OUR NETWORK

Manchester United 4-0 Feyenoord: Muluskan Langkah ke 32 Besar Europa League

Manchester United berhasil menggulung Feyenoord Rotterdam dengan skor 4-0 dalam lanjutan matchday kelima Europa League pada Kamis (24/11) malam waktu setempat. Dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Old Trafford tersebut keempat gol Manchester United dicetak oleh Wayne Rooney pada menit ke-35, Juan Mata menit ke-69, gol bunuh diri kiper Feyenoord, Brad Jones, pada menit ke-75, serta lesakkan Jesse Lingard di injury time.

Kemenangan ini membuat asa The Red Devils lolos ke babak 32 besar Europa League kian terjaga. Saat ini, Paul Pogba dan kolega menempati peringkat kedua klasemen sementara dengan sembilan poin; berjarak satu poin dengan pemuncak klasemen, Fenerbahce yang menang 2-0 atas Zorya. Sementara itu, Feyenoord lengser ke peringkat ketiga dengan mengoleksi tujuh poin.

Jalannya Pertandingan

Feyenoord sempat dua kali mengancam gawang United yang malam itu dijaga Sergio Romero. Namun, United balik menguasai jalannya pertandingan. Pada menit ke-35, pergerakan Zlatan Ibrahimovic di depan kotak penalti Feyenoord membuat lini pertahanan Feyenoord yang digalang Wessel Dammers dan Jan-Arie van Hejden kelimpungan.

Keduanya bergerak menutup pergerakan Zlatan yang nyatanya mengirim umpan kepada Wayne Rooney. Miquel Nelom yang tak berdaya berusaha meyakinkan wasit dengan mengangkat tangannya tanda offside. Namun, hakim garis agaknya selalu memeriksakan matanya ke dokter sehingga selalu awas memerhatikan pergerakan Nelom yang masih sejajar dengan Rooney. Dengan sekali kontrol, Rooney meng-L1+Kotak-kan bola sehingga bola tercungkil melewati kiper Feyenoord, Brad Jones.

Secara keseluruhan, di babak pertama United masih berusaha menyusun serangan dan membuka celah di pertahanan Feyenoord. Selain itu, Henrikh Mkhitaryan pun agaknya masih terlihat canggung kala membuka serangan. Di babak pertama, Miki lebih sering membantu pertahanan, meskipun ia pun mampu melepaskan tiga attemps.

Di babak kedua, United mulai kesetanan. Mereka bermain dengan begitu agresif tapi tetap tenang saat berada di depan kotak penalti. Ketenangan itu pula yang menghadirkan gol kedua United yang dicetak oleh Juan Mata.

Proses gol Mata terbilang ciamik karena melalui serangkaian kerja sama yang begitu padu. Zlatan awalnya mengirimkan umpan terobosan kepada Rooney di dalam kotak penalti. Alih-alih menembak bola, Rooney yang tampaknya punya indra keenam ini, langsung mengumpan ke samping seolah mengetahui kalau Mata sudah ada di sana. Gol!

Tepat setelah gol tersebut, Mata langsung ditarik untuk diistirahatkan. Ia digantikan oleh Marcus Rashford yang beberapa hari sebelumnya dianggap sebagai biang hasil seri United atas Arsenal. Masuknya Rashford berarti menggeser posisi Miki yang bermain di belakang Zlatan.

Masuknya Rashford ternyata menghadirkan mimpi buruk bagi Feyenoord yang mungkin lupa membaca doa sebelum tidur. Pergerakan pemain 19 tahun ini di sisi kiri, membuat bek Feyenoord terfokus padanya dan melupakan Zlatan. Saat hendak dipepet Rick Karsdorp, Rashford langsung mengirimkan umpan terobosan pada Zlatan yang lolos dari offside yang menjebak.

brad-jones-feyenoord-dailymail-uk

Zlatan lalu melakukan akselerasi di sisi kanan pertahanan Feyenoord. Saat hampir sampai di tepi lapangan, ia mengirimkan umpan. Maksud hati mengirim pada Miki, bola justri mengenai kaki Jones yang langsung menghujam masuk ke gawangnya sendiri. Gol!

Tujuh menit setelah gol tersebut, Mou menarik Miki dan Rooney yang digantikan oleh Memphis Depay dan Jesse Lingard. Kedua pemain ini ternyata memberi pengaruh yang cukup besar buat serangan United. Memphis yang biasanya bergerak di sisi kiri, kini bertransformasi menjadi pemain sayap kanan. Gol keempat United pun hadir dari kerja sama Memphis dengan Lingard yang berakhir dengan sebuah tendangan placing yang indah.

Apa Kata Mourinho?

“Aku senang baik itu dari penampilan para pemain maupun hasil akhir pertandingan. Sebelumnya aku bilang sebelum pertandingan bahwa penampilan yang bagus tanpa hasil yang bagus itu tidak bagus tapi memberimu masa depan. Tapi, penampilan yang bagus dengan hasil yang bagus pula adalah sesuatu yang menggembirakan,” kata Mourinho kepada MUTV.

“Mereka bermain amat baik dengan banyak gol dan ini amat penting buat kami karena sejak kami ingin menang di Europa League dan kami tengah dalam kondisi yang membutuhkan empat poin (untuk lolos) dan kini kami cuma perlu satu poin lagi.”

 

Comments

Loading...