OUR NETWORK

Laga-Laga Terbaik Manchester United Setelah Tertinggal Dua Gol

Manchester United berhasil meraih kemenangan secara dramatis atas Crystal Palace. Tertinggal dua gol melalui Andros Townsend dan Patrick van Aanholt, United membalas tiga gol melalui Chris Smalling, Romelu Lukaku, dan Nemanja Matic.

Comeback dari ketertinggalan dua gol seperti ini bukanlah kali pertama yang dilakukan United. Sepanjang sejarahnya, United sering melakukan comeback dramatis seperti yang mereka lakukan kemarin. Untuk menyegarkan ingatan kita, berikut adalah beberapa laga yang dimenangkan Unied setelah mereka tertinggal dua gol terlebih dahulu pada ajang Premier League.

Manchester City 2-3 Manchester United, Premier League 1993/1994

Sebelum pertandingan, City adalah kesebelasan yang belum pernah menelan kekalahan di kandang pada musim tersebut. Tanda-tanda kemenangan bagi The Citizens saat itu sudah hadir saat mereka unggul 2-0 di babak pertama melalui sundulan Niall Quinn.

Pada babak kedua, United kemudian bangkit. Eric Cantona mencetak dua gol pada menit ke 52 dan 78. Gol kedua berasal dari umpan cuek Ryan Giggs yang mengelabui tiga pemain City. Roy Keane akhirnya membawa United menang setelah sepakannya memanfaatkan umpan Dennis Irwin tidak bisa dihalau Tony Cotton.

Everton 2-4 Manchester United, Premier League 2006/2007

Di sisa empat pertandingan lagi, United butuh kemenangan untuk menghindari kejaran Chelsea yang saat itu berjarak tiga poin saja. Namun langkah CR7 dkk., sangat berat karena sudah tertinggal dua gol hingga menit 50 melalui sepakan Alan Stubbs dan Manuel Fernandes.

Menit ke-61 John O’Shea memperkecil kedudukan. Gol bunuh diri Phil Neville membuat laga menjadi imbang. Setan Merah berbalik unggul melalui Wayne Rooney sebelum kemenangan mereka dipastikan melalui sepakan cantik Chris Eagles. Di akhir kompetisi, United meraih gelar Premier League mereka kesembilan.

Manchester United 5-2 Tottenham Hotspur, Premier League 2008/2009

United bermain buruk pada babak pertama. Spurs hanya butuh 30 menit untuk bisa unggul 2-0 melalui sepakan Darren Bent dan Luca Modric. United tidak tinggal diam pada babak kedua. Fergie memasukkan Carlos Tevez yang langsung mengubah peruntungan Setan Merah. Hanya dalam kurun waktu 23 menit United mengamuk dengan mencetak lima gol yang dicetak oleh Cristiano Ronaldo (2 gol), Wayne Rooney (2 gol), dan Dimitar Berbatov.

Blackpool 2-3 Manchester United, Premier League 2010/2011

Tim promosi berjulukan Si Oranye ini merepotkan Setan Merah yang kesulitan bermain di lapangan mereka yang tidak rata. Blackpool sudah unggul dua gol meninggalkan United di babak pertama melalui sundulan dari Craig Cathcart dan DJ Campbell yang semuanya berasal dari sepak pojok Charlie Adam.

Setan Merah baru bisa membalas pada menit ke-72 melalui Dimitar Berbatov yang diikuti gol Hernandez semenit berselang. Berbatov akhirnya menjadi penyelamat setelah golnya dua menit sebelum pertandingan usai memastikan kemenangan United.

West Ham United 2-4 Manchester United, Premier League 2010/2011

United kembali dibuat repot oleh tim promosi pada musim yang sama. Kali ini, West Ham United bermain mengejutkan dengan unggul 2-0 dalam 25 menit melalui dua penalti Mark Noble. Fergie kemudian merespon taktik West Ham dengan memasukkan Chicharito dan mengeluarkan Patrice Evra. Meski demikian, Wayne Rooney menjadi bintang saat itu dengan trigolnya dalam kurun 14 menit sebelum disempurnakan melalui tendangan Chicharito.

Aston Villa 2-3 Manchester United, Premier League 2012/2013

Di musim terakhir Fergie, United begitu bermasalah pada lini belakang. Salah satu laga yang mencerminkan kerapuhan lini belakang mereka tercermin saat mereka tertinggal dari Aston Villa melalui dua gol Andreas Weimann. Javier Hernandez kembali menjadi supersub dengan mencetak dua gol yang sebelumnya diselingi oleh gol bunuh diri Ron Vlaar.

Hull City 2-3 Manchester United, Premier League 2013/2014

Ini adalah laga terakhir yang dimenangi United setelah tertinggal dua gol sebelum laga melawan Crystal Palace kemarin. Dua gol yang dibuat David Meyler berhasil disamakan oleh Chris Smalling dan Wayne Rooney untuk membuat kedudukan imbang 2-2. James Chester, mantan pemain akademi United yang bermain untuk Hull, justru merugikan timnya setelah ia mencetak gol bunuh diri pada babak kedua.

***

United juga pernah melakukan comeback dari ketertinggalan dua gol pada ajang lain. Salah duanya adalah ketika mengalahkan Juventus dalam leg dua semifinal Liga Champions 1998/1999 dan saat mereka mengalahkan Manchester City pada Community Shield 2011. Kedua laga tersebut sama-sama dimenangi Setan Merah dengan skor 3-2.

Comments