OUR NETWORK

Man United vs Young Boys: Jangan Lagi Terpeleset

Lupakan hasil laga melawan Crystal Palace. Manchester United harus fokus pada laga Rabu (28/11) dini hari nanti menghadapi BSC Young Boys di Liga Champions Eropa. Kemenangan, disusul dengan kekalahan Valencia atas Juventus, akan memastikan langkah mereka ke babak 16 besar.

Akan tetapi, performa United kini sedang tidak meyakinkan. Dalam dua pertandingan terakhir di Premier League, mereka hanya meraih satu kekalahan dan satu hasil imbang. Skor tanpa gol menghadapi Palace pekan lalu membuat para penggemar mulai menyoraki penampilan Mourinho dan para pemainnya.

Baca juga: Tidak Efektif, Tidak Kreatif, dan Gampang Terbaca

Sementara itu, Young Boys berada dalam trek yang sangat positif. Setelah kekalahan melawan Luzern, mereka hanya menelan satu kekalahan yaitu ketika menghadapi Valencia. Sisanya, mereka memenangi lima pertandingan dan hanya meraih dua hasil imbang.

Young Boys tentu tidak ingin gagal lagi meraih tiga poin di Liga Champions. Seandainya mereka bisa mengejutkan publik Old Trafford, maka mereka membuka kesempatan untuk meraih satu tiket ke Liga Europa.

Baca juga: Jose Mourinho: Kami Harus Bermain Menggunakan Otak

Kesebelasan yang akrab dengan warna kuning ini memiliki peluang untuk mencuri poin di Teater Impian. Dalam beberapa musim terakhir, kandang United justru lebih ramah terhadap para tamu dibanding pemiliknya. Musim ini, United sudah empat kali tidak bisa mencetak gol di kandang. Dua diantaranya bahkan terjadi di Liga Champions ketika melawan Valencia dan Juventus. Tentu saja Young Boys bertekad untuk membuat para pendukung Setan Merah kembali menelan pil pahit di kandangnya sendiri.

United sendiri terancam kehilangan Victor Lindelof pada laga nanti. Ia bermain sambil memegang paha beberapa menit sebelum pertandingan usai. Pemain terbaik Swedia ini nampaknya akan diistirahatkan. Mourinho sendiri sebenarnya sudah memberi sinyal kalau akan ada rotasi di lini belakang jelang menghadapi Palace. Ketika itu, ia menyebut Eric Bailly punya potensi untuk bermain melawan Young Boys.

“Eric tidak akan bermain melawan Palace tapi Anda jangan terkejur jika dia akan bermain sejak menit awal pada tengah pekan nanti,” kata Mourinho.

Baca juga: Tak Parkir Bus, Mengapa Manchester United Tetap Sulit Mencetak Gol?

Rotasi nampaknya akan dilakukan oleh Mourinho mengingat penampilan para pemain utamanya bermain sangat buruk di laga melawan Palace. Skuad impian seperti pertemuan pertama bisa jadi akan kembali dilakukan Mourinho.

Setan Merah dituntut untuk tidak melewatkan kesempatan untuk meraih kemenangan di depan para pendukungnya. Caranya adalah dengan memaksimalkan peluang yang mereka dapat agar bisa dikonversi menjadi gol. Musim ini, lini depan United sedang memiliki masalah. Di liga domestik, mereka baru membuat 20 gol. Padahal rataan tembakan ke gawang mereka hanya kalah dari Manchester City. Ini membuktikan kalau lini depan mereka masih suka buang-buang peluang dan kerap bermain tidak efektif.

Sejauh ini, hanya Anthony Martial pemain depan United yang sudah mencetak gol di laga Eropa. Top skor mereka justru Paul Pogba. Romelu Lukaku sudah 11 pertandingan tidak membuat gol, Marcus Rashford dan Alexis Sanchez juga belum bisa berbuat banyak di Eropa. Diharapkan keempat pemain ini bisa membaik ketika berhadapan dengan Young Boys.

Selain itu, transisi setelah menyerang maupun bertahan juga harus ditingkatkan. Ketika melawan Palace, beberapa kali bek sayap United terlambat untuk turun terutama bek kanan yang diisi Matteo Darmian. Posisi ini nampaknya akan kembali diisi oleh Ashley Young mengingat Luke Shaw tidak bermain Sabtu lalu.

Di sisi lain, Young Boys bisa memakai pendekatan seperti yang mereka lakukan pada pertemuan pertama. Ketika itu, Young Boys langsung bermain agresif dan menekan lini belakang United. Dalam 10 menit, mereka bisa membuat tiga peluang berbahaya yang berasal dari kecepatan Miralem Sulejmani dan Christian Fassnacht.

Perkiraan Formasi

MANCHESTER UNITED:

David de Gea, Ashley Young, Chris Smalling, Eric Bailly, Luke Shaw, Nemanja Matic, Fred, Paul Pogba, Juan Mata, Anthony Martial, Marcus Rashford

BSC YOUNG BOYS:

David von Ballmoos, Kevin Mbabu, Sandro Lauper, Steve von Bergen, Loris Benito, Christian Fassnacht, Sekou Sanogo, Djibril Sow, Miralem Sulejmani, Roger Assale, Guillaume Hoarau

Comments