OUR NETWORK

Bagaimana Nasib United Tanpa Zlatan Ibrahimovic dan Ander Herrera?

Setelah memastikan satu tempat di babak perempat final Europa League, Manchester United akan kembali bertarung mati-matian untuk memperjuangkan nasib di liga domestik. Untuk beberapa pertandingan ke depan, United dipastikan takkan diperkuat Zlatan Ibrahimovic dan Ander Herrera.

Seperti diketahui, The Red Devils punya target untuk lolos ke Liga Champions musim depan, setelah musim ini tak bisa berangkat ke turnamen elit Eropa itu. Sayangnya, hingga pekan ke-28 Premier League Inggris, United masih tertahan di peringkat ketujuh klasemen sementara. Jarak mereka pun dengan posisi empat yang menyediakan satu tiket ke babak kualifikasi, kini ditempati Liverpool, makin melebar hingga enam poin.

Melihat kondisi tersebut, anak-anak asuh pelatih Jose Mourinho harus bekerja lebih keras lagi dalam 12 pertandingan yang tersisa; termasuk laga tertunda kontra Manchester City dan Southampton. Namun, United juga harus menghadapi jadwal yang padat, karena mereka masih harus bertarung di Europa League.

Masalah ini sudah memperlihatkan dampak negatifnya, saat tim Setan Merah takluk di tangan Chelsea dengan skor 0-1 dalam babak perempat final Piala FA, Selasa (14/3/2017) dini hari WIB kemarin. Mourinho pun sudah mengeluhkan padatnya jadwal kompetisi yang harus dijalani ini.

Baca juga: Kebanyakan Mengeluh, Keane Sebut United Terlalu Besar buat Jose Mourinho

Tidak sampai di situ, masalah lain muncul pula jelang laga lanjutan Premier League pekan ini, di mana United akan melawat ke markas Middlesbrough, Minggu (19/3/2017) malam WIB. Pelatih 50 tahun itu sudah dipastikan tidak akan bisa menurunkan dua pemain andalan, yakni bomber Zlatan Ibrahimovic dan gelandang Ander Herrera. Padahal, sepanjang musim ini keduanya menjadi tulang punggung The Red Devils di lini depan dan lini tengah dalam bertarung di empat kompetisi yang mereka jalani; termasuk Piala Liga Inggris yang sudah dimenangi pada akhir Februari 2017 lalu.

Seperti diketahui, Zlatan masih harus menjalani skorsing tiga laga, setelah FA menjatuhkan hukuman karena penyerang gaek asal Swedia itu terbukti menyikut Tyrone Mings dalam laga laga menjamu AFC Bournemouth di Premier League, Sabtu (4/3/2017) lalu, meski luput dari perhatian wasit.

Baca juga: Fans Chelsea Merajuk Ingin Rojo Dihukum

United sudah merasakan ketiadaan Zlatan di lini depan, ketika kalah di markas Chelsea. Pada laga itu pula, Herrera menerima kartu merah oleh wasit. Alhasil, midfielder internasional Spanyol itu pun juga harus absen dalam dua laga ke depan, dimulai saat menghadapi klub berjuluk The Boro pekan ini.

Herrera harus absen dalam dua pertandingan, karena sudah menerima dua kartu merah di kompetisi domestik musim ini, setelah kartu merah pertama saat United menjamu Burnley FC di liga pada 29 Oktober 2016. Bahkan, kali ini manajemen The Red Devils juga terancam menerima sanksi denda dari FA, karena dianggap gagal mengendalikan pemainnya.

Dalam laga kontra Chelsea, skuat United memang melancarkan protes keras pada wasit setelah Herrera dikartu merah. “United telah didakwa karena gagal mengendalikan para pemainnya,” ungkap pernyataan FA, seperti dilansir Skysports.

Sebenarnya, kehilangan Zlatan saja sudah jadi kerugian besar bagi tim Setan Merah. Pasalnya, sang striker adalah top skor United saat ini dengan 15 gol di liga, dan total 26 gol di semua kompetisi. Selain itu, 24,3 persen atau 109 tendangan ke gawang oleh The Red Devils di liga musim ini dilakukan Zlatan. Meski begitu, Mourinho tetap membantah kehilangan pemainnya itu.

“Kami tidak menangis. Tak ada yang melihat kami menangis pekan ini karena absennya Zlatan. Tak ada satu pemain United yang menangis karena masalah ini,” katanya usai kalah dari The Blues, dilansir The Peoples Person.

Namun, dengan absennya pula Herrera mulai pekan ini, skuat United dipastikan semakin timpang. Sialnya lagi, usai menjamu klub Rusia FC Rostov di leg kedua babak 16 besar Liga Europa, Jumat (17/3/2017) lalu, Mourinho kembali harus kehilangan satu lagi pemain pilarnya.

Kali ini, Pogba yang sudah dipastikan absen dalam tiga pekan ke depan, setelah mengalami cedera hamstring dalam laga itu. “Ya, saya tidak tahu pasti. Namun, tentu saja dia tidak akan tampil melawan Middlesbrough pekan ini,” jelas pelatih berjuluk The Special One tersebut, seperti dikutip dari Goal Internasional.

Dengan begitu, dalam laga tandang menghadapi Middlesbrough, United dipastikan tidak diperkuat Zlatan, Herrera dan Pogba, serta Daley Blind dan Anthony Martial yang juga sedang cedera. Badai cedera sudah mulai membayangi Mourinho, akibat padatnya jadwal yang berujung pada kelelahan.

Kondisi ini juga mungkin menjadi penyebab tidak terkontrolnya emosi skuat Setan Merah, hingga dihukumnya Zlatan dan Herrera. Ambisi untuk meraih sebanyak-banyaknya gelar dari kompetisi yang tersisa memang bisa berakibat fatal seperti ini. “Kami mungkin akan kalah pada Minggu ini, karena kelelahan benar adanya,” ujar Mourinho jelang laga pekan ini, dilansir BT Sport. Mulai pesimiskah?

Comments

Loading...