OUR NETWORK

50 Gol Marcus Rashford

Selain Scott McTominay yang mencatatkan namanya sebagai pencetak gol ke-2000 Manchester United, sejarah lainnya juga berhasil diciptakan oleh Marcus Rashford. Penyerang nomor punggung 10 Setan Merah ini sukses mencetak golnya yang ke-50 sepanjang karier profesionalnya.

Gol ke-50 Rashford dicetak dalam penampilannya yang ke-183 bagi Setan Merah. Selain itu, dia menjadi pemain ke-54 sepanjang sejarah klub yang bisa membuat 50 gol atau lebih. Ia kini bergabung dengan Anthony Martial yang sudah lebih dulu mencetak gol nya yang ke-50 beberapa pekan lalu. Tentu saja para penggemar MU berharap dua pemain ini bisa membentuk kemitraan yang mengerikan layaknya Andy Cole dan Dwight Yorke yang begitu konsisten dalam urusan mencetak gol.

Gol-Gol Berkesan Rashford

Nama Marcus Rashford menjadi terkenal ketika ia sukses mencetak gol dalam setiap debutnya di Premier League, derby Manchester, Liga Champions, Europa League, Piala Liga, Piala FA, dan tim nasional. Wajar untuk kemudian menyebut Rashford sebagai striker terbaik yang pernah dilahirkan akademi MU setelah Mark Hughes.

Golnya melawan City mengingatkan kita betapa bagusnya Rashford dalam aksi individu. Menerima bola dari Juan Mata, ia mengecoh Martin Demichelis dengan gerakan tipu sebelum mengalahkan Joe Hart. Aksi tipu-tipu juga ia lakukan ketika berhadapan dengan Trent Alexander-Arnold.

Gol-golnya juga sangat penting. Jika tidak ada gol Rashford dalam laga melawan Celta Vigo dan Anderlecht, maka United tidak akan mendapat gelar Liga Europa. Penaltinya ke gawang Gianluigi Buffon membuat United melakukan comeback terbaik mereka sepanjang masa. Atau ketika golnya ke gawang Tottenham Hotspur pada musim lalu yang menjadi pembeda dari laga yang sebenarnya lebih pantas dimenangkan oleh kubu lawan.

Rasio yang Cukup Rendah

Nama Rashford pertama kali mencuri perhatian ketika ia membuat dua gol dalam debut “mendadak” di Liga Europa melawan Midtjylland. Tiga hari kemudian ia membuat dua gol dalam debut Premier League melawan Arsenal di Old Trafford.

Meski sukses membuat 50 gol, namun secara keseluruhan rataan gol per laga Rashford tergolong rendah untuk seorang pemain depan. Dengan catatan 50 gol dari 183 laga, maka rataan gol Rashford hanya berada pada angka 0,27 gol per laga. Itu berarti, ia butuh empat sampai lima pertandingan untuk membuat satu gol saja.

Gol Rashford memang cenderung minim tiap musimnnya. Prestasi terbaiknya hanya membuat 13 gol pada musim 2017/18 dan 2018/19. Itupun membutuhkan lebih dari 40 pertandingan (47 laga musim 2018/19, dan 52 laga musim 2017/18). Musim ini saja, ia baru membuat lima gol dari 13 pertandingan atau membutuhkan tiga match demi mencari satu gol. Jika rasio gol Rashford tetap bertahan di angka 0,27, maka ia membutuhkan 922 pertandingan untuk menyamai pencapaian Sir Bobby Charlton.

Premier League Terbanyak

Sebagian besar gol Rashford dicetak di kompetisi Premier League. Namun ada sembilan gol yang juga berhasil ia buat di kompetisi Eropa, lebih banyak dari pemain United lain sejak debutnya pada 2016 lalu.

Turnamen

Gol

Premier League 32 gol
Piala FA 6 gol
Piala Liga 3 gol
Liga Champions 5 gol
Liga Europa 4 gol

 

Kaki Kanan Terbanyak

Dibekali kaki kanan yang begitu kuat, Rashford menjadikan kaki kanannya sebagai pendulang gol terbanyak dengan 42 gol. Masing-masing kepala dan kaki kirinya membuat empat gol. Tiga dari 50 gol Rashford dibuat dari penalti, dan tiga gol lainnya datang dari tendangan bebas langsung yang masuk ke gawang Celta Vigo, Benfica, dan Cardiff City.

Leicester City Lawan Favorit

Ada 33 kesebelasan yang sudah pernah dibobol Rashford sepanjang kariernya. Selain itu, dari 19 klub Premier League yang menjadi lawan MU, 14 kesebelasan sudah pernah menjadi korbannya. Lawan favoritnya adalah Leicester City dengan empat gol. Rashford juga dikenal jago mencetak gol ke gawang tim-tim top six dengan catatan 11 gol dari 30 pertandingan.

Lawan Favorit Rashford

Gol

Leicester City 4 gol
Bournemouth 3 gol
Chelsea 3 gol
Liverpool 3 gol
Watford 3 gol

 

Tempat Favorit Rashford

88 dari 183 penampilan Rashford dimainkan di stadion Old Trafford. Disana, ia membuat 28 gol. Itu berarti 22 gol sisanya dibuat di luar stadion berkapasitas 76 ribu penonton tersebut dengan lima diantaranya dibut di luar Inggris.

Tempat Favorit Rashford

Gol

Inggris 45 gol (Old Trafford 28 gol, 17 gol di luar Old Trafford)
Spanyol 2 gol (Balaidos, Mestalla)
Prancis 1 gol (Parc des Princes)
Portugal 1 gol (Da Luz)
Wales 1 gol (Cardiff Stadium)

 

Comments

Loading...