OUR NETWORK

Scouting the Enemy: Colchester United

Sorak-sorai terjadi saat para penggawa Colchester United akan dipertemukan dengan Manchester United pada babak perempat final Piala Liga. Tidak pernah dibayangkan bagi mereka semua bisa bermain di stadion sebesar Old Trafford dengan penonton yang melebihi 50 ribu orang.

Tengah pekan ini, laga tersebut akan dimulai. United bertekad untuk mengalahkan mereka demi membuka peluang mereka untuk meraih gelar keenam pada ajang ini sekaligus memberikan kesan yang manis kepada Ole Gunnar Solskjaer. Namun di sisi lain, Colchester juga bertekad untuk memberikan kejutan layaknya yang dilakukan Rochdale pada babak 32 besar lalu.

Untuk menambah bekal para pembaca terkait kesebelasan ini, berikut adalah profil singkat dari kesebelasan yang sebelumnya belum pernah mencicipi babak perempat final.

Kapan Laga Man United vs Colchester United dimainkan?

Hasil seri 1-1 melawan Everton membuat gusar Ole Gunnar Solskjaer. Ia langsung menggaransi kalau timnya akan lebih baik ketika melawan Colchester. Laga ini sendiri akan dimainkan pada hari Kamis (19/12) dini hari dengan waktu sepak mula yaitu pukul 03.00 WIB. Bagi yang ingin menyaksikan pertandingan ini, Anda bisa menontonnya secara streaming di Mola TV.

Bagaimana Sejarah Singkat Colchester United?

Kesebelasan ini berdiri pada tahun 1873 dengan nama Colchester Town. Pada 1937, Colchester Town yang sebelumnya merupakan tim amatir, berubah menjadi tim profesional dengan nama Colchester United. Semenjak berganti nama, tim ini lebih banyak bermain di Southern Football Leagua, kompetisi yang sekarang menjadi divisi tujuh dan delapan sepakbola Inggris.

Butuh waktu 12 tahun bagi mereka merasakan Divisi Tiga. Akan tetapi,, hingga 40 tahun berikutnya tim ini hanya berkutat pada Divisi Tiga dan Empat tanpa pernah mencicipi kompetisi Divisi dua.

Pada 1998, tim ini mencatatkan sejarah dengan promosi ke League One untuk pertama kalinya. Delapan tahun kemudian, untuk pertama kalinya mereka mencicipi Championship Division. Akan tetapi, mereka hanya bertahan dua musim sebelum kembali ke League One. Pada akhir musim 2015/16, klub ini terdegradasi ke League Two dan bertahan hingga saat ini.

Bagaimana Performa Mereka Musim Ini?

Saat ini, tim-tim League Two rata-rata sudah memainkan 20 laga. Colchester sendiri untuk sementara berada pada urutan kesembilan klasemen sementara dengan poin 31. Mereka hanya berjarak tiga angka dari Northampton yang berada pada peringkat tujuh yang menjadi batas akhir untuk mendapatkan tiket play-off promosi. Yang menarik, Colchester sudah enam pertandingan beruntun tidak merasakan kekalahan.

Siapa Manajer Mereka?

Sejak 2016, mereka dipimpin oleh John McGreal. Pria kelahiran Liverpool ini adalah mantan pemain sepakbola yang kariernya lebih banyak dihabiskan untuk kesebelasan gurem macam Tranmere Rovers, Ipswich Town, dan Burnley. Ia menggantikan Kevin Keen yang meninggalkan klub setelah mereka dipastikan terdegradasi.

Sejak dipegang oleh John, penampilan Colchester bisa dibilang cukup baik meski belum ada prestasi signifikan. Pada Januari 2017, ia memenangi penghargaan manager of the month di League Two untuk bulan Desember dan membuat namanya menjadi manajer Colchester pertama yang bisa meraih gelar tersebut setelah Paul Lambert pada 2009.

Siapa Pemain Kunci Mereka?

Cukup sedikit pemain yang bisa dibilang menonjol dari klub ini. Namun jika harus memilih, maka nama Luke Norris mungkin patut diwaspadai. Pemain berusia 26 tahun ini adalah top skor klub sementara dengan torehan tujuh gol. Enam gol diantaranya dibuat hanya pada ajang liga.

Luke sebenarnya bukan penyerang yang tajam. Musim lalu, ia bahkan hanya membuat delapan gol. Namun mengingat pada musim ini dia sudah mencetak tujuh gol, maka ia butuh satu gol saja untuk menyamai catatan terbaiknya tersebut. Dan itu akan terasa manis jika ia melakukannya ke gawang Setan Merah.

Apakah United Pernah Bertemu Colchester Sebelumnya?

Ya, tapi itu sudah sangat lama sekali. Mereka bertemu dua kali yang masing-masing terjadi pada ajang Piala FA dan Piala Liga. Pertemuan pertama terjadi pada babak lima Piala FA 1978/79. Saat itu, United bermain tandang dan menang tipis 1-0 melalui gol Jimmy Greenhoff. Empat tahun kemudian mereka bertemu pada babak tiga Piala Liga. United lagi-lagi meraih kemenangan kali ini dengan skor 2-0 melalui gol Gordon McQueen dan Remi Moses.

Comments

Loading...