OUR NETWORK

Menyorot Masa Depan Fred Bersama Manchester United

Manchester United mengawali kampanye Premier League Inggris 2019/2019 dengan hasil yang masih jauh dari kata memuaskan. Namun, di balik itu, Fred pun bisa dibilang merasa jauh lebih tak puas lagi. Pasalnya, dalam empat pertandingan yang sudah dilakoni tim di kompetisi liga domestik, belum sekalipun dia bisa merasakan turun ke lapangan dan berlari-lari mengejar bola. Dia menjadi salah seorang dari beberapa pemain utama di tim Setan Merah yang belum juga diturunkan oleh manajer Ole Gunnar Solskjaer hingga saat ini; bahkan juga tak pernah duduk di bangku cadangan.

Karier Fred di Old Trafford memang bisa dibilang sangat menyedihkan. Sempat digadang-gadang akan memberikan nyawa baru bagi lini jantung permainan The Red Devils saat didatangkan dari klub Ukraina, Shakhtar Donetsk dengan biaya 53 juta paun pada 2018, penampilannya malah tak kunjung mencapai performa terbaik.

Fred lebih banyak duduk di bangku cadangan pada musim lalu, dan sempat beberapa kali tak masuk dalam daftar pemain pengganti. Gelandang berusia 26 tahun itu pun hanya membuat 25 penampilan dengan satu gol dan satu assist di semua kompetisi.

Seiring dengan itu, pemain bernomor punggung ’17’ itu pun diprediksi tak akan masuk dalam skuat utama Solksjaer pada musim ini. Apalagi, ada dua gelandang muda; Scott McTominay dan Andreas Pereira yang menunjukkan permainan konsisten dan dinilai lebih pantas menjadi pilihan utama.

Seiring dengan itu, rumor terkait masa depan Fred bersama United yang akan segera berakhir pun mulai berhembus. Sejumlah klub juga dikabarkan tertarik untuk membawanya pergi. Salah satunya adalah Fiorentina dari Serie A Italia, yang disebut-sebut sebagai peminat berat tanda tangan Fred.

Klub berjuluk La Viola itu bahkan sempat dikabarkan sudah mengajukan proposal resmi pada pihak United untuk bisa merekrut gelandang asal Brasil tersebut, seperti dilansir oleh laman portal berita olahraga Caught Offside.

Mereka memberikan penawaran sebesar 18 juta paun dengan skema dua kali pembayaran, yakni 14 juta paun di muka, dan sisanya 4 juta paun menyusul. Meskipun Fred sendiri dibanderol 27 juta paun, namun saat itu ada spekulasi bahwa manajemen tim Setan Merah sudah bersedia melepasnya, agar tidak merugi karena terus menurunnnya nilai jual sang pemain.

Namun, hingga bursa transfer musim panas 2019 ini ditutup, kepindahan Fred ternyata tak pernah terwujud. Kabar berikutnya dari Timeshas menyebut bahwa dia sudah berbicara dengan Solskjaer membahas soal masa depannya, dan Fred pun telah diyakinkan bahwa dirinya masih punya masa depan di Old Trafford.

Laporan itu sekaligus membantah kabar yang menyebutnya akan merapat ke Fiorentina. Manchester Evening News juga mengklaim bahwa Fred sama sekali tidak tertarik untuk berpaling dari United, dan bahkan sudah menyusun rencana agar bisa dilirik oleh Solskjaer.

Menurut laporan tersebut, sejak awal musim ini Fred pun sudah bertekad akan melakukan latihan ekstra. Bahkan, pemain yang punya nama lengkap Frederico Rodrigues de Paula Santos itu sampai menyewa pelatih khusus untuk membantunya berlatih, terutama fokus untuk bisa meningkatkan kebugaran tubuhnya.

Selain itu, Fred juga disebut mulai mengontrol makanan dan mendapatkan konsultasi gizi agar tubuhnya lebih cepat fit. Tim pelatih United pun mendukung penuh langkah yang diambil Fred, dan Solskjaer dilaporkan puas dengan peningkatan performanya sejauh ini.

Tetapi, faktanya hingga saat ini ternyata Fred belum juga mendapatkan kesempatan seperti yang diharapkannya; bahkan dia tak terlihat di bangku cadangan. Jika dihitung dari penampilan terakhir sang gelandang dalam pertandingan resmi bersama United sejak musim lalu, Fred sudah cukup lama tak merasakan rumput lapangan hijau. Terakhir kali dia diturunkan saat The Red Devils takluk 0-2 di Old Trafford dalam laga Derby Manchester kontra Manchester City di liga domestik pada 24 April 2019 lalu. Saat itu, Fred turun sebagai starter dan bermain penuh hingga akhir pertandingan.

“Musim lalu, musim pertama saya di sini, terasa berat. Tapi saya berpikir bahwa saya mengakhiri musim dengan jauh dari kata baik-baik saja. Saya harap musim depan akan berjalan dengan sangat baik untuk saya, dan jauh lebih baik untuk United. Saya terkesan bisa menjadi bagian itu. Premier League itu sulit dan di sini ada banyak klub besar,” ucap Fred beberapa waktu lalu, mengomentari soal performanya yang tak kunjung membaik sehingga lebih sering dicadangkan.

Sayang, hingga kini Fred belum bisa menemukan yang terbaik seperti diharapkannya. Malah, tampaknya dia akan melengkapi catatan buruk yang dibuat pemain-pemain Brasil sebelumnya di Theater of Dreams.

Comments

Loading...