OUR NETWORK

Preview Sunderland vs Manchester United, Adu Tajam Lawan Juru Kunci

Setelah hampir dipermalukan oleh Everton tengah pekan lalu, pada Minggu (9/4) malam waktu Indonesia, Setan Merah akan bertandang ke Sunderland dalam lanjutan pekan ke-30 Premier League. Kemenangan menjadi harga mati apabila mereka ingin membuka peluang masuk empat besar sekaligus meningkatkan kepercayaan diri sebelum menjalani laga Europa League.

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, sudah mengungkapkan bahwa ia tidak bisa menurunkan Wayne Rooney dan Ashley Young karena mengalami cedera. Dua pemain ini mengikuti Juan Mata, Chris Smalling, dan Phil Jones yang juga mengalami cidera. Sementara Sunderland akan kehilangan lima pemain karena masalah kebugaran. Skuat David Moyes bahkan tidak bisa memainkan John O’Shea (karena ayahnya wafat), serta Adnan Januzaj yang terbentur aturan Liga Premier.

Baik The Red Devils maupun The Black Cats sebenarnya memiliki masalah yang sama. Keduanya sama-sama bermasalah dengan penyelesaian akhir. Di dua pertandingan terakhir, United hanya mencetak satu gol, itupun melalui tendangan pinalti. Sunderland bahkan lebih parah. Meski memiliki Jermain Defoe yang sudah mencetak 14 gol, mereka belum bisa membobol gawang lawan sejak menang 4-0 melawan Crystal Palace Februari silam. Kemenangan mengejutkan itu bahkan menjadi tripoin terakhir yang diraih oleh klub yang berasal dari Tyne Wear ini yang merupakan catatan terburuk sejak 1981.

Lini depan memang menjadi masalah bagi Sunderland. Di musim ini mereka hanya memiliki enam pencetak gol saja. Angka tersebut bahkan menjadi lima mengingat top skor kedua mereka Patrick van Aanholt sudah hijrah ke Crystal Palace. Bandingkan dengan Manchester United yang memiliki 13 pencetak gol berbeda.

Kehadiran Antonio Valencia membawa angin segar bagi The Red Devils. Kecepatan serta mobilitasnya dalam bermain dapat memperkaya lini serang United terutama di sisi kanan. Hal inilah yang tidak bisa dilakukan Ashley Young beberapa hari yang lalu. Satu-satunya masalah bagi Jose Mourinho adalah apakah ia akan menurunkan Luke Shaw yang bermain baik ketika melawan Everton, atau memainkan Darmian yang permainannya tidak mengalami peningkatan di musim ini.

Sementara itu David Moyes jelas akan menggantungkan serangannya kepada Jermain Defoe. Meski baru mencetak 14 gol, namun itu dilakukan hanya dalam 72 kali tembakan atau 19%, namun ia hanya lima kali saja mantan pemain Tottenham Hotspur ini membuang-buang peluang. Bandingkan dengan Ibrahimovic yang rasio tembakannya hanya 14% dan 17 kali menyia-nyiakan peluang. Akan tetapi Jermain Defoe belum pernah mencetak gol lagi di enam laga terakhir. Ia bahkan tidak bisa membobol gawang kesebelasan yang pernah diasuh Mourinho.

Manchester United jelas diharapkan dapat menguasai pertandingan sejak menit awal. Mereka bisa memanfaatkan lemahnya lini belakang Sunderland tanpa kehadiran John O’Shea dan Paddy McNair. Bahkan lini belakang si kucing hitam telah menerima rata-rata 18 tembakan setiap pertandingannya. Mereka akan menghadapi Ibra yang memiliki jumlah tembakan terbanyak di liga. Jika sudah demikian, maka satu-satunya cara adalah dengan mengandalkan kemampuan Jordan Pickford dalam mengawal gawang Sunderland. Kiper muda ini sudah melakukan 102 kali penyelamatan (hanya kalah dari Tom Heaton).

Dalam konferensi persnya, Jose Mourinho memberikan simpati kepada Moyes juga pelatih-pelatih lain yang berjuang di papan bawah. Akan tetapi, Mou jelas tidak akan simpati saat pertandingan telah dimulai. Ia akan berusaha untuk terus mempetajam catatan away United yang tidak terkalahkan di delapan laga (6 menang, 2 seri). Apalagi dalam 31 pertandingan antara kedua tim, juara liga musim 2013 ini memiliki catatan 22 menang, 6 kali seri dan hanya 3 kali kalah.

Perkiraan Formasi

MANCHESTER UNITED:

De Gea, Valencia, Bailly, Rojo, Shaw, Herrera, Pogba, Martial, Mkhitaryan, Lingard, Ibrahimovic

SUNDERLAND:

Pickford, Jones, Kone, Denayer, Oviedo, Cattermolle, Rodwell, Ndong, Larsson, Defoe, Borini

Comments

Loading...