OUR NETWORK

Keterpurukan WBA yang Harus Dimaksimalkan Manchester United

Pekan lalu, Manchester United di luar dugaan berhasil melakukan Remontada (bangkit setelah tertinggal) terhadap tetangganya Manchester City. Kemenangan 3-2 secara mengejutkan membuat pesta juara yang diciptakan Manchester Biru harus ditunda. Pekan ini, United berpeluang kembali menunda pesta juara City hingga pekan ke-35 apabila mereka sanggup mengalahkan sang tamu West Bromwich Albion (WBA).

Akan tetapi, United harus menghadapi fakta kalau mereka mendapatkan jadwal padat. Dalam rentang tujuh hari, Setan Merah harus bermain sebanyak tiga kali. Setelah melawan WBA di hari Minggu, mereka kembali bertanding melawan Bournemouth pada hari Rabu sebelum pada Sabtu (21/4) mereka akan menjalani laga krusial melawan Tottenham di semifinal Piala FA.

Kemenangan tentunya harus diraih United apabila mereka ingin mempertahankan kepercayaan diri mereka yang sudah terbentuk sejak tumbang dari Sevilla. Mereka memiliki bekal positif dengan meningkatnya penampilan beberapa pemain dalam beberapa laga terakhir.

WBA yang Terpuruk di Musim Ini

Musim lalu, The Baggies merupakan salah satu kuda hitam di Premier League. Mereka berhasil finis ke-10 dan menjadi posisi tertinggi yang bisa diraih setelah dalam tiga musim sebelumnya hanya berada di papan bawah. Akan tetapi, permainan mereka musim ini bisa dibilang sangat buruk dan jauh berbeda dibanding musim lalu.

Setelah meraih kemenangan dalam dua pekan awal, WBA hanya meraih satu kemenangan saja dalam 31 pertandingan setelahnya. Dari 93 poin yang bisa diraih, mereka hanya mendapatkan 15 angka saja dengan rata-rata poin yang diraih per pertandingannya sebesar 0,16 poin per laga.

Sejak Desember, mereka terus-terusan berkutat di zona degradasi. Saat ini mereka masih berada di posisi terakhir, posisi yang sudah ditempati sejak akhir Januari. Hasil imbang melawan Swansea pekan lalu adalah poin pertama yang bisa diraih sejak kalah secara beruntun dalam delapan laga sebelumnya.

Terpuruknya WBA di musim ini bahkan membuat Jose Mourinho kaget. Dalam konferensi persnya Jumat kemarin, Jose tidak menyangka kesebelasan yang pernah menahan mereka musim lalu berada di papan bawah.

“Dengan kualitas yang mereka miliki, saya terkejut melihat posisi mereka saat ini. Namun, dalam olahraga semua hal masih terasa mungkin sampai secara matematis tidak memungkinkan. Setiap laga sisa musim ini, mereka akan berjuang mati-matian agar tidak mendekati relegasi,” ujarnya.

WBA tentu akan berjuang mati-matian setidaknya untuk meraih satu poin dari Old Trafford. Kekalahan yang disususul dengan kemenangan Crystal Palace atas Brighton akan memastikan mereka turun divisi sejak 2012. United tentu tidak mau rekor kandangnya yang sudah bagus tercoreng oleh Baggies.

Setan Merah yang Tidak Boleh Jemawa

United juga sebenarnya dituntut untuk meraih kemenangan. Selain demi kepercayaan diri jelang semifinal Piala FA, tiga poin akan membuat kesempatan mereka memastikan finis di empat besar terbuka lebar. Modal Paul Pogba cs pun terbilang sangat besar mengingat dalam lima laga terakhir, United selalu pulang membawa kemenangan.

Ditambah fakta bahwa kubu lawan sudah ditangani empat manajer berbeda musim ini menegaskan kalau mereka masih belum padu secara taktik meski sanggup menahan Swansea pekan lalu. United pastinya akan mati-matian untuk mencetak gol cepat layaknya laga melawan Swansea agar bisa mengatur stamina di sisa pertandingan.

Akan tetapi, United juga perlu waspada terhadap sang tamu. United kerap kesulitan menghadapi WBA saat keduanya bertemu di Old Trafford. Dalam empat musim terakhir, United hanya menang satu kali, satu kali seri dan telah dua kali menderita kekalahan (2013/2014 dan 2014/2015). United tentu tidak mau kembali kehilangan poin pada laga Minggu nanti.

Berharap Tuah Romelu Lukaku

Satu pemain yang patut dijadikan tumpuan United tentunya adalah sang striker Romelu Lukaku. Big Rom telah berkontribusi dalam 15 gol United sepanjang tahun 2018 (11 gol 4 asis). Keberhasilan dirinya masuk dalam jajaran pencetak 100 gol Premier League diharapkan memberikan kepercayaan diri untuk bisa kembali mencetak gol dalam laga nanti.

Mantan pemain Everton ini akan kembali berjumpa dengan mantan klubnya. WBA adalah kesebelasan yang menampung Lukaku setelah tenaganya tidak dimanfaatkan oleh Jose Mourinho lima tahun silam. Meski Lukaku bisa menyumbang 17 gol untuk WBA, namun striker 24 tahun ini juga tergolong rajin mencetak gol ke gawang mantan klubnya tersebut setelah keluar dari The Hawthorns. Tercatat gawang WBA sudah dibobol oleh Lukaku sebanyak lima kali. Satu golnya dicetak saat United menang 2-1 pada pertemuan pertama.

Selain Lukaku, Jose juga menginginkan Alexis Sanchez kembali bermain baik. Kontribusi siginifikan layaknya dalam dua laga terakhir diharapkan kembali hadir untuk bisa memberikan United tiga poin sekaligus membenamkan WBA di posisi buncit.

Perkiraan Formasi:

MANCHESTER UNITED

David De Gea, Antonio Valencia, Chris Smalling, Eric Bailly, Ashley Young, Nemanja Matic, Ander Herrera, Paul Pogba, Alexis Sanchez, Jesse Lingard, Romelu Lukaku

WEST BROMWICH ALBION

Ben Foster, Alain Nyom, Craig Dawson, Ahmed Hegazy, Kieran Gibbs, Matthew Phillips, Jake Livermore, Chris Brunt, James McClean, Jay Rodriguez, Salomon Rondon

Comments