OUR NETWORK

Brighton vs United: Mengikis Kelelahan

Dua pertemuan terakhir Manchester United dengan Brighton and Hove Albion berakhir dengan baik. Ole Gunnar Solskjaer meraih kemenangan 2-1 pada musim 2018/2019, dan 3-1 pada pertemuan pertama mereka musim ini. Akan tetapi, dua kemenangan tersebut ia raih saat United menjadi tuan rumah.

Kali ini, situasinya berbeda. United akan menerima jamuan Brighton di Amex Stadium Rabu (1/7/2020) dini hari nanti. Selain mencari kemenangan ketiga beruntun atas The Seagulls, United juga mencari kemenangan pertama mereka di stadion ini.

Dari 19 tim yang bermain di Premier League musim ini, kandang Brighton menjadi satu dari dua stadion yang belum bisa ditaklukkan United pada ajang Premier League. Satu stadion lain adalah kandang anyar Tottenham Hotspur yang baru saja mereka kunjungi beberapa waktu lalu.

Amex Stadium memang menjadi momok United sejak mereka promosi pada musim panas 2017/2018 lalu. Dua kunjungan ke sana selalu berakhir dengan kekalahan. Musim pertama, mereka menang 1-0 sedangkan musim lalu United menelan kekalahan 3-2. Kemenangan terakhir United di kandang Brighton terjadi sudah lama sekali yaitu pada 24 April 1992. Tidak hanya menelan kekalahan, permainan United juga sangat buruk tiap kali bermain di sana. Mereka kesulitan untuk memberikan ancaman dan lini pertahanan mereka juga selalu tampil keropos.

Ole jelas tidak mau timnya kembali terjungkal di sana untuk ketiga kalinya. Ia harus belajar dan melihat apa yang salah dari dua kunjungan terakhir United di sana sehingga kekalahan bisa mereka hindari. Menang di sana membuat Solskjaer setidaknya sedikit lebih baik dari Mourinho yang selalu kalah dalam dua kunjungan tersebut.

“Brighton adalah tim yang bagus dan mereka memainkan permainan yang membuat Anda sulit untuk mengalahkan mereka. Jujur saja saya tidak pernah ke kandang mereka sebagai pemain, jadi saya tidak tahu seberapa sulit untuk menang di sana,” kata Ole jelang pertandingan.

United jelas tidak boleh terpeleset lagi. Di tengah belum jelasnya nasib Manchester City yang masih menunggu hasil banding, menjaga posisi tim berada di jalur empat besar jelas menjadi kewajiban. Apalagi mereka sementara berada pada urutan keenam karena Wolverhampton sudah bermain saat mereka bertanding pada Piala FA.

Bruno, Main Atau Tidak?

Kualitas pemain membuat United lebih unggul, namun di Premier League hal tersebut kerap tidak menjamin bagi sebuah tim untuk meraih kemenangan. Apalagi mereka dibayang-bayangi dengan kelelahan imbas dari bermain selama 120 menit menghadapi Norwich pada Piala FA.

Tuan rumah jelas unggul dari segi kebugaran. Brighton punya istirahat nyaris satu minggu karena jadwal mereka menghadapi United harus digeser imbas sang lawan yang bermain pada Piala FA. Berbeda dengan United yang harus main setiap tiga hari. Ini bisa menjadi faktor yang akan menguntungkan mereka terlepas dari penampilan mereka di atas lapangan nanti.

Bayangan kelelahan ini menimbulkan pertanyaan dalam tubuh United: Apakah Ole akan mengombinasikan pemain utama dengan pemain lapis kedua pada pertandingan nanti? Ketika melawan Norwich, pemain inti yang seharusnya tidak perlu tampil terpaksa diturunkan akibat para pemain lapis kedua seperti Juan Mata, Jesse Lingard, hingga Fred tampil di bawah standar.

Daniel James mungkin akan kembali mengisi sisi kanan mengingat Mason Greenwood belum menunjukkan permainan yang baik saat laga melawan Sheffield United. Bruno Fernandes mungkin kembali bermain meski banyak yang meminta penggawa Portugal tersebut untuk tidak bermain dulu selama beberapa menit.

Bruno tidak menunjukkan penampilan baik dalam dua laga terakhir. Bahkan kelelahan terlihat jelas saat melawan Norwich ketika perpanjangan waktu. Banyak yang menyebut kalau Bruno mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan akibat tenaganya terus diporsir oleh United sejak kedatangannya. 20 Februari menjadi kali terakhir Bruno bermain sebagai pemain pengganti. Sisanya, ia selalu menjadi starter meski menghadapi lawan yang tidak terlalu kuat.

Memiliki pemain kreatif seperti Bruno jelas menguntungkan bagi sebuah kesebelasan. Namun, jika dipaksakan terus menerus, hal itu bisa membahayakan karier si pemain. Namun, apakah Ole akan mengambil risiko untuk mengistirahatkan Bruno? Jika melihat kalau pelapis di posisi Bruno hanya diisi oleh pemain seperti Jesse Lingard, Juan Mata, dan Andreas Pereira, maka tampaknya Ole akan kembali menurunkan Bruno sejak menit awal.

Perkiraan Susunan Pemain

BRIGHTON AND HOVE ALBION:

Matthew Ryan, Tariq Lamptey, Adam Webster, Lewis Dunk, Dan Burn, Dale Stephens, Yves Bissouma, Aaron Mooy, Alexis Mac Allister, Aaron Connolly, Neal Maupay

MANCHESTER UNITED:

David de Gea, Aaron Wan-Bissaka, Harry Maguire, Victor Lindelof, Luke Shaw, Nemanja Matic, Paul Pogba, Bruno Fernandes, Daniel James, Marcus Rashford, Anthony Martial

Comments

Loading...