OUR NETWORK

United vs Crystal Palace: Titik Balik untuk Posisi yang Lebih Baik

Jeda internasional 2018 sudah berakhir. Sekarang, para pemain bisa fokus bersama klubnya masing-masing setidaknya hingga bulan Maret 2019 mendatang. Tidak terkecuali Manchester United. Mereka harus fokus untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen sementara Premier League yang untuk sementara terjebak di urutan kedelapan.

Sabtu ini United akan berhadapan dengan Crystal Palace di stadion Old Trafford. Tiga poin penuh tentu menjadi sasaran anak asuh Jose Mourinho. Kemenangan melawan The Eagles bisa membawa mereka ke urutan keenam klasemen sementara mengingat Bournemouth dan Watford diprediksi akan kehilangan poin ketika menghadapi Arsenal dan Liverpool.

Laga melawan Crystal Palace harus menjadi titik awal bagi Manchester United untuk bangkit. Jose Mourinho menargetkan (minimal) posisi keempat sudah bisa direngkuh ketika kompetisi sudah memasuki bulan Desember.

Berkaca dari jadwal pertandingan, United seharusnya mudah untuk menyelesaikan target tersebut. Termasuk Palace, mayoritas lawan yang akan dihadapi pada delapan laga selanjutnya tergolong ringan. Hanya Arsenal dan Liverpool saja yang mungkin bisa mengimbangi Setan Merah. Sisanya, mereka akan menghadapi Southampton, Fulham, Cardiff, Huddersfield, dan AFC Bournemouth.

Akan tetapi United diragukan bisa menurunkan skuat terbaiknya akhir pekan nanti. Mereka sudah pasti kehilangan Luke Shaw karena akumulasi kartu. Beruntung United sudah bisa memainkan Victor Lindelof yang barus saja membuat gol internasional keduanya. Kehilangan Luke Shaw juga bisa diakali dengan mengembalikan Ashley Young di kiri lalu memainkan salah satu di antara Antonio Valencia dan Diogo Dalot. Nama terakhir dijagokan untuk melakoni debut di Liga Primer pada hari ini.

Masalah paling pelik justru terjadi di lini depan. Paul Pogba, Romelu Lukaku, Anthony Martial, dan Marcus Rashford, membawa masalah selepas membela negaranya masing-masing. Hal ini sungguh berbahaya mengingat stok pemain depan United menipis. Dalam koferensi pers terakhirnya, Mourinho menyebut kalau seluruh pemain depan United siap tampil hari ini.

Di sisi lain, tim tamu juga mengalami masalah yang serupa. Mereka kemungkinan besar kehilangan Wilfried Zaha yang absen karena mengalami cedera. Palang pintu James Tomkins juga diragukan untuk tampil. Begitu pun dengan Aaron Wan-Bissaka, Christian Benteke, dan Scott Dann, yang bermasalah dengan kebugaran.

Setan Merah punya keuntungan yang cukup besar untuk meraih tiga poin. Selain catatan pertemuan mereka yang belum pernah kalah menghadapi Palace di Premier League (15 menang dan tiga kali imbang), Palace juga belum meraih kemenangan sejak melawan Huddersfield pada September lalu. Dalam tujuh pertandingan setelahnya, mereka hanya meraih dua poin dan lima kali menderita kekalahan.

Meski diunggulkan, namun United juga harus waspada mengingat Palace bisa tampil mengejutkan menghadapi tim-tim besar. Arsenal sukses mereka tahan 2-2 sementara Tottenham Hotspur hanya menang tipis 1-0 dan cukup kerepotan menghadapi serangan sayap The Eagles.

Apabila lini belakang United kembali tampil pas-pasan, maka bukan tidak mungkin Palace mampu mencuri minimal satu poin dari Old Trafford. Anak asuh Roy Hodgson tentu akan menjadikan sisi sayap mereka sebagai inti serangan. Kecepatan Patrick van Aanholt di sisi kiri bisa saja menjadi tumpuan untuk mencari gol melalui umpan cut back nya yang mematikan.

Peran winger akan dominan dalam serangan Crystal Palace yang kemungkinan akan menggunakan 4-4-2. Selain Van Aanholt di kiri, sisi kanan juga akan terbantu dengan sosok Andros Townsend. Mantan pemain Tottenham ini akan menggantikan peran Zaha yang mengalami cedera. United harus sebisa mungkin menahan gempuran dua pemain ini apabila ingin mengincar kemenangan sekaligus membawa pulan clean sheet.

Perkiraan Formasi:

MANCHESTER UNITED:

David de Gea, Diogo Dalot, Chris Smalling, Victor Lindelof, Ashley Young, Nemanja Matic, Ander Herrera, Paul Pogba, Jesse Lingard, Anthony Martial, Marcus Rashford

CRYSTAL PALACE:

Wayne Hennessey, Joel Ward, James Tomkins, Mamadou Sakho, Patrick van Aanholt, James McArthur, Chikhou Kouyate, Luke Milivojevic, Max Meyer, Andros Townsend, Jordan Ayew

Comments