OUR NETWORK

Club Brugge vs Man United: Misi Melanjutkan Kemenangan

Manchester United sudah membuka lagi jalur perebutan tiket Liga Champions melalui peringkat di liga. Dini hari nanti, giliran pintu Liga Champions melalui jalur Liga Europa harus dibuka setengah terlebih dahulu oleh United. Caranya adalah dengan memenangkan pertandingan leg pertama babak 32 besar melawan Club Brugge di Belgia.

Kemenangan di Belgia atau minimal hasil seri saja membuat peluang Setan Merah untuk melaju ke babak 16 besar akan menjadi jauh lebih mudah. Namun melihat apa yang ditampilkan United ketika melawan Chelsea kemarin, maka kemenangan jelas menjadi incaran Ole Gunnar Solskjaer.

“Harapannya adalah kami bisa menyingkirkan Club Brugge dan jika kami bisa melakukannya, maka kami akan memiliki 11 laga dalam waktu enam pekan. Saya percaya kalau jeda musim dingin kemarin banyak membantu kami melewati periode ini. Hanya ada belasan laga tersisa dan kami perlu menyelesaikannya dengan baik,” kata Ole selepas laga melawan The Blues.

Istirahat dua pekan perlahan-lahan memberikan perubahan yang positif dalam kubu Manchester United. Khususnya soal chemistry antar pemain mengingat mereka baru ketambahan dua pemain anyar yaitu Bruno Fernandes dan Odion Ighalo. Khusus bagi Bruno, ia terlihat mulai padu dan menunjukkan kalau proses adaptasinya sudah berjalan dengan baik. Ia tinggal meningkatkan penampilan bagusnya pekan lalu untuk terus dipertahankan hingga kariernya selesai.

“Kami melihat United bermain melawan Chelsea di mana mereka menunjukkan bahwa mereka adalah tim yang sangat bagus. Kami tidak tahu 11 pemain mana yang akan bermain, tetapi yang jelas mereka adalah tim kuat,” kata Simon Mignolet, penjaga gawang mereka.

Setan Merah sendiri punya rekor yang apik ketika melawan kesebelasan asal Belgia. Dari 10 pertandingan yang pernah dijalani, mereka memenangkan tujuh laga dan hanya mengalami dua kekalahan. Kekalahan terakhir bahkan sudah terjadi nyaris dua dekade lalu ketika melawan Anderlecht. Club Brugge sendiri sudah dua kali bermain melawan United dan hasilnya mereka selalu kalah dengan agregat 7-1.

Namun, United tetap harus waspada. Satu hasil seri dan dua kali kekalahan melawan wakil Belgia didapat saat mereka bertandang ke sana. Lepas konsentrasi sedikit, bukan tidak mungkin mereka yang justru menderita kekalahan mengingat tim ini masih bermasalah dengan inkonsistensi dan penampilan mereka juga sering naik-turun di kompetisi ini.

Club Brugge sendiri tidak bisa dianggap remeh. Mereka adalah pemuncak klasemen sementara Liga Belgia. Meski hanya menjadi tim yang turun dari kompetisi Liga Champions dan belum meraih kemenangan pada laga Eropa yang diikuti, mereka sanggup menahan imbang dua tim kuat di grupnya yaitu Galatasaray dan Real Madrid. Bahkan mereka finis di atas duta Turki tersebut.

“Saya menyaksikan Club Brugge melawan PSG dan Real Madrid. Mereka bermain baik di Liga Champions dan mereka bertahan hampir di sebagian besar pertandingan dengan satu atau dua kekalahan yang buruk. Mereka akan menjadi lawan sulit, tetapi tidak ada yang mudah ketika memasuki fase gugur. Kami berharap bisa lolo ke babak 16 besar,” kata Ole Gunnar Solskjaer.

Meski begitu, United masih diunggulkan untuk menang mengingat kualitas pemain mereka masih jauh di atas tuan rumah. Jika melihat pemain yang dibawa, maka ada indikasi skuat terbaik yang akan diturunkan. Kalaupun ada rotasi mungkin tidak terlalu signifikan.

Tidak ada nama Mason Greenwood maupun Tahith Chong di lini depan. Komposisi Daniel James dan Anthony Martial tampaknya akan kembali digunakan. Jika memakai formasi empat bek, maka Odion Ighalo mungkin akan bermain. Ole sendiri dalam konferensi pers terakhir belum mau menyebut apakah pemain Nigeria ini menjadi starter atau tidak. Namun jika melihat penampilan sebentarnya melawan Chelsea, maka Ighalo patut diberi kesempatan.

Sosok Bruno Fernandes akan menjadi andalan bagi United agar bisa membawa pulang kemenangan. Penggawa asal Portugal ini bermain bagus saat masih membela Sporting. Dari enam laga pada babak grup yang sudah dimainkan, ia membuat lima gol dan tiga asis. Penggemar United tentu berharap ketajaman dan kreativitasnya bisa tertular ketika ia sudah berganti seragam.

Perkiraan Susunan Pemain

CLUB BRUGGE:

Simon Mignolet, Clinton Mata, Brandon Mechele, Federico Ricca, Krepin Diatta, Ruud Vormer, Mats Rits, Charles De Ketelaere, Eduard Sobol, Hans Vanaken, Siebe Schrijvers

MANCHESTER UNITED:

Sergio Romero, Diogo Dalot, Eric Bailly, Harry Maguire, Brandon Williams, Nemanja Matic, Fred, Bruno Fernandes, Daniel James, Anthony Martial, Odion Ighalo

Comments

Loading...