OUR NETWORK

Scouting the Enemy: Burnley

Natal adalah perayaan, dan perayaan berkorelasi dengan kata bahagia. Namun bagi Manchester United, Natal tahun ini justru disambut dengan perasaan muram. Kehilangan gelar Piala Liga, ditambah jarak yang melebar menjadi 13 poin adalah kado Natal yang harus diterima United tahun ini.

Setan Merah masih punya kesempatan untuk menyambut Tahun Baru dengan perasaan bahagia. Salah satunya adalah dengan mengalahkan Burnley pada Selasa (26/12) nanti.

Kapan Laga MU vs Burnley dimainkan?

Manchester United akan memainkan laga ini pada Selasa (26/12) di Old Trafford dengan sepak mula dimulai pada pukul 22.00 WIB. Laga ini nantinya akan dipimpin oleh Martin Atkinson, wasit yang juga memimpin boxing day United pada musim lalu. Pertandingan ini sendiri ditayangkan di channel Bein Sports1.

Bagaimana sejarah singkat Burnley?

Klub ini didirikan pada 18 Mei 1882. Lima bulan setelah berdiri, klub ini memainkan pertandingan sepakbola pertamanya menghadapi Astley Bridge. Musim1888/1889 adalah kali pertama Clarets bermain di kompetisi Liga. Pada 1914, klub ini menjuarai Piala FA untuk pertama kalinya. Dan pada 1921, mereka menjuarai Divisi I untuk pertama kalinya.

Masa kejayaan Burnley terjadi ketika mereka mendapat kesempatan bermain di Piala Champions musim 1960/61. Mereka mendapatkan kesempatan tersebut setelah menjuarai Liga di musim sebelumnya. Mereka bahkan selalu masuk empat besar dalam tiga musim setelahnya.

Sayangnya kejayaan tersebut terhenti ketika mereka mulai sering terdegradasi dari Divisi Utama. Mereka bahkan pernah terdampar hingga Divisi Empat. Musim 2009/10 adalah pertama kalinya Burnley mencicipi kompetisi tertinggi sebelum terdegradasi kembali di akhir musim. Hal serupa kembali terulang pada musim 2014/2015. Musim ini adalah untuk pertama kalinya Burnley bisa bertahan dua musim beruntun di Premier League.

Bagaimana performa Burnley musim ini?

Musim ini Burnley mengalami perkembangan yang sangat pesat. Di awal musim mereka tampil mengejutkan dengan mengalahkan Chelsea dan menahan imbang Spurs dan Liverpool. Ketiganya dilakukan dalam partai tandang. Mereka bahkan hanya kalah dua kali dan meraih enam kemenangan dari delapan laga sepanjang Oktober hingga pertengahan Desember lalu. Sayangnya dalam dua laga terakhir klub ini gagal meraih kemenangan karena bermain imbang melawan Brighton dan dikalahkan Spurs di kandangnya sendiri.

Siapa manajer Burnley dan bagaimana taktiknya?

Sudah lima tahun Burnley mempercayakan kursi manajer dipimpin oleh Sean Dyche. Dan pada musim ini, Dyche mampu membuat Burnley menjadi kesebelasan yang disegani di Premier League. Musim ini mereka dikenal kuat dalam hal pertahanan. Dalam penerapannya, empat pemain belakang Burnley akan berada di dalam kotak penalti dibantu oleh empat pemain gelandang yang berada di depan empat pemain belakang.

Alih-alih disebut Parkir Bus, para Pundit menyebut taktik Burnley ini sebagai two banks of four. Para pemain belakang Burnley akan mempersempit ruang gerak di tengah posisi dua bek tengah yang memaksa tim lawan mengalirkan bola ke sayap. Umpan silang ini yang dinantikan oleh para bek tengah mereka karena mereka memiliki dua bek tengah yang handal dalam duel udara, Ben Mee dan Kevin Long (James Tarkowski absen). Tentu saja, United harus kerja ekstra keras untuk bisa membongkar lini belakang Burnley.

Siapa saja pemain kunci Burnley dan MU?

Romelu Lukaku diharapkan kembali mencetak gol di Old Trafford. Seandainya gagal maka ia diharapkan mampu memberikan umpan kunci seperti ketika melawan Leicester, Minggu lalu. Akan tetapi, para pemain United harus waspada terhadap Nick Pope. Pria 25 tahun ini tentu berhasrat untuk bisa mengulangi penampilan cemerlang Tom Heaton musim lalu. Sejauh ini, ia sudah membuat delapan kali nirbobol. Berselisih dua dari David De Gea.

Siapakah yang akan mencuri perhatian?

United bisa mengandalkan Juan Mata untuk mencetak gol layaknya pekan lalu. Umpan-umpan matang pria Spanyol ini diharapkan dapat melayani para pemain depan United. Sementara itu, meski memiliki lini belakang solid, Burnley tidak memiliki penyerang yang tajam. Meski begitu lini belakang United harus mewaspadai Chris Wood yang sudah mencetak 4 gol musim ini.

Bagaimana rekor pertemuan kedua kesebelasan?

Kedua tim sudah bertanding 124 kali dengan United memenangi 59 laga dan Burnley memiliki 44 laga. Setan Merah juga hanya kalah satu kali sejak 1969. Musim lalu, United hanya bermain imbang tanpa gol di Old Trafford dan menang 2-0 ketika bertandang.

Perkiraan Formasi:

 

MANCHESTER UNITED:

David De Gea, Victor Lindelof, Marcos Rojo, Phil Jones, Ashley Young, Paul Pogba, Nemanja Matic, Jesse Lingard, Juan Mata, Marcus Rashford, Romelu Lukaku

BURNLEY:

Nick Pope, Phil Bardsley, Ben Mee, Kevin Long, Charlie Taylor, Jack Cork, Stevan Defour, Johan Berg Gudmunsson, Scott Arfield, Jeff Hendrick, Chris Wood

Comments

Loading...