OUR NETWORK

United vs Crystal Palace: Mengikis Aura Negatif

Setelah mendapat libur ekstra karena menjadi salah satu tim Inggris yang melangkah paling jauh di kompetisi Eropa hingga harus melewatkan pekan pertama Premier League, Manchester United akhirnya kembali bermain pada Sabtu (19/9/2020) pukul 23.30 WIB. Anak asuh Ole Gunnar Solskjaer ini akan memulai kiprahnya di Premier League dengan menghadapi Crystal Palace.

Sukses menempati peringkat ketiga pada musim penuh pertamanya membuat Ole Gunnar Solskjaer dituntut untuk bisa memberi prestasi yang lebih baik lagi pada musim ini. Maklum saja, sudah tujuh musim mereka tidak bisa mengangkat piala Premier League. Selisih gelar mereka dengan Liverpool juga tinggal satu. Apabila The Reds kembali menjadi juara, maka mereka akam berbagi singgasana sebagai yang terbaik di Inggris.

Jelang dimulainya musim ini, Manchester United justru diliputi aura negatif. Suara-suara sumbang dari para penggemar terkait aktivitas klub di bursa pembelian pemain kembali muncul. Musim ini, United sebenarnya sudah mendapat Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam. Namun bagi klub yang ingin kembali menjadi penguasa liga, satu nama jelas tidak cukup. Apalagi banyak lini yang harus dibenahi oleh Ole.

Namun, hingga saat ini belum ada tanda-tanda kalau akan ada pemain kedua yang datang. Negosiasi dengan Sancho masih menggantung. Pembicaraan kepada Reguilon juga hanya sebatas kepada perwakilan si pemain saja dan tidak ada negosiasi lebih lanjut.

“Saya paham kalau penggemar frustrasi karena mereka ingin melihat komposisi pemain terbaik dalam skuad kami. Tim terbaik yang bisa mereka saksikan karena kami punya sejarah dengan pemain-pemain brilian di sini. Kami selalu mencoba untuk meningkatkan kualitas tim saat kesempatan itu ada. Kami masih berusaha saat ini,” kata Ole Gunnar Solskjaer.

Kekesalan penggemar membuat klub merasa frustrasi. Dilkutip dari ESPN, pihak klub kecewa dengan sikap penggemar yang terus berbicara negatif tentang pergerakan mereka di bursa transfer. Mereka khawatir kalau serangkaian kritik tajam yang didapat bisa memberikan pengaruh negatif bagi klub pada perjalanan mereka di Premier League.

Aura negatif tersebut coba dikikis oleh Manchester United. Caranya adalah dengan mengalahkan Crystal Palace akhir pekan nanti. United tidak punya kesulitan tiap kali mengawali kompetisi Premier League. Dalam satu dekade terakhir, mereka hanya dua kali kalah pada pertandingan pertama di Premier League.

Jelang laga ini, publik menanti apakah rekrutan anyar United, Donny van de Beek, akan bermain sejak menit awal. Sejak kedatangannya, penggemar United masih dibuat bingung akan ditempatkan di mana penggawa Belanda tersebut mengingat United sudah memiliki struktur yang solid di lini tengah dengan trio Matic, Pogba, dan Bruno.

Selain itu, mereka juga hanya bermain satu kali di pra-musim melawan Aston Villa.. Ole sendiri mengungkapkan kalau Donny bisa bermain sejak awal pertandingan. Si pemain dilaporkan dalam kondisi bugar dan memberi perkenalan yang bagus pada laga melawan Villa.

Namun, Palace tetap tidak bisa dipandang remeh. Mereka mengawali Premier League dengan meraih kemenangan 1-0 atas Southampton. Rekrutan baru seperti Eberechi Eze dan pemain jebolan akademi Palace, Tyrick Mitchell, bermain apik pada laga pertama. Keduanya meningkatkan sedikit kualitas di sisi sayap yang menjadi kekuatan mereka. Belum lagi Wilfried Zaha yang menjadi sumber ancaman mereka melalui pergerakannya di sisi kiri lapangan.

Musim lalu, Palace mengalahkan United di Old Trafford dengan skor 2-1. Kekalahan itu menjadi kekalahan pertama United atas Palace sejak 1991. Hasil itu tentu menjadi modal bagi anak asuh Roy Hodgson untuk bisa kembali mencari kemenangan kedua.

Perkiraan Susunan Pemain

MANCHESTER UNITED: David de Gea, Aaron Wan-Bissaka, Harry Maguire, Victor Lindelof, Luke Shaw, Donny van de Beek, Paul Pogba, Bruno Fernandes, Anthony Martial, Mason Greenwood, Marcus Rashford

CRYSTAL PALACE: Vicente Guaita, Joel Ward, Cheikhou Kouyate, Scott Dann, Tyrick Mitchell, Andros Townsend, James McArthur, James McCarthy, Jefrey Schlupp, Wilfried Zaha, Jordan Ayew

Comments

Loading...