OUR NETWORK

7 Laga Klasik Mancester United vs Tottenham Hotspur di Old Trafford

Manchester United akan kedatangan tamu besar pada lanjutan Premier League Inggris pekan ketiga, Selasa (28/8/2018). Tottenham Hotspur akan datang bertandang ke Old Trafford. Laga ini akan jadi kunjungan ke-82 di liga bagi klub asal London Utara itu. Pertandingan ini diyakini akan menyajikan pertarungan sengit, karena secara historis pertemuan kedua tim tersebut memang selalu menarik.

Tottenham sendiri selalu finish dalam posisi tiga besar dalam tiga musim terakhir; bahkan sempat jadi runner-up pada musim 2016/2017, ketika tim Setan Merah hanya mampu finish di posisi enam. Nah, menjelang pertemuan pekan ini, berikut tujuh laga klasik United vs Tottenham di Old Trafford dalam kompetisi Premier League dalam tujuh dekade terakhir, yang dikutip dari laman resmi klub.

  1. United 2 vs 0 Tottenham (26 Januari 1951)

Skuat Tottenham yang dibesut legenda mereka, Arthur Rowe datang ke Old Trafford dengan status calon kuat juara, dan menang di White Hart Lane pada awal musim 1950/1951 itu. Laga pun berjalan menegangkan. Sang tamu berjuluk The Lilywhites akhirnya memecah kebuntuan melalui Alf Ramsey. Namun dia mencetak gol ke gawang sendiri. Setelahnya, permainan jadi lebih mengalir, dan Stan Pearson menambah keunggulan menit 87. United menang, namun Tottenham yang menjadi juara.

  1. United 5 vs 1 Tottenham (18 Desember 1965)

The Red Devils masih jadi penantang kuat juara bersama Tottenham pada musim 1964/1965. Dua bulan sebelumnya, skuat Sir Matt Busby memang dicukur 5-1 di White Hart Lane. Namun, dengan tujuh kemenangan dalam delapan laga, mereka bangkit. Denis Law, Sir Bobby Charlton dan Phil Beal membawa United unggul lebih dulu. Meski Tottenham sempat membalas lewat gol Cliff Jones, tapi David Herd dan Law bisa menambah keunggulan. United pun akhirnya berhasil keluar sebagai juara.

  1. United 2 vs 1 Tottenham (6 Februari 1971)

Laga ini mencatatkan salah satu gol terbaik dalam karier George Best hingga kemudian jadi legenda United. Dia menerima umpan silang dari winger Willie Morgan, mengontrol bola dengan dada, dan lalu melepaskan bola lob yang berhasil mengecoh kiper legendaris Pat Jennings. Gol pertama menit 15. Selang sembilan menit, giliran Morgan yang mencetak gol lewat titik putih, sebelum Tottenham bisa membalas satu gol dari Martin Peters tiga menit kemudian. Namun, juaranya adalah Arsenal.

  1. United 3 vs 3 Tottenham (7 Desember 1986)

Striker Peter Davenport menjalani musim berat dalam debutnya di tim Setan Merah. Tapi, segalanya berubah di musim berikutnya bersama Sir Alex Ferguson. Tepat sebulan setelah kedatangan pelatih baru, dia jadi pahlawan menyelamatkan United dari kekalahan saat menjamu Tottenham. Sempat unggul 2-0 di babak pertama, tim tamu malah membalikkan keadaan jadi 3-2 dalam 15 menit pada babak kedua, sebelum Davenport mencetak gol kedua lewat titik putih dua menit sebelum bubaran.

  1. United 4 vs 1 Tottenham (9 Januari 1993)

Pertandingan ini terjadi pada musim perdana Eric Cantona di Old Trafford. Legenda Prancis tersebut membuka skor lewat sundulannya di babak pertama, sebelum mengirim assist untuk gol kedua yang dibuat Denis Irwin pada tujuh menit babak kedua. Dalam lima menit kemudian, The Red Devils sudah unggul 4-0, lewat tambahan gol dari Brian McClair dan Paul Parker. Tottenham hanya membalas satu gol dari Nick Barmby. United pun akhirnya sukses merebut trofi musim pertama Premier League itu.

  1. United 5 vs 2 Tottenham (25 April 2009)

Skuat Harry Redknapp sudah berada di atas angin saat mereka unggul 2-0 di babak pertama. Namun, tiba-tiba kiper Heurelho Gomes melakukan kesalahan, dan tim tuan rumah dapat penalti. Cristiano Ronaldo mampu mengubahnya jadi gol di menit 57. Selanjutnya, hanya dalam 11 menit sejak gol kedua bintang internasional Portugal itu pada menit 68, United mampu membalikkan keadaan jadi 5-2. Sang juara bertahan pun menang, dan kembali menjadi juara untuk ketiga kali secara beruntun.

  1. United 3 vs 0 Tottenham 0 (15 Maret 2015)

United baru saja menjalani musim terburuk pada 2013/2014 di bawah David Moyes, setelah Sir Alex Ferguson pensiun akhir musim sebelumnya. Pada musim perdana Louis Van Gaal, 2014/2015 ini pun skuat tim Setan Merah sedang dalam tekanan besar, karena harus bisa finish di empat besar untuk kembali ke Liga Champions. Ternyata, Wayne Rooney dkk., mampu menampilkan permainan kelas atas, dengan menghancurkan Tottenham 3-0 dalam 25 menit sejak gol pertama pada menit ke-9.

Comments

Loading...