebagai pengganti. Pria 40 tahun ini sebelumnya adalah manajer Basel U21. Wicky merupakan mantan pemain yang membawa Werder Bremen menjuarai DFB Pokal pada 1999. Ini merupakan pengalaman pertama baginya memipin tim utama. Sebelumnya ia lebih banyak menukangi tim muda FC Thun dan Servette.

Siapa saja pemain kunci kedua kesebelasan?

Manchester United tentu masih mengandalkan Romelu Lukaku sebagai ujung tombak. Striker nasional Belgia tentu berhasrat ingin mencetak gol mengingat ini adalah laga pertamanya di kompetisi Liga Champions. Sebelumnya Lukaku sudah mencetak gol ketika mereka takluk 1-2 dari Real Madrid di Piala Super Eropa.

Kehilangan top skor musim lalu, Seydou Doumbia, membuat Basel harus bergerak mencari striker baru. Pilihan kemudian jatuh kepada mantan pemain Vitesse Arnhem, Ricky Van Wolfswinkel. Sejauh ini ia sudah membuat enam gol dari enam pertandingan liga. United bukan lawan yang asing bagi Ricky mengingat ia pernah menghadapi United ketika masih membela Norwich.

Siapakah yang akan mencuri perhatian?

United sudah pasti akan menurunkan duo bek tengah Lindelof dan Smalling pada pertandingan ini. Keduanya diharapkan mampu tampil baik mengingat ini kali kedua mereka dipasangkan bersama setelah Piala Super Eropa lalu. Sementara itu, Taulant Xhaka akan mencoba meredam kreatifitas Paul Pogba dan Henrik Mkhitaryan. Sepeninggal sang Adik Granit, lini tengah FCB kini menjadi tanggung jawab pria yang berusia 25 tahun tersebut.

Bagaimana rekor pertemuan kedua kesebelasan?

Mereka sudah empat kali bertemu dengan masing-masing meraih satu kemenangan. Menariknya kemenangan yang diraih United terjadi di markas Basel. Sementara dua pertandingan di Old Trafford berakhir imbang. Pertemuan terakhir terjadi pada Desember 2011. Ketika itu, Basel yang masih diperkuat Xherdan Shaqiri dan Alexander Frei mengalahkan United 2-1 sekaligus menyingkirkan Iblis Merah dari fase Grup.

Perkiraan Formasi:

MANCHESTER UNITED:

De Gea, Valencia, Lindelof, Smalling, Blind, Matic, Pogba, Mikhitaryan, Rashford, Mata, Lukaku

FC BASEL:

Vaclik, Suchy, Akanji, Balanta, Zuffi, Lang, El Younossi, Xhaka, Steffen, Bua, Van Wolfswinkel

Facebook Comments
Loading...

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola