in

Misi Balas Dendam Southampton atas Kekalahan di Final Piala Liga

Sejak kembali ke kompetisi Premier League pada musim 2012/2013, Southampton tidak pernah sekalipun meraih kemenangan atas Manchester United jika bermain sebagai tuan rumah. Dalam empat kali pertemuan di St. Mary Stadium mereka tiga kali mengalami kekalahan dan satu kali imbang. Musim lalu mereka takluk 2-3 pada September 2015 di mana dua gol Setan Merah saat itu dicetak Anthony Martial.

Akan tetapi, dalam laga yang akan berlangsung pada Kamis (18/5) dini hari WIB nanti, Soton berpeluang sedikit lebih besar dibandingkan United untuk meraih kemenangan. Selain di pertandingan terakhir mereka meraih kemenangan 2-1 atas Middlesbrough, mereka juga diuntungkan dengan kondisi Setan Merah yang sudah tidak serius lagi di kompetisi Premier League.

Kekalahan atas sang lawan di final Piala Liga akhir Februari lalu juga dapat dijadikan tajuk utama bagi The Saints untuk membalaskan dendamnya kepada United. Kala itu, Soton yang dapat mengejar selisih dua gol dari United, harus menderita kekalahan setelah sundulan Ibrahimovic di fase akhir pertandingan menggagalkan ambisi Soton untuk meraih gelar. Ibra juga yang menjadi aktor kemenangan Setan Merah lewat dua golnya di pertemuan pertama musim ini di Old Trafford.

Akan tetapi Ibra sudah pasti tidak akan turun di laga ini karena cedera lutut yang dialaminya. Selain itu Claude Puel selaku manajer Soton mengungkapkan bahwa laga nanti akan jauh berbeda dibandingkan saat timnya takluk di Wembley. Ia lebih menginginkan timnya untuk fokus saja di dua laga sisa Premier League dan berusaha untuk menghibur para supporter yang hadir.

“Ini bukan tentang balas dendam di Wembley karena kejadian itu sudah lama terjadi dan penting bagi kami untuk tetap fokus kepada laga ini sebagai laga premier league. Mereka (United) selalu bermain setiap tiga hari dan itu juga yang kami alami sekarang. Maka dari itu penting bagi kami untuk tetap memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan membuat para penggemar kami bangga. Itu yang lebih penting,” ujar Puel di situs resmi Soton.

Manajer yang membawa Monaco juara Liga Prancis tahun 2000 ini juga bisa kembali menurunkan pemain-pemain utamanya yang pekan lalu disimpan di laga melawan Middlesbrough. Selain itu juara Piala FA 1976 ini juga bisa kembali memainkan striker mereka Charlie Austin. Mantan pemain QPR ini adalah pahlawan dalam kemenangan The Saints di Old Trafford musim lalu.

Di sisi lain Iblis Merah kemungkinan besar sudah bisa diperkuat oleh pemain muda mereka Timothy Fosu Mensah. Pemain tengah mereka Marouane Fellaini sudah kembali dari masa skorsingnya di tiga pertandingan. Mantan pemain Everton tersebut bahkan sudah diberikan garansi oleh Mourinho untuk turun sejak awal di laga melawan Soton nanti.

Daley Blind dan Paul Pogba kemungkinan besar juga tidak bermain. Blind diistirahatkan untuk laga Europa League sementara Pogba akan pulang ke Prancis karena ayahnya yang meninggal dunia. Besar kemungkinan Setan Merah akan menurunkan susunan pemain yang tidak jauh berbeda saat mereka kalah melawan Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Bahkan sebuah surat kabar di Inggris menyebut mantan manajer Real Madrid tersebut berpeluang untuk memberikan kesempatan debut bagi beberapa pemain macam Joel Pereira dan Dimitri Mitchell. Sebuah sikap yang seolah-olah menegaskan bahwa konsentrasi mereka sudah berada di Stockholm.

“Apa yang saya inginkan dari pemain saya adalah sebuah sikap positif, spirit untuk tim, serta pengertian bahwa kita harus mengorbankan sesuatu (Premier League) untuk hal lain yang lebih baik (Europa League),” tutur Jose di situs resmi United.

Ia menambahkan,”Jadi saya akan merotasi beberapa pemain. Blind tidak akan bermain lawan Southampton namun Fellaini bisa karena tidak bermain di tiga laga. Namun yang pasti saya tidak mungkin untuk menaruh empat sampai lima anak-anak di laga ini secara bersamaan.”

Manchester United memang sudah dipastikan untuk gagal finis di posisi empat besar dalam dua musim berturut. Akan tetapi banyak para penggemar United yang sebenarny menginginkan timnya tetap menurunkan pemain utamanya di laga ini. Hal ini setidaknya berguna sebagai “pertandingan pemanasan” bagi para pemain utama United macam Herrera, Mkhitaryan, serta Marcus Rashford jelang pertandingan final Europa League melawan Ajax Amsterdam.

Perkiraan Formasi

SOUTHAMPTON

Forster, Cedric, Stephens, Yoshida, Bertrand, Davis, Romeu, Ward Prowse, Tadic, Redmond, Gabbiadini.

MANCHESTER UNITED

De Gea, Bailly, Jones, Smalling, Tuanzebe, Darmian, Carrick, Fellaini, Mata, Martial, Rooney.

Facebook Comments
Loading...

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola