OUR NETWORK

Inilah Para Manajer yang Membawa United Meraih 600 Kemenangan di Premier League

Kemenangan Manchester United 3-1 melawan Middlesbrough dua pekan lalu, bermakna spesial bagi Setan Merah. Selain membuat peringkat United naik dua tangga ke peringkat kelima, hasil ini juga membuat United membukukan 600 kemenangan di kompetisi Premier League. Hasil yang hanya mampu dilakukan (sejauh ini) oleh klub Manchester United.

Mungkin banyak yang sudah mengetahui siapa saja manajer yang sudah membantu Setan Merah menorehkan catatan bersejarah tersebut. Maka dari itu kali ini penulis akan menambahkan data berupa angka kemenangan dan pertandingan terbaik dari mereka selama menukangi United.

  1. Sir Alex Ferguson (528 Kemenangan)

Manajer kesayangan pecinta Setan Merah ini jelas adalah sosok yang pertama kali membuka gerbang kemenangan United di kompetisi liga. Meski sempat gagal di tiga gim pertama musim 1992/1993, Fergie akhirnya meraih kemenangan perdana di pertandingan keempatnya melawan Southampton dengan skor 1-0 melalui gol Dion Dublin. Sepanjang sejarahnya manajer terlama United ini mengoleksi 528 kemenangan, 168 seri, dan 114 kali kalah.

Pertandingan Terbaik: Cukup sulit sebenarnya untuk memilih satu pertandingan terbaik Fergie dari 528 kemenangan yang diraih. Akan tetapi jika harus memilih maka laga melawan Arsenal musim 2011-2012 adalah jawabannya. United saat itu menang besar 8-2 lewat gol dari Wayne Rooney (3), Ashley Young (2), serta satu dari Park Ji Sung, Nani, dan Danny Welbeck.

  1. David Moyes (17 Kemenangan)

Mantan manajer Everton ini sebenarnya mengawalinya dengan cukup baik ketika United menang telak 4-1 di markas Swansea. Akan tetapi memasuki September pasukan merah United langsung tampil inkonsisten dengan puncaknya adalah pemecatan Moyes di bulan April. Manajer yang pernah menunkangi Preston North End ini menyumbangkan 17 kemenangan, 6 hasil imbang, dan 11 kekalahan. Bersama Moyes pun United dibawa finis di posisi tujuh sekaligus yang terendah sepanjang sejarah United.

Pertandingan Terbaik: Pertandingan melawan Arsenal pada November 2013 mungkin adalah yang terbaik bagi Moyes selama menukangi United di liga. Setan merah saat itu menang 1-0 lewat gol tunggal Robin Van Persie yang dirayakan dengan sangat meriah oleh si pemilik nomor 20 tersebut.

  1. Ryan Giggs (2 Kemenangan)

In Giggsy We Trust adalah tulisan yang terpampang di selembar karton yang dibawa seorang anak kecil ketika menyambut Giggs sebagai manajer sementara setan merah saat MU menang telak 4-0 melawan Norwich. Banyak yang berharap bahwa Giggs akan menjadi manajer permanen United. Akan tetapi ia hanya bertahan hingga akhir musim 2014 saja dengan catatan 2 kemenangan, satu seri dan satu kalah.

Pertandingan Terbaik: Pertandingan melawan Hull City di awal Mei 2014 bisa dikatakan adalah pertandingan terbaik bagi Giggs selama menukangi United. Pertandingan yang dimenangkan United dengan skor 3-1 ini juga merupakan laga terakhir The Welsh Wizard di stadion Old Trafford. Giggs yang saat itu berstatus Player manager juga menurunkan dirinya sendiri di babak kedua. Selain itu ia pun meneruskan tradisi pemain muda United dengan memberi debut kepada James Wilson (mencetak dua gol) dan Tom Lawrence.

  1. Louis van Gaal (39 Kemenangan)

Filosofi mendatangkan gelar. Itulah kalimat yang diucapkan oleh LVG ketika United sedang pramusim di Amerika Serikat. Sayangnya filosofi mantan pelatih Ajax ini tidak berjalan sukses selama dua tahun kepelatihannya di Manchester. Dari 76 pertandingan liga yang dijalani, si tulip besi hanya memiliki 39 kemenangan, 19 hasil seri dan 18 kekalahan. Filosofi nya yang memainkan beberapa pemain di luar posisi aslinya pun justru membuat permainan United menjadi kurang gairah dan cenderung membosankan. Meski sering mendapat hujatan, namun hobi Van Gaal yang selalu menelurkan pemain muda patut diberikan apresiasi.

Pertandingan Terbaik: Pertandingan melawan Arsenal pada Februari 2016 jelas patut dikedepankan. Kehilangan Martial karena cidera membuat LVG dengan berani memainkan Rashford sebagai striker utama. Sensasi kemudian terus berlanjut dengan Rashford mencetak dua gol sekaligus membawa United menang 3-2. Dan juga masih ada yang ingat aksi teatrikal Van Gaal di pinggir lapangan pada pertandingan ini?

  1. Jose Mourinho (14 Kemenangan)

Masuknya The Special One dalam sejarah United pada pertengahan 2016 lalu mendapat sambutan meriah dari para penggemarnya. Mou disebut-sebut memiliki kapasitas yang setara dengan apa yang dilakukan Fergie. Meski saat ini masih terkatung-katung hanya untuk meraih posisi keempat, namun mantan manajer Inter Milan ini berhasil membuat United kembali bermain sesuai dengan filosofi klub yaitu menyerang, menyerang, dan menyerang. Sejauh ini Mou memiliki 14 kemenangan, 10 seri dan hanya tiga kali kalah. Rasio kemenangannya pun terbilang cukup baik.

Pertandingan Terbaik: Pertandingan melawan Middlesbrough pada Desember 2016 mungkin adalah yang terbaik bagi Mou sejauh ini di kompetisi Premier league. Tertinggal oleh gol Grant Leadbitter, Di lima menit terakhir United melakukan comeback lewat gol Anthony Martial dan Paul Pogba.

***

Kemenangan-kemenangan yang diraih United tentunya tidak akan berakhir di angka 600. Bukan tidak mungkin setan merah mampu menjadi kesebelasan pertama yang dapat meraih 1000 kemenangan di kompetisi Premier League. Semoga.

Daftar Manajer dalam 600 Kemenangan United di Premier League:

 

No Nama Tahun Main Menang Seri Kalah Selisih Gol Rasio Menang
1 Sir Alex Ferguson 1986-2013 810 528 168 114 1.627-703 65%
2 David Moyes 2013-2014 34 17 6 11 56-40 50%
3 Ryan Giggs 2014 4 2 1 1 8-3 50%
4 Louis Van Gaal 2014-2016 76 39 19 18 111-72 51%
5 Jose Mourinho 2016- 27 14 10 3 42-23 60%

 

Comments