OUR NETWORK

Manchester United vs Arsenal: Hati-Hati Lini Belakang

Masalah tampaknya tidak mau lepas dari kubu Manchester United. Selain performa mereka yang masih inkonsisten, Setan Merah mendapat kabar buruk jelang pertandingan menghadapi Arsenal pada tengah pekan nanti (6/12). Skuat asuhan Jose Mourinho diterpa krisis pemain terutama di lini belakang.

Hampir seluruh pemain belakang United akan absen pada pertandingan nanti. Eric Bailly menderita cedera leher, Chris Smalling cedera kaki, Antonio Valencia, Victor Lindelof, dan Matteo Darmian mengalami cedera paha, serta Ashley Young mendapatkan hukuman akumulasi kartu.

Hal ini tentu saja memberikan rasa khawatir terutama bagi para penggemar United. Dengan lini belakang yang lengkap saja, United masih gampang kebobolan. Lantas, bagaimana performa lini belakang mereka saat menghadapi gempuran Pierre Emerick Aubameyang dan kawan-kawan?

Saat ini hanya ada empat pemain belakang saja yang siap tampil yaitu Diogo Dalot, Phil Jones, Marcos Rojo, dan Luke Shaw. Tampaknya mereka ini yang nantinya akan menghiasi starting eleven. Mourinho tentu akan terus berdoa salah satu dari mereka tidak ada yang mengalami cedera di tengah pertandingan.

“Kami akan memiliki masalah mengenai siapa saja pemain yang berada dalam kondisi siap main dan yang mana yang tidak. Kami harus melakukan kompensansi dan adaptasi untuk menyeimbangkan tim ini. Saya percaya kami memiliki semangat untuk bertarung dan mencoba memenangi laga nanti,” tutur Mourinho dalam konferensi pers.

Bukan tidak mungkin Mourinho akan kembali memasang pola yang sama seperti laga melawan Southampton. Ketika itu, Mourinho menurunkan satu bek tengah yang ditemani oleh dua gelandang di sisi kiri dan kanan. Akan tetapi, skema ini kerap berjalan tidak efektif mengingat lini belakang mereka masih rentan untuk diserang.

United sendiri akan menghadapi Arsenal yang sangat superior musim ini. Setelah kalah dari Chelsea pertengahan Agustus lalu, mereka tidak terkalahkan selama 19 pertandingan. Pekan lalu, mereka bahkan sukses mengalahkan Tottenham Hotspur sehingga memberikan kepercayaan diri jelang menghadapi United.

“United adalah rival kami untuk meraih posisi empat besar. Mereka saat ini tertinggal delapan poin, tetapi mereka tetap Manchester United, sebuah tim besar dengan manajer top. Mereka akan menjamu kami di kandang mereka. Ini akan menjadi laga yang sulit,” tutur penggawa mereka, Lucas Toreira.

Penggawa Uruguay ini terlihat sudah nyaman memainkan skema 3-4-3 yang sekarang sedang dipatenkan oleh Emery. Ia bisa menjadi ball winning saat situasi bertahan dan akan menjalankan peran sebagai deep playmaker ketika menguasai bola. Para pemain tengah sebisa mungkin harus memutus aliran bola dari Toreira yang terbilang sangat berbahaya.

The Gunners sendiri kehilangan Granit Xhaka dan Mesut Ozil yang sama-sama mengalami cedera. Meski begitu, kehilangan kedua pemain ini nampaknya tidak akan berdampak besar bagi skuad Unai Emery. Posisi Xhaka bisa diisi oleh Mateo Guendouzi atau Aaron Ramsey sementara kehilangan Ozil bisa diisi dengan menggeser posisi Alexander Lacazette atau memainkan Alex Iwobi.

Arsenal tentu berharap ketajaman Aubameyang kembali berlanjut tengah pekan nanti. Dua golnya dalam partai derby, membuat koleksi golnya musim ini menyentuh angka 10. Ketajaman striker Gabon ini tentu saja harus diwaspadai para pemain belakang United.

Satu-satunya yang menghambat peluang Arsenal untuk menang di laga esok adalah rekor mereka yang buruk di Teater Impian. Terakhir kali mereka menang di kandang United adalah pada 17 September 2006. Saat itu, gol Adebayor membawa mereka menang tipis 1-0. Setelah itu, mereka menderita delapan kali kalah dalam 11 pertemuan berikutnya.

Selain itu, rekor Unai Emery menghadapi Jose Mourinho terbilang cukup buruk. Ia belum pernah sekalipun mengalahkan Mourinho dalam lima pertandingan (satu imbang, empat kalah). Akan tetapi, kali ini Unai memiliki peluang untuk mengalahkan Mourinho yang timnya saat ini tengah limbung.

Perkiraan Formasi

MANCHESTER UNITED:

David de Gea, Diogo Dalot, Phil Jones, Marcos Rojo, Luke Shaw, Nemanja Matic, Ander Herrera, Paul Pogba, Anthony Martial, Marcus Rashford, Romelu Lukaku

ARSENAL:

Bern Leno, Skhodran Mustafi, Sokratis Papastathopoulos, Rob Holding, Hector Bellerin, Lucas Toreira, Mateo Guendouzi, Sead Kolasinac, Henrikh Mkhitaryan, Alex Iwobi, Pierre Emerick Aubameyang

Comments