OUR NETWORK

86 Pemain, 1 Miliar Paun, Nol Transfer

Anda memang tidak salah baca. Manchester United pernah dirumorkan dengan 86 pemain berbeda, dari yang terkenal hingga tidak terkenal, dalam satu jendela transfer dengan nilai mencapai 1 miliar paun. Akan tetapi, kejadian tersebut terjadi delapan tahun lalu atau pada musim panas 2010. Saat Ferguson ditekan untuk merekrut pemain bintang.

Ketika itu, para penggemar Manchester United masih kurang puas dengan skuad Ferguson. Musim sebelumnya mereka kalah telak dari Chelsea terutama dari produktivitas gol yang menjadi senjata mereka. Tapi, Ferguson tetap keukeuh untuk mengatakan kalau rekrutan MU hanya dua yaitu Chris Smalling dan Javier Hernandez yang sudah diikat sebelum musim 2009/2010 berakhir.

Mendengar hal itu, para penggemar United pun dibuat bengong. Mereka hanya dibuai dengan omong kosong serta kreativitas jurnalis dalam menyusun berita. Untuk mengenang kembali, berikut adalah berita-berita transfer United sepanjang Mei hingga Juli 2010 yang melibatkan pemain bintang. Ada yang “katanya” sudah resmi tapi batal tapi tidak sedikit yang justru menjadikan United sebagai pancingan.

20 Mei 2010

United diberitakan akan memecahkan rekor transfer Inggris dengan merekrut Sergio Aguero dari Atletico Madrid sebesar 51 juta paun. Daily Mirror menyebut berita ini sebagai “Breaking News”. Akan tetapi, transfer ini tidak terealisasi karena berita eksklusif tersebut tidak berada di halaman depan atau belakang melainkan di halaman dalam dan hanya berbentuk berita singkat. Dalam autobiografinya, Fergie mengaku secara terang-terangan kalau United benar menawar Aguero tetapi harganya tidak sampai memecahkan rekor transfer Britania.

7 Juni 2010

Luca Modric disebut-sebut akan direkrut United meski si pemain sudah terikat kontrak enam tahun bersama Spurs. Situs caughtoffside memberitakan United akan merekrut pemain Kroasia ini dengan nilai 30 juta paun plus salah satu diantara Michael Carrick, Anderson, dan Tomasz Kuszczak. Akan tetapi, berita tersebut perlahan menguap seiring berjalannya waktu.

14-28 Juni 2010

Di tengah euforia Piala Dunia, United diberitakan siap merekrut Giorgio Chiellini yang saat itu berada di Afrika Selatan bersama Italia. Davide Lippi, selaku agen Chiellini menyebut kalau negosiasi dengan Juve untuk kontrak baru berjalan lambat dan ia akan berbicara dengan United dan Real Madrid yang menawar kliennya. Selama dua minggu juga kabar ini diberitakan The Sun. Sayangnya, dua klub ini hanya digunakan Lippi sebagai pancingan. Beberapa hari setelahnya, Juventus kembali bertemu dengan Lippi dengan membawa nilai kontrak yang lebih besar. Chiellini akhirnya bertahan di Turin hingga saat ini.

18-25 Juni 2010

Di tengah-tengah saga transfer Chiellini, United juga dikabarkan telah mendekati striker Sevilla, Luis Fabiano. Kepada Daily Star, Luis berucap kalau dirinya tidak akan menandatangani perpanjangan kontrak dengan Sevilla dan akan memilih salah satu antara Manchester United dan AC Milan. Ia bahkan sampai meminta Presiden Sevilla saat itu untuk mempercepat negosiasi. Siapa yang menyangka kalau ini hanyalah pancingan. Sepekan kemudian, Luis Fabiano berucap, “Saya senang bertahan di Sevilla”.

23 Juni 2010

Daily Mail mengklaim kalau United akan merekrut penggawa Meksiko, Pablo Barrera. Akan tetapi, rumor tersebut datang dari mulut penggemar United yang berada di sana.

28 Juni 2010

United disebut-sebut akan mendatangkan sayap lincah Ekuador, Jefferson Montero. Akan tetapi, berita ini hanya berdasarkan kutipan si pemain dalam surat kabar News of the World yang berbunyi, “Senang jika saya bermain bersama Antonio (Valencia). Saya di satu sisi dan dia di sisi lain. Pasti sangat luar biasa.”

28 Juni-3 Juli 2010

Sebuah berita aneh muncul ketika Manchester United diberitakan berminat memborong tujuh pemain Jerman asuhan Joachim Loew.

6-12 Juli 2010

Inilah pertama kalinya United diberitakan tertarik kepada Wesley Sneijder. Tri gelar bersama Inter, runner up Piala Dunia bersama Belanda membuat mereka dikabarkan memberi uang 25-35 juta paun. Akan tetapi, nilai tersebut ditolak kubu Beneamata.

Yang menarik, Ferguson justru mempertanyakan kebenaran tersebut. “Bagaimana bisa seorang pemain menolak tawaran yang bahkan sama sekali belum pernah saya ajukan.” Sebuah pernyataan yang menarik mengingat salah satu anggota keluarga Sneijder menyebut kalau ia ingin bermain dengan United.

14 Juli 2010

Kabar mengejutkan hadir ketika Sky Sport Italia mengklaim kalau Mino Raiola telah bertemu dengan United di Amsterdam untuk membicarakan kesepakatan dengan Mario Balotelli. Kebenaran semakin menguat setelah Raiola diberitakan menyusul Sir Alex ke Chicago yang sedang melakukan persiapan pra musim. Berita yang kemudian menguap setelah si pemain membelot ke Manchester Biru.

23 Juli 2010

Media sepertinya sudah kehabisan ide untuk menghubungkan United dengan pemain terkenal. Maka dari itu, mereka membuat rumor kalau Setan Merah mengincar Dentinho dengan pembelian senilai 30 juta paun. Rumor yang hanya sekali lewat saja.

**

Setelah beberapa rumor lainnya, Ferguson tetap keukeuh untuk tidak membeli satu pemain pun. Sampai akhirnya, keteguhan hati Ferguson goyah dan memutuskan untuk membeli pemain. Pemain yang begitu spesial bernama BEBE.

Pemain Besar yang Dirumorkan ke United Sepanjang Bursa Transfer 2010:

Franck Ribery, David Silva, Angel Di Maria, Sulley Muntari, Luis Suarez, David Villa, Zlatan Ibrahimovic, Sergio Aguero, Karim Benzema, David Luiz, Kaka, Van der Vaart, Manuel Neuer, Edin Dzeko, Daniele De Rossi, Yaya Toure, Maicon, Gonzalo Higuain, Eden Hazard, David De Gea, Christian Eriksen, Alexis Sanchez, Luca Modric, Raul Gonzales, Juan Mata, Michael Ballack, Robinho, Jesus Navas, Raul Meireles, Esteban Cambiasso, Fabio Coentrao, Mesut Ozil, Thomas Muller, Wesley Sneijder, Antoine Griezmann, Sami Khedira, Marten Stekelenburg, Lukas Podolski, Bastian Shweinsteiger, Fernando Torres, Mario Balotelli, Philip Lahm, Klaas Jan Huntelaar

*Data diambil dari Inside United edisi September 2010

Comments

Loading...