OUR NETWORK

Preview Manchester United vs Everton: Duel Dua Tim Pincang

Setelah dipaksa bermain imbang tanpa gol melawan West Bromwich Albion pekan lalu, Manchester United akan kembali bertanding di kerasnya Liga Primer Inggris musim 2016/2017. Pada Rabu (5/4) dini hari WIB nanti, Setan Merah akan menjamu Everton di Old Trafford. Kemenangan menjadi misi khusus yang harus diselesaikan oleh Marouane Fellaini dan kolega agar bisa terus memperpanjang nafas untuk bisa finis di posisi empat besar Premier League.

Tanggal 11 Februari adalah waktu di mana United terakhir kali meraih kemenangan di kandang sendiri. Saat itu Setan Merah unggul 2-0 atas Watford melalui gol Juan Mata dan Anthony Martial. Namun di dua pertandingan kandang berikutnya mereka hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan AFC Bournemouth dan 0-0 atas WBA.

Mourinho jelas paham bahwa timnya saat ini sedang “benar-benar” membutuhkan kemenangan. Maka dari itu, setelah pertandingan melawan WBA, Mou ditemani Rui Faria langsung mengadakan latihan intensif yang diikuti oleh pemain cadangan ketika melawan WBA plus Ibra, Herrera, dan Shaw, yang tidak diikut sertakan dalam laga tersebut. Dalam wawancaranya di Manutd.com, Mou mencoba untuk dapat menurunkan skuad terbaiknya.

“Melawan Everton, saya akan mencoba untuk memainkan tim terbaik dan berusaha untuk memenangi pertandingan. Setelah Everton, kami harus melawan Sunderland dengan perspektif yang sama yaitu menang,” tutur Mou saat itu.

United sebenarnya diuntungkan dengan kembalinya beberapa pemain pilar. Meski berpotensi kehilangan Juan Mata hingga akhir musim, namun mereka bisa menyambut kembali kehadiran Ibra dan Herrera yang sudah terbebas sanksi. Si anak mahal Paul Pogba pun kemungkinan akan kembali dimainkan meski mantan manajer Chelsea tersebut masih meragukan kondisi fisiknya.

Kubu Merseyside biru sebenarnya memiliki masalah cidera yang terbilang jauh lebih parah ketimbang United. Mereka kehilangan pilar inti macam Yannick Bolasie, James McCarthy, Ramiro Funes Mori, Aaron Lennon, Seamus Coleman dan Morgan Schneiderlin. Bahkan ketika melawan Liverpool pekan lalu, The Toffees sampai harus memainkan pemain muda mereka, Matthew Pennington dan Mason Holgate. Manajer Ronald Koeman seperti sudah mengkonfirmasi kepada media bahwa skuad yang akan turun melawan United tidak jauh beda dengan ketka melawan Liverpool.

Dalam pertandingan ke-197 bagi dua kesebelasan, beban berat jelas akan berada di pundak masing-masing striker. Zlatan Ibrahimovic diharapkan bisa kembali mencetak gol setelah terakhir kali membuat gol pada final Piala Liga, Februari silam. Pemain yang paling banyak menendang di liga musim ini, akan mendapat suplai yang memanjakan dari Paul Pogba jika gelandang Prancis ini akan bermain. Ibra mungkin diharapkan bisa menendang bola dari luar kotak pinalti mengingat pekan lalu penjaga gawang Everton, Joel Robles terlihat bermasalah dari segi penempatan posisi.

Kehadiran Martial di sisi kiri penyerangan juga bisa membantu lini depan Setan Merah dengan aksi individunya. Apalagi sisi kanan Everton yang diisi Mason Holgate terlihat kelimpungan ketika menghadapi trio lini depan Liverpool pekan lalu.

Sementara itu Romelu Lukaku diharapkan untuk bisa bertaji ketika melawan kesebelasan yang berada di posisi enam besar. Sejauh ini, mantan pemain Anderlecht ini baru mencetak tiga gol menghadapi klub-klub di posisi tersebut.

Dalam empat pertandingan terakhir di Liga Primer, Lukaku mengumpulkan lima gol. Namun ada satu hal yang kemungkinan akan mengganjal pemain bernama lengkap Romelu Menama Lukaku ini. Semenjak berseragam Everton, ia belum bisa membobol gawang Manchester United. Terakhir kali bomber 23 tahun ini mencetak gol ke gawang United adalah ketika ia masih memperkuat West Bromwich Albion.

Pertarungan lini tengah juga akan menjadi satu hal yang sangat menarik. Salah satu diantara Carrick, Herrera, Fellaini atau Pogba akan bertemu dengan pemilik jumlah tekel terbanyak di musim ini yaitu Idrissa Gueye. Pemain yang akrab disapa Gana ini sudah 112 kali melakukan tekel sukses atau rata-rata empat tekel sukses per laga.

***

Laga yang akan dipimpin wasit Neil Swarbrick ini berpotensi akan kembali “dikuasai” oleh United. Akan tetapi sebatas menguasai tanpa efektivitas dalam memanfaatkan peluang hanya akan menampilkan dominasi semu layaknya penampilan United melawan WBA. Jika United ingin meraih kemenangan, mereka harus memanfaatkan kehadiran kembali seorang Zlatan Ibrahimovic dan Ander Herrera.

Perkiraan Formasi

MANCHESTER UNITED:

De Gea, Valencia, Bailly, Rojo, Young, Fellaini, Herrera, Martial, Mkhitaryan, Pogba, Ibrahimovic

EVERTON:

Joel Robles, Pennington, Williams, Jagielka, Holgate, Davies, Gueye, Baines, Barkley, Mirallas, Lukaku

Comments

Loading...