OUR NETWORK

Cardiff vs United: Misi Tiga Poin Perdana Solskjaer

Akhir pekan ini, Manchester United hadir dengan sosok baru di pinggir lapangan. Ole Gunnar Solskjaer masuk menggantikan Jose Mourinho yang baru saja dipecat hari Selasa lalu. Tugas berat langsung menanti pahlawan treble musim 1998/99 ini. Mereka akan bertandang ke Wales untuk menghadapi Cardiff City, mantan tim asuhan Solskjaer di Cardiff Stadium.

Kedua kesebelasan datang dengan kondisi yang sama-sama menderita kekalahan di pertandingan terakhirnya. Cardiff takluk dari Watford dengan skor 3-2, sementara Setan Merah dikalahkan Liverpool dengan skor 3-1 yang berujung pemecatan Mourinho. Oleh karena itu, kedua tim sama-sama menyasar kemenangan sebagai obat dari kekalahan pekan sebelumnya.

Melihat kondisi tim saat ini, United bukan tidak mungkin akan kesulitan di kandang Cardiff. Perjumpaan terakhir mereka di sana berakhir imbang 2-2. United yang sudah unggul dua kali, justru disamakan dua kali dengan salah satunya gol terjadi pada menit terakhir melalui sundulan Kim Bo Kyung.

Performa tandang mereka pun sedang berantakan. Setelah menang secara kebetulan di kandang Juventus, United hanya membawa satu poin dari tiga kunjungan terakhir mereka ke gawang lawan. Menghadapi lawan seperti Southampton pun mereka tertinggal dua gol terlebih dahulu sebelum akhirnya mengejar ketertinggalan. Ditambah fakta kalau seluruh kemenangan Cardiff diraih di kandang sendiri, maka besar kemungkinan kalau United akan kesulitan akhir pekan nanti.

Kubu tamu masih kehilangan para pemain-pemain terbaiknya. Alexis Sanchez, Chris Smalling, Diogo Dalot, Luke Shaw, Scott McTominay, Victor Lindelof, dan Anthony Martial masih diragukan untuk tampil. Kabar terbaru bahkan menyebut Romelu Lukaku juga tidak akan bermain dalam dua pertandingan kedepan karena kabar duka yang datang dari keluarganya.

Misteri Taktik Solskjaer

Ketika tulisan ini sampai ke para pembaca, kita masih dibuat penasaran mengenai taktik apa yang digunakan oleh Solskjaer pada pertandingan nanti. Dalam konferensi pers bersama MUTV, Solskjaer menyebut kehadiran dirinya diharapkan bisa membuat para pemain Setan Merah lebih bisa mengekspresikan diri mereka dan mengetahui tugas mereka di atas lapangan.

“Ini semua tentang kami, Manchester United. Ini semua tentang para pemain yang harus paham apa yang bisa mereka lakukan, apa yang mereka bisa ekspreksikan di atas lapangan. Fokus utama saya saat ini adalah menentukan cara kami bermain,” tuturnya.

Ketika masih menangani Molde, Solskjaer kerap memainkan formasi 4-2-3-1. Ketika sedang bertahan, taktiknya akan berubah menjadi 4-1-4-1. Yang menarik, 4-1-4-1 baru akan bekerja ketika lawan sudah melewati garis tengah. Ketika lawan masih menguasai bola di area pertahanan sendiri, tiga pemain depan akan mencoba menekan agar penguasaa bola bisa berpindah kepada mereka.

Tidak hanya itu, kedatangan Solskjaer juga diharapkan bisa membangkitkan lagi kepercayaan diri para pemain yang sempat meredup di tangan Mourinho. Salah satunya adalah Paul Pogba. Pemain asal Prancis ini nampaknya akan dimainkan sejak awal mengingat Solskjaer pernah mengatakan kalau dirinya akan membangun tim di sekitar Pogba ketika diberi kesempatan melatih United.

Solskjaer pun membawa dua pemain akademi, James Garner dan Angel Gomes. Menarik untuk diamati apakah Solskjaer akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk bermain. Akan tetapi, debut itu baru bisa muncul apabila United sudah unggul cukup jauh dalam pertandingan nanti.

Satu hal yang bisa dimanfaatkan United untuk laga nanti adalah buruknya lini belakang Cardiff dalam menghalau serangan. Musim ini, mereka adalah kesebelasan terbanyak kedua yang mendapat tembakan tepat sasaran dari lawannya yaitu 24 kali. Ketajaman Marcus Rashford, yang sudah membuat satu gol dan empat asis dalam empat partai terakhirnya, diharapkan bisa berlanjut. Meski begitu, United juga tidak boleh lupa kalau lini belakangnya juga memiliki masalah yang serupa.

Perkiraan Formasi

CARDIFF CITY:

Neil Etheridge, Bruno Ecuele Manga, Sean Morrison, Sol Bamba, Joe Bennett, Aron Gunnarsson, Junior Hoilett, Victor Camarasa, Harry Arter, Josh Murphy, Callum Paterson

MANCHESTER UNITED:

David De Gea, Antonio Valencia, Eric Bailly, Phil Jones, Ashley Young, Nemanja Matic, Ander Herrera, Paul Pogba, Juan Mata, Jesse Lingard, Marcus Rashford

Comments

Loading...