OUR NETWORK

Ketika Skuat Muda Manchester United Kalahkan Tottenham Hotspur

Selama 185 kali pertemuan antara Manchester United melawan Tottenham Hotspur terdapat banyak sekali laga-laga klasik yang menghasilkan momen-momen menarik. Salah satu diantaranya adalah apa yang terjadi pada 22 Agustus 2011 di mana saat itu “anak-anak” asuhan Sir Alex Ferguson mempertunjukkan permainan indah ketika menghadapi Tottenham Hotspur asuhan Harry Redknapp.

Jelang menghadapi musim 2011/2012, Sir Alex merekrut pemain-pemain yang saat itu masih sangat muda macam Phil Jones, Ahley Young, dan David De Gea. Fergie juga memanggil pulang Tom Cleverley dan Danny Welbeck yang di musim sebelumnya dipinjamkan ke Wigan dan Sunderland. Sementara Spurs yang musim sebelumnya finis di posisi kelima harus kehilangan striker legendarisnya, Robbie Keane, yang hijrah ke LA Galaxy.

Apa yang dilakukan Fergie berjalan dengan baik di pekan pertama ketika Setan Merah mengalahkan WBA 2-1. Sementara Spurs harus menunda laga pertama mereka diakibatkan adanya kerusuhan di sekitar kota London. Maka dari itu Gareth Bale dkk., harus memulai Liga Primer Inggris musim 2011/2012 sepekan kemudian dengan melawan sang juara bertahan saat itu Manchester United.

Jelang menghadapi Tottenham Hotspur, Fergie membuat orang-orang terkejut ketika menurunkan skuad yang jauh berbeda dibanding pekan pertama. Manajer kelahiran 31 Desember itu memainkan susunan 11 pemain awal yang didominasi oleh pemain muda. Rata-rata usia pemain yang diturunkan saat itu berusia 23 tahun 191 hari. Catatan ini kemudian menjadi skuat termuda kedua yang pernah dimainkan oleh Fergie.

Bahkan dari 11 pemain tersebut, delapan di antaranya belum lahir ketika Sir Alex ditunjuk menjadi manajer United pada 6 November 1986. Skuat ini juga mengalahkan apa yang dilakukan Matt Busby ketika Setan Merah melawan Red Star beberapa hari sebelum Tragedi Munich.

Namun skuat muda tersebut menunjukkan bahwa mereka sudah siap untuk bermain di kompetisi Liga Primer. United hampir mendominasi sepanjang babak pertama melalui kecepatan-kecepatan Nani di kanan dan Ashley Young di sisi kiri. Anderson (yang berat badannya saat itu masih ideal) mampu menjalankan peran Paul Scholes dengan baik. Begitupun David De Gea yang bermain sedikit lebih tenang dibandingkan dua laga sebelumnya. Sayangnya, meski mendominasi skor babak pertama masih kacamata 0-0.

Di babak kedua, baik Setan Merah maupun si London Putih kembali bermain terbuka. United kembali menciptakan beberapa peluang salah satunya melalui tendangan bebas Wayne Rooney yang masih bisa ditepis oleh Brad Friedel. Begitu juga dengan upaya Tom Cleverley melalui sundulan kepala.

Setan Merah akhirnya mampu membuka keunggulan pada menit ke-61. Umpan silang melengkung dari Tom Cleverley berhasil disambut dengan baik oleh sundulan keras Welbeck ke pojok bawah gawang Friedel. Gol ini menjadi gol pertama Welbeck di musim 2011/2012. Pemain yang sekarang sudah hijrah ke Arsenal tersebut menjadi inspirator bagi gol kedua United yang dicetak Anderson. Friedel tidak kuasa untuk mengatasi tembakan pelan Anderson yang diawali dari kombinasi umpan satu dua dengan Welbeck.

Ryan Giggs yang masuk menggantikan Tom Cleverley langsung memberikan assist untuk gol ketiga yang dicetak Wayne Rooney. Hasil ini membuat United saat itu berada di peringkat dua di bawah Manchester City. Fergie menyebut bahwa kunci kemenangannya saat itu adalah di babak kedua.

Ia mengatakan,”Performa babak kedua yang luar biasa. Di babak pertama kami bermain sangat cepat namun mereka juga mampu menguasai bola dengan baik. Namun di babak kedua kami mengambil alih semuanya,” ujar Fergie kepada BBC. Sementara Harry Redknapp mengajak para pemainnya untuk menegakkap kepala mengingat ini baru pertandingan pertama bagi kesebelasannya.

Di akhir musim kedua kesebelasan sama-sama mengakhiri perjalanan di liga dengan nasib yang terbilang mengenaskan. United gagal menjadi juara karena kalah selisih gol dari Manchester City. Sementara Tottenham Hotspur yang mengakhiri liga di posisi keempat harus menerima keputusan pahit gagal lolos ke liga Champions karena Chelsea yang finis di posisi keenam menjadi juara turnamen terbesar Eropa tersebut diakhir musim.

Daftar Skuat yang Diturunkan Melawan Tottenham Hotspur:

Pemain Usia Saat Itu Lahir
David De Gea 20 tahun 7 November 1990
Chris Smalling 21 tahun 22 November 1989
Jonny Evans 23 tahun 3 Januari 1988
Phil Jones 19 tahun 21 Februari 1992
Patrice Evra 30 tahun 15 Mei 1981
Nani 24 tahun 17 November 1986
Anderson 23 tahun 13 April 1988
Tom Cleverley 22 tahun 12 Agustus 1989
Ashley Young 26 tahun 9 Juli 1985
Wayne Rooney 25 tahun 24 Oktober 1985
Danny Welbeck 20 tahun 26 November 1990

Note: Yang dicetak tebal adalah pemain yang belum lahir ketika Fergie ditunjuk menjadi manajer United pada 6 November 1986

Comments

Loading...