OUR NETWORK

Preview Manchester United vs Bournemouth: Demi Keluar dari Peringkat Keenam

Setelah melakoni pertandingan yang cukup melelahkan di babak final EFL Cup, Manchester United akan kembali pentas di kancah Premier League. Pada pekan ke-27 (sementara United akan melakoni pertandingan yang ke-26) United akan menghadapi lawan yang sebenarnya tidak terlalu sulit yaitu AFC Bournemouth. Kedua kesebelasan masing-masing sedang berada dalam mood yang berbeda.

Mendapatkan gelar perdana di musim 2016/2017 menjadi modal yang cukup berharga sekaligus meningkatkan kepercayaan diri bagi United. Bulan Februari disapu bersih oleh United dengan hasil empat kemenangan dan satu kali imbang. Mencetak 10 gol dan hanya tiga kali kebobolan. Bahkan sejak dipecundangi Chelsea 0-4, United tidak pernah merasakan kekalahan dalam 16 pertandingan liga (9 menang dan 7 imbang).

Sementara di kubu The Cherries mereka belum pernah merasakan kemenangan sejak mengalahkan Swansea 31 Desember 2016. Bahkan dari tujuh pertandingan selama 2017, lima di antaranya diakhiri dengan kekalahan termasuk dibantai Everton 3-6. Lini belakang mereka pun terbilang cukup buruk dengan kebobolan 51 gol, terburuk kedua setelah Swansea City. Mereka masih terjebak di posisi 14 dan hanya berselisih empat poin dari jurang degradasi.

Kabar Tim

Kubu United nampaknya akan kembali merasakan dampak kehilangan sosok Henrikh Mkhitaryan. Setan Merah tampak kesulitan dalam menembus lini belakang Soton sepeninggal pemain Armenia ini karena cedera hamstring. Sementara itu Phil Jones sudah kembali berlatih bersama skuat dan mengaku siap untuk diturunkan melawan Bournemouth. United juga sudah dapat merasakan kembali servis dari seorang Michael Carrick setelah sempat absen saat United melawan Saint Ettiene.

Dalam konferensi persnya Jose Mourinho menyebut Luke Shaw akan berada di dalam skuat pada laga Sabtu malam ini. Namun belum diketahui apakah mantan pemain belakang Southampton ini akan langsung diturunkan sebagai starter atau tidak. Eks manajer Inter Milan itu menyebut bahwa Shaw sudah memiliki fisik yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Di kubu Bournemouth, sepeninggal Nathan Ake yang kembali lagi ke Chelsea menjadi mimpi buruk bagi manajer Eddie Howe. Kebobolan 20 gol hanya dalam tujuh laga selama 2017 jelas bukan catatan yang impresif mengingat dalam 19 laga sebelumnya mereka hanya kebobolan 31 gol. Tak ayal manajer termuda di liga primer musim ini pun bersyukur dengan kembalinya sang kapten Simon Francis dari cedera yang dialami saat melawan Manchester City. Akan tetapi Francis disebut-sebut belum akan turun pada pertandingan melawan United.

Selain itu Bournemouth juga belum bisa merasakan servis dari striker utama mereka Callum Wilson. Wilson yang merupakan top skor Bournemouth di musim ini dengan enam gol menderita cidera lutut ketika Bournemouth menghadapi Crystal Palace. Dikabarkan bahwa pemain 25 tahun tersebut akan absen hingga akhir musim.

Key Player

Penggemar United jelas akan menunggu aksi apa lagi yang akan dilakukan oleh seorang Zlatan Ibrahimovic. Setelah membuat gol melalui tendangan bebas dan berperan sebagai arsitek dalam gol ketiga di final piala liga, sentuhan midas ala Ibrakadabra jelas dinanti. Bahkan ada catatan menarik dari eks Inter Milan ini di Liga Premier. Pemain 35 tahun ini selalu mencetak gol dalam pertandingan United yang diselenggarakan di Minggu pertama sejak November 2016.

Sepeninggal Callum Wilson, Joshua King diandalkan menjadi pencetak gol utama kubu Cherries. Tiga gol sudah dibuat dalam tiga pertandingan terakhir. Mantan lulusan akademi Manchester United ini memiliki kemampuan dalam mencari posisi di kotak pinalti. Selain King, pemain belakang setan merah patut mewaspadai kecepatan para winger kreatif yang kemungkinan bakal diisi Jordan Ibe dan Ryan Fraser.

Rekor Pertemuan

Setan Merah baru 11 kali bermain melawan Bournemouth dengan catatan tujuh kemenangan, dua seri dan dua kalah. Kekalahan terakhir didapat pada Desember 2015 dimana Bournemouth menang 2-1 sekaligus kemenangan bagi The Cherries dalam pertemuan pertama kedua kesebelasan di liga Inggris. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di awal musim 2016-17. Saat itu United menang 3-1 melalui gol-gol dari Juan Mata, Wayne Rooney dan Zlatan Ibrahimovic sementara Bournemouth membalas melalu gol Adam Smith.

Perkiraan Formasi

MANCHESTER UNITED:

De Gea, Valencia, Bailly, Rojo, Blind, Carrick, Herrera, Martial, Pogba, Lingard, Ibrahimovic

BOURNEMOUTH:

Boruc, Smith, Cook, Francis, Daniels, Arter, Surman, Ibe, Wilshere, Fraser, King

*

Apabila United meraih kemenangan pada Sabtu malam nanti mereka untuk pertama kalinya akan keluar dari posisi keenam secara permanen terlepas dari hasil pertandingan Liverpool kontra Arsenal. Kemenangan nanti juga akan membuat United meraih kemenangannya yang ke-600 di ajang Premier League.

Comments