OUR NETWORK

Everton vs Manchester United: Incar Tiga

Musim ini Manchester United belum pernah meraih tiga kemenangan beruntun pada ajang Premier League. Kesempatan itu terbuka ketika mereka bertandang ke Goodison Park, Minggu (1/3) malam nanti.

Kalau ingin peluang masuk empat besar menjadi terbuka sangat lebar, maka laga ini harus mereka menangkan. Segala keuntungan kini ada di pihak United. Chelsea tertahan di markas Bournemouth sehingga kemenangan nanti akan memperpendek jarak poin menjadi satu angka saja. Bahkan, untuk mengejar Leicester, yang sedang kehabisan bensin, di peringkat tiga pun United masih bisa. Setan Merah tinggal berselisih enam angka saja dari The Foxes jika mereka menang.

Namun, United biasanya suka membuang-buang peluang. Tidak terhitung berapa jumlah laga yang disia-siakan United ketika The Blues kalah atau seri. Hal ini yang membuat langkah mereka di klasemen suka naik turun. Tidak sedikit pula yang khawatir kalau laga nanti juga berakhir kurang baik bagi United. Pasalnya, musim ini mereka belum pernah menang dalam tiga laga Premier League secara beruntun.

Ini adalah kesempatan ketiga United untuk meraih kemenangan ketiga beruntun di liga setelah dalam dua kesempatan sebelumnya selalu gagal. Pada 1 Januari lalu, United kalah 0-2 dari Arsenal setelah menang melawan Newcastle United dan Burnley. Pada 15 Desember, United gagal meneruskan tren positif setelah mengalahkan Tottenham dan City. Mereka ditahan imbang 1-1 di Old Trafford oleh tim yang akan mereka hadapi malam nanti.

Hasil di Old Trafford jelas menjadi modal positif bagi Everton untuk bisa kembali mencuri poin dari United. Kemenangan pada laga nanti akan menjadi awal yang bagus bagi skuat Carlo Ancelotti mengingat mereka akan melawan Chelsea dan Liverpool pada laga berikutnya sekaligus membuka peluang untuk meraih tiket ke Liga Europa.

“Sekarang kita harus fokus untuk berusaha menang melawan Manchester United. Ini adalah laga penting bagi kami karena berikutnya kami akan berhadapan dengan Chelsea dan Liverpool. Setelah pertandingan melawan United, kami akan melihat bisa sejauh mana kami di klasemen akhir musim ini,” tutur Carletto.

Kehadiran pelatih kelahiran Reggiolo ini mampu mengubah nasib The Toffees dari yang sebelumnya terancam degradasi menjadi berpeluang finis di tujuh besar. Dari sembilan laga yang sudah ia mainkan di Premier League, lima kemenangan sudah diraih dan tiga diantaranya diraih di Goodison Park. Bahkan sejak kalah dari Norwich City, mereka tidak lagi bisa dikalahkan di kandangnya.

Lagipula, Ancelotti punya modal bagus yang mungkin akan berpengaruh kepada timnya nanti. United hanya menang sekali dari lima laga ketika bertandang melawan tim yang diasuh oleh Ancelotti. Dua kali kalah dari AC Milan dan dua kali kalah melawan Chelsea.

Selain itu, kita belum lupa kunjungan terakhir United ke Goodison Park yang berakhir mengenaskan. United kalah telak 0-4 dengan permainan yang sangat buruk. Laga yang membuat sosok Ole Gunnar Solskjaer mulai dipertanyakan dan laga yang membuat Ole kesal kepada pemainnya sendiri.

“Kekalahan 4-0 adalah titik terendah saya di sini. Kami tidak bermain seperti Manchester United. Roma tidak dibangun sehari, namun budaya, sikap, kebugaran, suasana, semangat, hingga pemahaman setiap pemain terhadap rekan setim bertumbuh seiring berjalannya waktu. Saya yakin kami akan tampil jauh lebih baik pada laga nanti. 100 persen saya yakin,” kata Ole.

Benar apa kata Ole. Saat ini moral United sedang tinggi-tingginya. Bahkan Nemanja Matic menyebut kalau Ole saat ini jauh lebih baik dari satu tahun yang lalu. Sudah tujuh laga kini mereka tidak kalah di semua kompetisi. Kehadiran Bruno Fernandes juga mengubah wajah United menjadi tim yang jauh lebih baik dan lebih agresif di lini depan. Kehilangan Anthony Martial, jika ternyata ia masih cedera, tidak menjadi soal karena Ole masih punya Odion Ighalo yang baru saja membuka akun golnya.

Penggawa asal Portugal ini nantinya akan mendapat pantauan khusus dari lini belakang Everton karena disinilah sumber utama kreativitas United. Sudah lima gol (2 gol dan 3 asis) yang ia buat sejak direkrut dari Sporting. Sukses mematikan Bruno menjadi langkah awal Everton jika mereka tidak ingin menderita kekalahan. Bermain pragmatis di Old Trafford tampak akan dilakukan Ancelotti. Mereka akan mengincar serangan balik melalui kecepatan Theo Walcott dan Richarlison.

Perkiraan Susunan Pemain

EVERTON:

Jordan Pickford, Seamus Coleman, Yerri Mina, Michael Keane, Leighton Baines, Tom Davies, Fabian Delph, Theo Walcott, Gylfi Sigurdsson, Richarlison, Dominic Calvert-Lewin

MANCHESTER UNITED:

David de Gea, Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw, Scott McTominay, Fred, Bruno Fernandes, Juan Mata, Daniel James, Odion Ighalo

Comments

Loading...