OUR NETWORK

Kisah Tur Pertama United di Australia

Manchester United sudah menentukan negara mana saja yang menjadi tempat mereka melakukan tur pra-musim. Salah satu yang mereka pilih adalah Australia. Di negeri kanguru tersebut, Setan Merah akan memainkan tiga pertandingan yaitu melawan Melbourne Victory, Crystal Palace, dan Aston Villa di dua lokasi berbeda yaitu Melbourne dan Perth.

Bulan Juni ini menandai peringatan 55 tahun tur pertama United ke negara yang berada di selatan Indonesia tersebut. Mengenang kembali pada tahun 1967, saat itu pra-musim tidak semeriah sekarang. Saat itu murni tugasnya adalah mengembalikan kebugaran. Ketika itu, United memainkan total 12 pertandingan hanya empat hari setelah mereka menjadi juara Liga Inggris.

Yang pertama mereka mengalahkan Queensland dengan skor 7-0 pada 4 Juni 1967. Pada babak pertama, United unggul 3-0 berkat gol dari Noel Cantwell, John Aston Jr dan George Best. United mencetak banyak sekali peluang namun kiper Queensland saat itu, Ross Kelly tampil luar biasa. United kemudian melengkapi hari itu dengan empat gol tambahan melalui brace Bobby Charlton, dan gol Aston serta Best.

Selang tiga hari, United bermain melawan Representative XI. Skor saat itu masih dimenangkan United meski hanya 3-0. Tiga gol saat itu dicetak oleh Best (dua gol), dan Denis Law. Meski hanya uji coba, tapi jalannya laga saat itu begitu keras. Pemain lawan, Ron Giles mengalami patah tulang pipi karena bertabrakan dengan Law.

Setelah bermain imbang melawan Victoria XI, United kembali menang ketika bersua Northern New South Wales. Yang menarik dari pertemuan ini adalah perjalanan mereka ke Newcastle yang menantang. Jack Crompton bercerita bahwa United sampai harus berjalan di sekitar bandara menggunakan senter karena tiba di sana tengah malam. Hal ini dikarenakan pihak bandara yang terlanjur menutup bandara dan lupa kalau United akan datang ke sana.

Para pemain United mendapat istirahat enam hari sebelum bertemu dengan New South Wales. United menang dengan skor 3-1 melalui gol Charlton (dua gol) dan Foulkes sebelum dibalas melalui gol Pat Hughes.

Victoria State XI kemudian menjadi lawan United tiga hari berikutnya. Pertandingan ini menjadi ajang comeback Denis Law dari cedera. Sang penyerang langsung mewarnai kembalinya ia ke atas lapangan dengan membuat dua gol. George Best mencetak satu gol dan satu gol lainnya dari bunuh diri Billy Cook yang secara keliru justru men-chip bola melewati kipernya sendiri.

Pekan terakhir United di Australia dimulai dengan mengalahkan South Australia dengan skor 5-1. Inilah kali pertama United bisa mencetak lima gol setelah pertandingan pertama melawan Queensland. Pertandingan ini juga menjadi ajang unjuk gigi wonderkid bernama Brian Kidd. Sang pencetak gol pada final Piala Champions musim berikutnya ini bermain luar biasa dan mencetak hat-trick sebelum dilengkapi oleh Law dan Charlton.

Pertandingan penutup digelar pada 27 Juni 1967 melawan Western Australia. Pasukan Matt Busby mengalahkan mereka dengan skor sama seperti saat bertanding pertama kali yaitu 7-0. Akan tetapi, pertandingan ini ternoda dengan kartu merah yang didapat Denis Law karena ucapannya yang kasar. Meski begitu, kehilangan satu pemain tidak mengubah superioritas skuad asuhan Matt Busby itu dengan George Best yang menjadi bintang lapangan dengan tiga golnya.

Tur ini disebut-sebut menjadi salah satu tur yang sangat sukses dalam sejarah klub. Setelah dari Australia, United kembali ke Inggris dan memainkan satu lagi laga persahabatan yaitu melawan skuad Olimpiade timnas Italia sebelum memulai pertandingan musim 1967/1968 yang berakhir dengan hadirnya trofi Piala Champions untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Comments

Loading...