OUR NETWORK

Derby vs United: Mencari Unbeaten Kesembilan

Jangan lihat satu poin yang diraih pekan lalu atau papan klasemen sementara Premier League. Akan tetapi, lihatlah fakta kalau United kini sudah menjalani delapan pertandingan terakhir tanpa menderita kekalahan. Sebuah tren positif yang diharapkan bisa dipertahankan untuk kesembilan kalinya pada tengah pekan ini.

Lebih baik lihat satu pertandingan ke pertandingan lain, ketimbang meratapi kapan posisi United naik ke zona empat besar. Setidaknya begitu kata Ole Gunnar Solskjaer menyikapi hasil imbang yang diraih melawan Everton. Lupakan laga kemarin karena akan ada laga penting lainnya yang harus mereka menangkan.

Tengah pekan ini, United akan bertandang ke Pride Park untuk menerima jamuan Derby County pada babak kelima Piala FA. Untuk ketiga kalinya secara beruntun (tidak termasuk partai replay) mereka harus menjadi tamu pada ajang yang sudah mereka raih sebanyak 12 kali tersebut.

Setan Merah jelas tidak boleh tersandung lagi seperti pekan lalu. Mereka mendapatkan lawan yang performanya tidak konsisten di kompetisi Championship. Mereka berada pada urutan ke-13 klasemen sementara. Oleh karena itu, United diunggulkan untuk menang bahkan menang dengan mudah sekalipun mengingat kualitas yang mereka miliki.

Lagipula, ini semua soal gelar juara. Piala FA adalah satu dari dua trofi tersisa yang bisa diraih United selain Europa League pada musim ini. Trofi ini akan sangat bernilai bagi karier Ole Gunnar Solskjaer yang berhasrat tinggal lebih lama bersama Manchester merah. Syukur-syukur kalau keduanya bisa diraih. Apalagi pendukung United sudah haus ingin melihat kapten mereka mengangkat piala setelah tiga tahun yang lalu. Oleh karena itu, kesempatan meraih trofi ini tidak boleh disia-siakan.

Rekor mereka setiap menghadapi The Rams juga sangat bagus. United menang 46 kali dari 107 pertemuan mereka sepanjang sejarah kedua kesebelasan. Pada lima pertemuan terakhir di semua kompetisi, United tidak terkalahkan dan menutup empat laga diantaranya dengan kemenangan. Bahkan laga terakhir di Pride Park berhasil dimenangkan United 3-1 pada babak keempat Piala FA musim 2015/2016.

Meski begitu, United bukannya tanpa kendala jelang pertandingan ini. Pada konferensi pers jelang laga, ia menyebut kalau timnya tidak bisa memainkan Daniel James dan Aaron Wan-Bissaka. Sebuah kehilangan yang berpotensi merugikan United mengingat keduanya adalah salah satu andalan di lini depan dan belakang. Posisi James kemungkinan akan diisi oleh Mason Greenwood, sedangkan Diogo Dalot tampaknya akan mengisi slot bek kanan.

“Daniel James dan Wan-Bissaka kemungkinan akan absen karena mengalami cedera ringan. Khususnya bagi Aaron yang memiliki sedikit masalah punggung ketika melawan Everton pekan lalu. Selain itu, Rashford dan Pogba juga belum siap untuk kembali,” tutur Ole.

Tidak hanya soal cedera, laga melawan Derby datang di tengah persiapan mereka menghadapi Manchester City pada hari Minggu mendatang. Para pemain United jelas harus pintar menjaga kebugaran mengingat masa recovery mereka terbilang sangat singkat. Bisa dipastikan, separuh pemain inti akan dimainkan Ole ketika menghadapi Derby County karena mereka juga tidak mau kehilangan meraih tiket ke babak perempat final. Masalah bisa menjadi lebih rumit jika laga harus berlanjut hingga perpanjangan waktu mengingat mulai 16 besar, laga replay ditiadakan.

Sang manajer tentu berharap, United bisa mendapatkan dua sampai tiga gol hingga pertengahan babak kedua seperti ketika mereka mengalahkan Club Brugge. Jika situasi ini terjadi, maka Ole bisa langsung mengganti pemain-pemain intinya agar bisa pulih lebih cepat dan siap untuk melawan City nanti.

Dari kubu lawan, mereka juga punya beberapa senjata untuk meredam kuatnya setiap lini Manchester United. Salah satunya adalah mantan kapten United yaitu Wayne Rooney. Pengalaman serta kepemimpinan Wazza diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi anggota tim lainnya agar bisa mengalahkan United.

Top skor sepanjang masa ini bahkan sudah melakukan psy war kepada klub lamanya. Dalam wawancaranya bersama Wes Brown, ia berjanji akan tetap merayakan gol meskipun gawang yang dibobol adalah gawang mantan timnya.

“Tentu saja saya akan merayakan gol. Saya sekarang adalah pemain Derby County dan saya ingin menang bersama mereka entah itu selama 90 atau 120 menit. Yang pasti, saya ingin Manchester United kalah,” tegasnya.

Perkiraan Susunan Pemain

DERBY COUNTY:

Ben Hamer, Jayden Bogle, Andre Wisdom, Matthew Clarke, Craig Forsyth, Max Bird, Wayne Rooney, Martyn Waghorn, Tom Lawrence, Jason Knight, Chris Martin

MANCHESTER UNITED:

Sergio Romero, Diogo Dalot, Eric Bailly, Harry Maguire, Brandon Williams, Nemanja Matic, Fred, Bruno Fernandes, Juan Mata, Anthony Martial, Odion Ighalo

 

Comments

Loading...