OUR NETWORK

Preview vs West Bromwich Albion: Duel Melawan Si Jago Bola Mati

Manchester United akan menghadapi West Bromwich Albion pada 1 April mendatang dalam ajang Premier League. Laga ini akan menjadi pembuka dari jadwal berat yang akan dihadapi oleh anak asuh Jose Mourinho. Dalam 30 hari ke depan, United akan bertanding sebanyak sembilan kali atau rata-rata satu pertandingan per tiga hari.

United yang Dilanda Masalah Kebugaran

Virus FIFA memang kerap menjadi masalah bagi setiap klub di Eropa terutama saat memasuki fase-fase genting menjelang akhir musim kompetisi. Saat jeda internasional kemarin saja tercatat ada 15 pemain United yang dipanggil oleh negaranya masing-masing. Timnas Inggris menjadi negara yang paling banyak memanggil pemain United dengan jumlah empat pemain.

Akan tetapi, dari 15 pemain yang dipanggil tersebut, tiga di antaranya harus kembali dengan kondisi cedera. Phil Jones, Chris Smalling, dan Marouane Fellaini, harus pulang ke Manchester dengan kondisi yang bermasalah. Smalling bahkan terlihat menggunakan penopang kaki saat berjalan-jalan di Manchester. Ini belum ditambah ketidakhadiran Zlatan Ibrahimovic dan Ander Herrera yang masih menjalani hukuman larangan bertanding.

Masalah bagi Mou bahkan semakin rumit ketika ia masih harus mengecek kondisi kesiapan pemain latin United yaitu Sergio Romero, Antonio Valencia, dan Marcos Rojo. Hal ini membuat Mou haru memutar otak untuk menurunkan skuad terbaiknya. Ia sudah mengkonfirmasi bahwa Smalling, Jones, Ibra, Herrera, dan  Paul Pogba, akan absen di pertandingan melawan WBA. Satu-satunya kabar bahagia di kubu Setan Merah adalah mereka sudah bisa kembali menurunkan Anthony Martial.

Sementara di kubu The Baggies hanya ada 10 pemain mereka yang dipanggil timnasnya masing-masing. Manajer Toni Pulis kemungkinan bisa menurunkan skuad terbaiknya. Hanya saja mereka tidak bisa memainkan Matt Phillips karena mengalami cedera. Namun posisi mantan pemain QPR tersebut bisa diisi dengan baik oleh Nacer Chadli pekan lalu ketika mereka mengalahkan Arsenal.

United Harus Mewaspadai Bola Mati WBA

Ada satu senjata mematikan milik WBA yang begitu diwaspadai oleh setiap tim lain di Premier League musim ini yaitu set piece alias bola mati. Di musim ini WBA kerap mencetak gol dari situasi bola mati entah itu tendangan bebas, tendangan pojok, bahkan dari lemparan ke dalam.

Klub yang bermarkas di The Hawthorns ini menjadi kesebelasan yang paling banyak mencetak gol melalui bola mati dengan jumlah 18 kali di musim ini. Bahkan dari tujuh gol yang dibuat Darren Fletcher dkk., di empat pertandingan terakhir, empat diantaranya dihasilkan melalui sepak pojok.

Selain itu WBA juga tidak hanya mengandalkan seorang Salomon Rondon saja sebagai pencetak gol. Kombinasi lini belakang mereka yang digawangi trio Craig Dawson, Greth McAuley dan Jonny Evans sudah menyumbang 10 dari 39 gol yang dibuat WBA. McAuley bahkan menjadi pemain yang terbilang berbahaya karena sudah mencetak enam gol bagi West Brom sekaligus menjadi top skor Premier League untuk seorang pemain belakang.

Lini Tengah WBA yang Bisa Dieksploitasi United

Dengan situasi sulit yang mendera United saat ini, yang bisa dilakukan United adalah memanfaatkan lemahnya lini tengah WBA. Apalagi WBA kerap sulit menghadapi kesebelasan yang memiliki pemain yang jago dalam dribel macam Eden Hazard atau Henrikh Mkhitaryan.

Selain itu, Setan Merah juga bisa memanfaatkan kelemahan kedua sayap WBA yang kerap terlambat mundur ke lini pertahanan. Apalagi Setan Merah kemungkinan akan menurunkan formasi dengan empat pemain belakang yang akan membuat sayap kiri dan kanan United akan mendapat bantuan dari para bek sayap.

Dan tentunya, para penggemar Setan Merah juga berharap skuad “darurat” – jika tidak ingin disebut ala kadarnya – yang akan diturunkan Mou bisa kembali meraih kemenangan layaknya ketika melawan Middlesbrough dua pekan silam.

Perkiraan Formasi

MANCHESTER UNITED

De Gea, Valencia, Bailly, Rojo, Blind, Carrick, Lingard, Mata, Mkhitaryan, Martial, Rashford

WEST BROMWICH ALBION

Foster, Dawson, Evans, McAuley, Nyom, Fletcher, Livermore, Brunt, Chadli, McClean, Rondon

Pertandingan antara Manchester United vs West Bromwich Albion disiarkan di MNC TV dan BeIN Sports 2 pukul 23:00 WIT.

Comments

Loading...