OUR NETWORK

Kaleidoskop Manchester United 2018 (1)

Tahun 2018 Sudah berakhir. Kini saatnya menyambut tahun 2019. Sepanjang satu tahun terakhir banyak kisah-kisah yang menyertai perjalanan klub ini. Ada kabar gembira, rekor, hingga berita sedih pun datang dari pengumpul gelar Premier League terbanyak ini.

2018 sendiri ditutup United dengan penampilan positif dalam tiga pertandingan terakhir mereka. Meski masih terjebak di posisi keenam, namun apa yang ditunjukkan Setan Merah sejak Natal memberikan harapan baru dan kepercayaan diri untuk menyambut masa depan yang lebih baik pada tahun 2019.

Berikut adalah kaleidoskop Manchester United sepanjang 2018:

Januari

Manchester United mengawali 2018 dengan kemenangan 2-0 di kandang Everton. Anthony Martial menjadi pemain terbaik United bulan Januari setelah mencetak tiga gol dari enam pertandingan. Selain itu, Angel Gomes mendapat kesempatan main saat United mengalahkan Yeovil di babak 4 Piala FA. Akan tetapi, Januari ditutup dengan kekalahan United dari Tottenham 2-0.

Di luar lapangan, Manchester United meresmikan pembelian Alexis Sanchez yang dibarter dengan Henrikh Mkhitaryan. Jose Mourinho diberikan perpanjangan kontrak oleh manajemen hingga 2020 karena kesuksesannya membawa United memenangi dua gelar musim sebelumnya. Selain itu, Michael Carrick resmi menerima jabatan sebagai staf pelatih Mourinho pada musim depan.

Februari

Kabar duka datang dari Manchester United. Mantan pemain mereka, Liam Miller, meninggal dunia setelah terkena kanker pankreas yang menyerangnya pada 2017 lalu.

Alexis Sanchez mencetak gol dalam partai debutnya di stadion Old Trafford ketika menang melawan Huddersfield. Akan tetapi, tidak konsistennya penampilan United membuat mereka tumbang di markas Newcastle beberapa hari berselang. Bulan Februari ditutup dengan hasil imbang di kandang Sevilla dan tiga poin dari pertandingan melawan Chelsea yang ditandai keberhasilan Romelu Lukaku mencetak gol ke gawang tim enam besar.

Maret

Bulan ini ditandai dengan keputusan hengkangnya Zlatan Ibrahimovic ke klub Amerika Serikat, Los Angeles Galaxy. Cedera membuatnya tidak bisa lagi mengimbangi kultur sepakbola Inggris. Ibra sendiri bersinar di Amerika dengan mencetak 21 gol. Di sisi lain, Marcus Rashford tampil apik saat United mengalahkan Liverpool. Akan tetapi, United tersingkir di Liga Champions karena kalah di kandang dari Sevilla. Berkat satu golnya ke gawang Swansea, Romelu Lukaku menjadi pemain termuda kelima yang bisa membuat 100 gol di Premier League setelah Robbie Fowler, Michael Owen, Wayne Rooney, dan Harry Kane.

April

Kabar duka kembali datang. Salah satu legenda mereka, Ray Wilkins meninggal dunia karena serangan jantung yang ia terima beberapa hari sebelumnya. Di ajang liga, United meraih kemenangan spektakuler 3-2 dari Manchester City setelah tertinggal dua gol terlebih dahulu. Akan tetapi, kekalahan dari WBA membuat peluang juara United secara sah tertutup. United juga memastikan langkah ke final Piala FA setelah mengalahkan Tottenham Hotspur. April kemudian ditutup dengan momen ikonik saat Sir Alex Ferguson, Jose Mourinho, dan Arsene Wenger berada dalam satu lapangan yang sama. Momen tersebut terjadi ketika Fergie memberi penghargaan kepada Wenger yang memasuki masa terakhir menangani Arsenal.

Selain kabar duka, April juga diwarnai oleh konflik antara Jose Mourinho dengan Luke Shaw. Mourinho tidak suka dengan penampilan Shaw saat ia bermain melawan Brighton dan mengkritiknya di depan umum. Santer diberitakan kalau Shaw tidak akan lagi mendapat tempat dan akan dilepas pada musim depan.

Mei

Beberapa hari setelah memberikan penghargaan kepada Wenger, Sir Alex Ferguson pingsan di rumahnya. Setelah menjalani pemeriksaan, ia menderita pendarahan di otak atau Brain Haemorrhage yang membuatnya harus dirawat secara intensif.

Bulan Mei juga menjadi perpisahan untuk Michael Carrick yang melakoni musim terakhirnya bersama Setan Merah. Kesuksesan melaju ke final Piala FA tidak membuahkan hasil berupa gelar karena United dikalahkan Chelsea melalui gol tunggal Eden Hazard. Meski begitu, United finis pada peringkat kedua di liga dan mencatatkan 1000 pertandingan di Premier League. Posisi kedua juga menjadi posisi tertinggi yang bisa diraih setelah Sir Alex pensiun.

Di sisi lain, Manchester United resmi mendirikan tim sepakbola perempuan yang sebelumnya sudah diumumkan pada bulan Maret. Kesebelasan asuhan Casey Stoney ini bermain di divisi dua pada musim 2018/2019.

Dari penganugerahan pemain terbaik tahunan klub, David De Gea keluar sebagai pemenang. Gol terbaik menjadi milik Nemanja Matic, Scott McTominay meraih predikat pemain terbaik pilihan pelatih, Demetri Mitchell meraih penghargaan sebagai pemain terbaik tim cadangan. Sementara gelar pemain muda terbaik diraih Tahith Chong.

Juni

Awal bulan dimulai dengan peresmian perekrutan dua penggawa anyar Red Devils yaitu Fred dan Diogo Dalot. Nama pertama direkrut dari Shakhtar Donetsk dengan nilai 47 juta paun. Sementara itu, Dalot direkrut dari FC Porto dengan nilai 19 juta paun.

Manchester United melepas 11 pemainnya ke Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia. Para pemain itu adalah Phil Jones, Marcos Rojo, Nemanja Matic, David De Gea, Victor Lindelof, Ashley Young, Marouane Fellaini, Marcus Rashford, Jesse Lingard, Romelu Lukaku, dan Paul Pogba. Dua nama menjadi sorotan pada bulan setengah tahun pertama 2018. David De Gea tampil buruk sepanjang Piala Dunia dan membuat blunder fatal pada laga pertama melawan Portugal. Padahal dia datang dengan status penjaga gawang terbaik Premier League musim lalu. Sedangkan Nemanja Matic menjadi pemain United pertama yang harus angkat koper dari Rusia.

Comments

Loading...