OUR NETWORK

Preview Europa League: Manchester United vs FK Rostov

Manchester United secepat mungkin harus melupakan kekalahan melawan Chelsea dalam perempat final Piala FA Senin (13/3) lalu. Tantangan terbaru sudah menunggu Jose Mourinho dkk., dalam wujud skuat FC Rostov pada babak 16 besar Europa League leg kedua. Modal Setan Merah terbilang cukup besar karena di pertemuan pertama mereka berhasil menahan imbang Salmashi dan membawa pulang satu gol tandang.

Dalam pertandingan yang akan dipimpin wasit asal Lithuania Gediminas Mazeika tersebut, Setan Merah dipastikan tidak bisa menurunkan empat pemainnya karena cedera yaitu Bastian Schweinsteiger, Joel Castro Perreira, Wayne Rooney, serta Anthony Martial. Sementara Luke Shaw yang berlatih secara terpisah dengan skuad diragukan untuk tampil. Sementara itu di kubu Rostov mereka dikabarkan sudah bisa menurunkan kiper utamanya Sozlan Dzanaev. Meski harus kehilangan tiga pemainnya yaitu Kalachev, Gatchan (akumulasi kartu), dan Granat (cidera).

Rostov yang Kehilangan Pemain Terbaiknya

Selain serangan balik Rostov yang diwasapadai oleh Mou di leg pertama, United juga perlu mewaspadai bola-bola panjang yang menjadi senjata anak asuh Ivan Deniliants ini. Pada leg pertama saja mereka membuat 73 umpan panjang dimana salah satunya menjadi assist bagi pencetak gol mereka yaitu Aleksandr Bukharov. Naman-nama seperti Kalachev, Mevlija serta Cesar Navas adalah pemain-pemain yang memiliki akurasi umpan panjang yang baik di kubu Rostov.

Akan tetapi nama pertama yaitu Kalachev tidak bisa tampil karena akumulasi kartu. Pada leg pertama Kalachev menjadi sosok yang penting bagi runner up Liga Rusia musim lalu. Ia membuat 66 kali umpan serta menyentuh bola sebanyak 85 kali. Bukti bahwa Kalachev sangat vital sebagai penyeimbang antar lini di kubu Rostov. Dalam jumpa persnya pun, manajer asal Portugal ini bersyukur Rostov tidak diperkuat oleh Kalachev.

Ia mengatakan, “Saya pikir baik bagi kami bahwa dia tidak bermain. Saya pikir mereka memiliki solusi dan mereka mencobanya ketika melawan Terek Grozny dengan memainkan Igor Kireyev. Ia memang melakukannya dengan baik. Tapi Kalachev lebih berpengalaman, keras, punya mental yang bagus. Jadi mereka kehilangan pemain terbaiknya.”

United Harus Bisa Memanfaatkan Kehadiran Ibrahimovic

Untuk sementara waktu, peraih 20 gelar Liga Inggris ini bisa memainkan kembali Zlatan Ibrahimovic di lini depan. Kehilangan mantan pemain Inter Milan ini begitu berpengaruh saat melawan Chelsea beberapa hari lalu. Kemampuan Ibra dalam membuka ruang, melepas umpan serta membantu pertahanan tidak bisa dilakukan dengan baik oleh Rahsford. Apalagi di leg pertama, Ibra menjadi pemain penting berkat assistnya untuk gol Henrikh Mkhitaryan. Para fans jelas menginginkan Ibra bisa mencetak gol lagi setelah terakhir dilakukannya saat melawan Soton.

Selain Ibra, Mkhitaryan dan Pogba pun dituntut untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Miki diharapkan bisa kembali mencetak gol atau setidaknya memberikan assist kepada Ibra. Kombinasi keduanya pun berperan dalam 11 gol yang dibuat United di Europa League. sementara Pogba yang pada 15 Maret kemarin sedang berulang tahun juga dituntut untuk kembali ke performa terbaiknya yang seolah-olah menghilang sejak United mengalahkan Southampton di final piala Liga Februari lalu.

Old Trafford Punya rekor Positif Melawan Klub Rusia

Rumput yang gundul serta permukaan lapanganyang tidak rata kemungkinan besar tidak akan terjadi dalam pertandingan leg II ini. Selain itu United juga belumpernah kalah di kandang ketika melawan klub Rusia. Akan tetapi dari empat gim di Theatre Of Dreams, Setan Merah baru menang sekali dan sisanya imbang. Satu-satunya kemenangan diraih musim lalu ketika sundulan Rooney membobol gawang CSKA.

Pemegang tiga gelar Liga Champions ini juga memiliki rekor bagus jika hasil di leg pertama berakhir 1-1. Dari lima pertandingan, United memenangi empat diantaranya. Satu-satunya kekalahan diraih ketika United takluk 1-2 oleh Real Madrid sekaligus menjadi kekalahan terakhir United di kandang pada kompetisi Eropa.

Perkiraan Formasi

MANCHESTER UNITED:

Romero, Valencia, Bailly, Smalling, Blind, Pogba, Fellaini, Lingard, Mata, Mkhitaryan, Ibrahimovic

FK ROSTOV:

Medvedev, Navas, Mevlja, Simic, Erokhin, Noboa, Kireyev, Prepelita, Kudryazhov, Azmoun, Bukharov

Comments