OUR NETWORK

Di Mana Tim Utama di Laga Debut David Moyes Sekarang?

Siapa yang tidak mengenal David Moyes? Ia adalah mantan pelatih Everton yang kemudian diberi tugas berat untuk menggantikan Sir Alex Ferguson di Manchester United pada 2013. Kinerjanya bisa dikatakan kurang baik, karena di waktu yang sama, United mengalami penurunan kualitas. Bahkan, Moyes dinilai menjadi sosok yang mengawali keterpurukan Setan Merah.

Namun, apa boleh buat, kepergian Sir Alex Ferguson adalah hari yang paling menyedihkan dalam sejarah Manchester United, dan mau tidak mau, mereka harus segera mengganti posisi pelatih legenda tersebut saat itu. Fergie pun lalu langsung memberi penjelasan kepada pihak United tentang siapa yang akan menjadi penggantinya, yaitu David Moyes.

Saat itu, pelatih asal Skotlandia itu dipandang sebagai orang yang sempurna (bagi Ferguson) untuk menduduki kursi pelatih di Old Trafford, dan United menaruh kepercayaan itu kepadanya dengan memberikan kontrak berdurasi enam tahun. Moyes kemudian mulai bermimpi untuk memperindah masa jabatannya dengan mengangkat trofi Community Shield. Namun sayang, mimpinya setelah itu, sama sekali tidak terwujud.

Penampilan United di Premier League justru terbilang menurun. Ia juga kemudian tidak bisa membuat tim United asuhannya tampil –setidaknya– mirip seperti yang pernah Sir Alex Ferguson tunjukan dulu. Oleh karena itu, Moyes terus mengalami kekalahan serta hasil yang kurang maksimal, dan pada akhirnya, ia dipecat setelah hanya 10 bulan saja bertugas. Ini merupakan catatan durasi manajer terpendek ketiga dalam sejarah klub.

Namun yang jadi pertanyaan unik adalah, setelah enam tahun berlalu sejak pertandingan debut David Moyes, di mana Starting XI-nya sekarang? Hanya dua pemain dari timnya yang saat ini masih bermain bersama United, dan mayoritas pemain sisanya, sudah pensiun dari sepakbola.

Berikut beberapa keadaan pemain di Starting XI asuhan David Moyes pada debut pertamannya sebagai pelatih Manchester United.

David de Gea (Kiper)

Didatangkan oleh Sir Alex Ferguson, David de Gea mulai dipercaya sebagai kiper andalan United. Ia pun turut ikut menjadi pemain yang bermain di debut David Moyes, dan berkontribusi mengawali karier kepelatihan pria berwajah keriput itu dengan hasil clean sheet. Saat ini, pemain asal Spanyol itu tetap menjadi pemain penting bagi Setan Merah, dan ia sudah membuat lebih dari 300 penampilan sejak bergabung dari Atletico Madrid pada 2011.

Rafael (Bek kanan)

Bermain di United sejak 2008, Rafael adalah bek kanan pilihan pertama di tim Setan Merah, sebelum akhirnya, secara perlahan-lahan eksistensinya redup akibat pergantian manajer. Di satu sisi, ia sempat menandatangani kontrak baru empat tahun pada 2012, dan kemudian menyemat nomor punggung “2”. Namun, ia dijual pada 2015 ke Lyon dengan biaya yang dirahasiakan.

Phil Jones (Bek tengah)

Mantan bek Blackburn Rovers, Phil Jones, adalah bek yang saat ini masih tetap berada di United. Pemain internasional Inggris itu sempat dianggap sebagai bek masa depan pasukan Setan Merah, akan tetapi, ia justru telah dicap gagal karena penampilannya yang cenderung tidak konsisten. Cedera dan perubahan bentuk permainannya juga telah membuatnya berjuang untuk mendapatkan tempat regular di tim utama.

