OUR NETWORK

Man United vs Club Brugge: Melanjutkan Kemenangan

Ole Gunnar Solskjaer mungkin tidak akan minta hadiah macam-macam pada hari ulang tahunnya. Cukup dengan satu tiket ke babak 16 besar Europa League, ia pasti sudah merasa gembira.

Kemenangan 3-0 melawan Watford menjadi modal bagus bagi United untuk menjamu Club Brugge pada leg kedua babak 32 Europa League musim 2019/2020. Memang, Watford adalah tim lemah di Premier League, namun setidaknya kemenangan tersebut menjadi tambahan kepercayaan diri bagi skuat Ole Gunnar Solskjaer untuk menghadapi laga dini hari nanti.

Moral United memang sedang bagus-bagusnya. Kemenangan akhir pekan lalu membuat mereka tidak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir sejak laga melawan Burnley akhir Januari lalu. Selain itu, hasil di laga pertama yang berakhir 1-1 juga menguntungkan mereka. Bekal gol tandang membuat United hanya tinggal mencari kemenangan berapa pun skornya. Lagipula, Club Brugge juga tidak bisa diperkuat oleh dua pemain andalannya. Kapten mereka, Ruud Vormer, dan pencetak gol pada leg pertama, Emmanuel Dennis, mengalami cedera sehingga dipastikan absen.

Leg kedua adalah pertandingan yang menentukan. Oleh karena itu, United wajib tampil serius dalam pertandingan nanti. Menurunkan skuat utama jelas menjadi pilihan yang bisa diambil mengingat mereka hanya datang dengan modal hasil imbang meski membawa gol tandang. Selain itu, United juga tidak melakukan perjalanan jauh dan mereka masih punya jarak dua hari ke pertandingan selanjutnya melawan Everton.

Sangat disayangkan ketika pemain pelapis United tidak tampil bagus pada leg pertama. Andreas Pereira dan Jesse Lingard tampil berantakan, Juan Mata juga kesulitan membuat peluang, begitu juga dengan Diogo Dalot di sektor bek kanan. Sampai-sampai Anthony Martial harus kerja keras sendiri untuk mencari gol yang membuat peluang mereka untuk lolos terbuka lebar.

Memainkan Bruno Fernandes sejak awal tampaknya menjadi opsi yang akan diambil. Ia sedang berada dalam tren yang positif. Sudah tiga gol ia kreasikan (satu gol dan dua asis) sejak pertama kali bermain pada awal Februari lalu melawan Wolves. Proses adaptasinya singkat dan membuat ia langsung menjadi andalan di lini tengah-depan.

Masa bodoh dengan ketergantungan, nyatanya kehadiran Bruno memang cukup penting bagi United. Leg pertama bisa menjadi contoh kalau kreativitasnya benar-benar diperlukan oleh mereka. Masuk pada babak kedua, serangan United jauh lebih mengalir ketimbang sebelum dia menginjak lapangan. Ini juga yang mungkin membuat Ole kesal kepada duet “maut” Jesse Lingard dan Andreas Pereira.

“Imajinasi dan visi bermainnya ada di depan para pemain lain. Itu adalah kelebihan yang ia miliki. Ia bisa memutuskan dalam hitungan sepersekian detik. Ketenangannya sangat penting bagi tim. Ia akan semakin kuat dengan datang ke liga yang lebih kuat dan bermain bersama rekan setim yang lebih kuat. Ia sudah memukau kami semua, tetapi saya tidak ingin membatasi apa yang ia capat di sini,” kata Ole.

United tampaknya akan mencari gol cepat. Maka dari itu, sosok Martial dan Mason Greenwood tampaknya akan kembali bermain sejak awal. Jika mereka sudah unggul dua atau bahkan tiga gol, barulah pemain utama akan diistirahatkan sebagai persiapan untuk pertandingan melawan Everton. Ole jelas berharap bisa kembali melakukan hal ini pada pertandingan nanti.

Meski diunggulkan, namun United pantang meremehkan wakil Belgia tersebut. Salah satu penyebab mereka tidak bisa menang adalah kesalahan di lini belakang. Koordinasi yang salah dari para bek dan Sergio Romero membuat United harus tertinggal terlebih dahulu saat itu. Jangan sampai kesalahan serupa kembali terulang karena bisa jadi hal itu justru akan mempersulit permainan United dan membuat mereka gagal meraih tiket ke 16 besar.

Ole sudah memperingatkan Luke Shaw tentang sosok Krepin Diatta, pemain yang ia anggap cukup berbahaya untuk laga kedua nanti. Bisa jadi serangan Brugge akan terpusat kepada pemain Senegal tersebut. United wajib berhati-hati terhadap permainannya di sisi kiri penyerangan United.

“Saya kenal pemain sayap kanan mereka yaitu Krepin Diatta ketika saya masih di Norwegia. Dia mungkin akan mempersulit tempat Luke (Shaw), kita tidak pernah tahu,” kata Ole.

Perkiraan Susunan Pemain

MANCHESTER UNITED:

Sergio Romero, Diogo Dalot, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw, Nemanja Matic, Fred, Bruno Fernandes, Mason Greenwood, Anthony Martial, Odion Ighalo

CLUB BRUGGE:

Simon Mignolet, Clinton Mata, Brandon Mechele, Simon Deli, Odilon Kossounou, Mats Rits, Eder Balanta, Maxim De Cuyper, Percy Tau, Hans Vanaken, Krepin Diatta

Comments

Loading...