OUR NETWORK

Sheffield United vs Man United: Melunakkan Pertahanan The Blades

Sambil menunggu Liga Europa kembali dimulai, Manchester United harus bisa mengamankan diri mereka untuk bisa lolos ke Liga Champions dengan finis pada empat besar. Syaratnya adalah dengan mengalahkan satu per satu rival mereka. Langkah itu harus dimulai dengan mengalahkan Sheffield United tengah malam nanti.

Sehari kemudian, Chelsea akan menghadapi Manchester City. Besar kemungkinan The Blues akan kehilangan poin mengingat City masih berusaha untuk menghambat pesta kilat yang akan dilakukan Liverpool. Tiga poin yang akan didapat United dari Sheffield nanti berguna untuk memberikan tekanan psikologis kepada juara Europa League musim lalu.

United tidak boleh lagi kehilangan poin. Selain tertinggal lima angka dari Chelsea, mereka juga hanya unggul selisih gol dari Wolves dan dua poin dari Sheffield. Jika kalah, maka United akan turun ke posisi tujuh. Jangan lupakan juga Spurs dan Crystal Palace yang masih mengincar satu tempat di Liga Europa.

Momentum United sedang bagus. Mereka belum terkalahkan dalam enam laga terakhir di Premier League. Total, sudah 12 pertandingan mereka tidak kalah di semua kompetisi. Selain itu, Setan Merah hanya sekali kalah menghadapi lawan sesama tim tujuh besar. Jangan lupakan pula kalau skuat mereka kini sudah kembali full team.

“Tidak ada lagi cedera tambahan dalam tim kami. Saya melihat pemain kami mampu melewati pertandingan melawan Tottenham. Mereka sempat kelelahan, namun kami bisa bermain 90 menit. Oleh karena itu, kami sudah siap untuk beraksi kembali,” kata Ole Gunnar Solskjaer pada konferensi pers kemarin (23/6/2020).

Publik Old Trafford mungkin memaklumi hasil imbang kemarin sebagai sebuah pemanasan. Para pemain mungkin kehilangan sentuhan karena sudah tiga bulan tidak bermain. Namun saat ini, tidak ada pengecualian untuk tidak meraih tiga poin. Lini tengah dan lini depan diharapkan bisa tampil lebih baik lagi dibanding laga melawan Spurs karena dari sinilah tumpuan United untuk mencetak gol mengingat mereka punya penyerang berkelas.

“Hari ini kami benar-benar main sangat dominan dan saya rasa kami menunjukkan bahwa kami bisa bermain melawan tim yang bertahan dalam dan mampu menciptakan peluang. Akan tetapi, kami harus tampil lebih tajam,” kata Ole selepas laga melawan Spurs.

Indikasi Rotasi

Meski full team, namun Kecenderungan rotasi tampaknya akan dilakukan Ole tengah pekan nanti. Jarak pertandingan yang sempit membuat sang manajer harus pintar-pintar menjaga kebugaran anak asuhnya.

“Kedalaman tim ini sangat kuat, dan ketika pertandingan memasuki 15-20 menit terakhir maka keadaan menjadi lebih terbuka. Untuk itu, Anda butuh pemain segar yang bisa membuat perbedaan, dan kami memiliki beberapa pemain yang memberikan dampak besar saat masuk ketika melawan Spurs,” ujar Ole.

Beberapa pemain yang tidak main melawan Spurs kemungkinan akan dimainkan pada laga melawan Sheffield nanti. Mason Greenwood tampaknya akan mengisi posisi Daniel James yang bermain berantakan pada laga melawan Spurs beberapa waktu lalu. Selain itu, Victor Lindelof  juga diragukan tampil. Eric Bailly yang kemungkinan akan menjadi duet Harry Maguire.

Yang menarik adalah apakah Ole akan memainkan Pogba sejak awal. Pemain Prancis ini menjadi pembeda ketika United melawan Spurs. Sejak masuknya pemain Prancis ini, aliran bola ke lini depan menjadi lebih cair. Apalagi Sheffield adalah tim yang memiliki gaya permainan dengan menggunakan blok rendah. Sistem yang menjadi masalah Setan Merah tiap kali bertanding.

Satu keuntungan United pada pertandingan nanti adalah ketiadaan Dean Henderson. Kiper andalan Sheffield ini harus absen karena dia adalah pemain pinjaman dari United. Dia adalah salah satu bintang The Blades dan menempati posisi teratas kiper dengan clean sheets terbanyak bersama Nick Pope (Burnley).

Gawang Sheffield akan dijaga oleh kiper kedua mereka Simon Moore. Meski kualitas Simon di bawah Henderson, namun dengan kuatnya lini belakang Sheffield mereka bertekad untuk mencuri poin di Old Trafford malam nanti. Kuatnya pertahanan mereka akan diuji oleh para penyerang United yang pada pertemuan pertama lalu membuat pusing lini belakang mereka.

Perkiraan Susunan Pemain

SHEFFIELD UNITED:

Simon Moore, Chris Basham, Phil Jagielka, Jack Robinson, George Baldock, Sander Berge, Oliver Norwood, John Fleck, Enda Stevens, Billy Sharp, Oliver McBurnie

MANCHESTER UNITED:

David de Gea, Aaron Wan-Bissaka, Harry Maguire, Eric Bailly, Brandon Williams, Nemanja Matic, Paul Pogba, Bruno Fernandes, Marcus Rashford, Anthony Martial, Mason Greenwood

Comments

Loading...