Nemanja Vidic (Bek tengah)

Bek legendaris Nemanja Vidic adalah pemain, yang sekaligus menjadi kapten, yang mengangkat trofi Community Shield pada debut Moyes. Trofi itu juga menjadi trofi terakhirnya di Old Trafford sebelum akhirnya pergi dari United di akhir musim 2013/2014. Setelah tampil 300 kali bersama pasukan The Red Devils, ia kemudian menghabiskan dua musim bersama Inter Milan, dan lalu pensiun dari sepakbola.

Patrice Evra (Bek kiri)

Patrice Evra adalah seorang pemain yang akan dikenang sebagai salah satu bek kiri terbaik United setelah bergabung dari Monaco pada 2006. Seperti Vidic, musim Moyes juga menjadi musimnya yang terakhir, sebelum memutuskan untuk pergi ke Juventus di akhir musim yang sama. Evra kemudian kembali ke Premier League, dan bergabung dengan West Ham pada 2018. Namun, pada pertengahan tahun ini, ia akhirnya memutuskan untuk pensiun dari sepakbola.

Tom Cleverley (Gelandang)

Dalam peran baru yang dibebantugaskan di bawah David Moyes, Tom Cleverley berjuang mendapat tempat dengan Marouane Fellaini. Namun, penampilannya dikritik oleh para suporterr United dengan sebuah petisi yang dibuat untuk melarang pemain tengah itu dimasukkan dalam skuat Inggris di Piala Dunia 2014. Ia kemudian pergi untuk bergabung bersama Everton dengan status bebas transfer pada 2015, sebelum akhirnya menandatangani kontrak dengan Watford secara permanen pada 2017.

Michael Carrick (Gelandang)

Michael Carrick saat ini masih berada di Manchester United, akan tetapi, bukan sebagai seorang pesepakbola, melainkan sebagai asisten pelatih Solskjaer. Gelandang asal Inggris tersebut mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola pada 2018. Namun, karena pengetahuannya tentang permainan ini sangat berharga bagi Setan Merah, maka hal inilah yang membuat Carrick masih berperan besar di United hingga saat ini.

Ryan Giggs (Gelandang)

Ryan Giggs memulai pertandingan melawan Wigan sebagai pemain lini tengah. Giggs diproyeksikan menjadi seorang pelatih dan juga seorang pemain selama masa-masa terakhir David Moyes di Old Trafford, dan ia kemudian benar-benar menggantikan pelatih asal Skotlandia itu ketika ia dipecat. Namun, di musim selanjutnya Giggs hengkang dari Old Trafford, dan menjabat sebagai pelatih Wales pada 2018.

Robin van Persie (Penyerang)

Legenda Belanda Robin van Persie adalah pemain pertama yang mencetak gol di bawah David Moyes. Ia mengantongi dua gol di final Community Shield dan mengamankan kemenangan dengan skor 2-0 di akhir laga. Musim di bawah pelatih asal Skotlandia itu terbukti menjadi musim terakhirnya di United, sebelum akhirnya pergi dan bergabung dengan Fenerbahce di musim setelahnya. Ia kemudian kembali ke Feyenoord sebelum akhirnya mengumumkan pensiun pada akhir musim lalu.

Danny Welbeck (Penyerang)

Salah satu dari sedikit pemain yang bersinar di bawah kepemimpinan David Moyes adalah pemain depan asal Inggris Danny Welbeck. Ia hanya mencetak sembilan gol di Premier League. Ia kemudian lebih memilih untuk meninggalkan United setelah ia ingin bermain sebagai striker utama. Welbeck lalu bergabung dengan Arsenal, akan tetapi, cedera yang ia alami terus menghambat kemajuannya. Musim ini, ia menjadi pemain yang dilepas oleh The Gunners dengan status free transfer ke Watford.

Wilfried Zaha (Penyerang)

Pemain yang saat ini sedang diincar banyak klub-klub besar Inggris, Wilfried Zaha, juga merupakan pemain yang dimainkan pada laga debut David Moyes di United. Namun, penampilannya di laga tersebut tidak berhasil membawanya menjadi pemain yang diperhitungkan di skuat utama Moyes. Hal inilah yang kemudian membuatnya hengkang dan bergabung bersama Crystal Palace pada musim panas 2014.

Comments

Loading...