in

Tampil Solid di Semua Lini, Manchester United Kalahkan West Ham 4-0

Manchester United menutup rangkaian pekan perdana Liga Inggris dengan cara yang spektakuler. Bermain menghadapi West Ham United, Setan Merah menang telak 4-0 atas klub London tersebut. Romelu Lukaku menjadi bintang dengan dua golnya sementara gol dari Anthony Martial dan Paul Pogba jelang akhir laga membuat Setan Merah untuk sementara berada di puncak klasemen.

Dalam laga yang dipimpin wasit Martin Atkinson tersebut, United bermain selayaknya apa yang sering mereka lakukan ketika masih dilatih oleh Sir Alex Ferguson. Mereka tampil solid dalam bertahan, permainan lini tengah yang cair, serta tajamnya para pemain lini depan. Selain itu mereka juga memenangi penguasaan bola yang menunjukkan bahwa mereka benar-benar dominan siang itu.

Sementara itu West Ham tampil dengan skuat yang terbilang seadanya. Mereka tidak bisa memainkan para langganan starternya macam Michael Antonio, Robert Snodgrass, Manuel Lanzini, dan Sofiane Feghouli. Dengan hanya mengandalkan Marko Arnautovic saja, serangan West Ham lebih banyak mandek oleh lini belakang United.

Salah satu faktornya adalah ketika Jose Mourinho lebih memilih untuk menduetkan Bailly dan Phil Jones yang absen tengah pekan lalu alih-alih memasangkan Victor Lindelof. Keputusan ini terbilang tepat mengingat dua pemain tersebut tampil sangat baik mengcover David De Gea.

Jones melakukan tiga kali intersep dan melakukan empat kali sapuan. Sedangkan Bailly melakukan empat sapuan. Selain itu akurasi umpan kedua pemain menyentuh 87% di mana mayoritas umpan mereka diarahkan ke lini depan.

Akan tetapi sorotan utama lebih diarahkan kepada Romelu Lukaku. Striker Belgia ini tampil menjadi bintang dengan brace nya. Selain itu dua golnya tersebut dibuat dengan cara yang menjadi ciri khasnya yaitu kepandaiannya dalam mencari posisi. Secara keseluruhan ia membuat lima tembakan dan tiga kali mengkreasikan peluang. Dua golnya tersebut juga menjadikan The Hammers sebagai lawan favoritnya. Total ia sudah mencetak 11 gol ke gawang West Ham.

Meski demikian penampilan apik Lukaku – ditambah Martial dan Rashford – tidak akan berhasil apabila lini tengah United tidak tampil solid. Tercatat duet Pogba dan Nemanja Matic tampil sangat nyaman di pos gelandang tengah. Matic contohnya ia bahkan mampu melakukan tujuh dribel sukses dimana salah satu aksinya ketika ia mampu melewati tiga pemain West Ham United. Gelandang Serbia tersebut menutup hari minggu dengan menjadi Man of the Match versi United.

Sementara Paul Pogba tampil baik dengan menjadi penghubung antara lini tengah dan depan Iblis Merah. Pemain termahal United ini membuat enam kali dribel sukses, tiga tembakan serta mencetak satu gol melalui tendangan jarak jauh.

Golnya ke gawang West Ham tersebut adalah yang ke-34 yang dibuat Pogba sejak 2012/2013 di mana 16 di antaranya dicetak dari luar kotak pinalti. Keberadaan Matic secara tidak langsung menjadikan Pogba bermain bebas dan membuat ritme serangan United menjadi lebih cepat ketimbang ketika mereka masih memiliki Ibrahimovic.

Selepas laga, Jose Mourinho mengungkapkan, “Saya ingin memenangi pertandingan dan tentu saja caranya adalah dengan mencetak gol. Sebelum laga saya ditanya tentang tampil lebih menyerang dibanding musim lalu. Tapi bermain menyerang sudah kami lakukan sejak musim lalu. Performa kami tidak jauh berbeda dibanding musim lalu tapi musim lalu kualitas kami di lini depan sangatlah buruk.”

Jika United tampil sangat dominan lain halnya dengan tim tamu. Skuat asuhan Slaven Bilic ini kesulitan untuk mengonversi peluang mereka menjadi gol. The Hammers hanya dua kali melakukan tembakan tepat sasaran. Rekrutan baru mereka, Javier Hernandez, lebih sering turun menjemput bola alih-alih berada di kotak penalti.

United boleh saja berada di posisi pertama. Namun perlu diingat bahwa ini merupakan laga pertama di mana masih ada 37 pertandingan lagi yang musti dilakukan. Untuk itu Jose Mourinho menginginkan para pemain dan juga suporter United untuk tidak melihat peringkat mereka di klasemen saat ini.

“Fakta bahwa kami memulai musim ini dengan berada di puncak klasemen tidak memilki arti apapun buat saya. Satu hal yang memiliki arti adalah level permainan kami hari ini,” ujarnya

Pada pekan kedua Sabtu mendatang, Jose Mourinho dkk., akan berangkat ke Wales untuk mengulangi penampilan apiknya dengan menghadapi Swansea City sementara West Ham United masih harus bermain tandang kali ini menghadapi Southampton.

Facebook Comments
Loading...

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola