OUR NETWORK

11 Pemain Pada Pertandingan Pertama Alex Ferguson

6 November 1986, Alex Ferguson diangkat sebagai manajer Manchester United menggantikan Ron Atkinson yang lima musim kesulitan membawa mereka kembali ke papan atas. Prestasi Fergie di Aberdeen menjadi alasan kenapa ia yang dipilih sebagai manajer dibandingkan nama-nama lainnya.

Dua hari setelah menggantikan Ron, yaitu tanggal 8 November Fergie langsung memimpin United dari pinggir lapangan yaitu pertandingan Liga Inggris melawan Oxford United. Sayangnya, United kalah dengan skor 2-0. Fergie sendiri menyebut kalau saat itu ia bisa melihat betapa buruknya kebugaran para pemain utama Setan Merah.

Lantas, siapa saja susunan 11 pemain utama yang diturunkan Ferguson pada pertandingan pertamanya saat itu? Berikut adalah nama-nama tersebut.

Chris Turner (Kiper)

Datang dengan nilai 250 ribu pounds, Chris bermain sebagai starter untuk menggantikan Gary Walsh yang ia cedera. Posisinya kemudian mulai tergusur sejak kedatangan Jim Leighton. Chris hijrah ke Sheffield Wednesday dan menjadi penjaga gawang yang membawa mereka menjadi juara Piala Liga 1991. Setelah pensiun, ia mencicipi peran sebagai manajer sebelum akhirnya ia menjadi kepala bagian pemasaran di Port Vale.

Mike Duxburry (Bek kanan)

Dia adalah andalan United pada era 70 hingga 80-an. Ia menjalani persaingan yang sengit dengan rekrutan pertama Fergie, Viv Anderson. Cedera lutut memaksanya keluar dari Old Trafford menuju Blackburn Rovers. Sempat menjadi pelatih kepala di sekolah sepakbola United di Dubai, Mike kini menjadi guru olahraga di Bolton School.

Kevin Moran (Bek Tengah)

Menjadi andalan di lini belakang dan terkenal karena tekelnya yang membuat diusir pada final Piala FA 1985, karier Kevin mulai meredup setelah Fergie mendatangkan Steve Bruce. Sempat mencicipi kompetisi Spanyol bersama Sporting Gijon, Moran kembal ke Inggris untuk memperkuat Blackburn. Setelah pensiun, ia membentuk agensi olahraga yang salah satu kliennya adalah mantan pemain United, John O’Shea.

Graeme Hogg (Bek Tengah)

Sama seperti Moran, Hogg juga tersingkir karena kedatangan Steve Bruce. Ia hengkang ke West Brom pada 1987 lalu memperkuat beberapa tim lain seperti Portsmouth, Hearts, Notts County, dan Bretford. Setelah karier sepakbolanya berakhir, Hogg sempat mencicipi karier sebagai seorang pembalap.

Arthur Albiston (Bek Kiri)

Meski bermain hingga 467 pertandingan bersama United, namun karier Arthur mulai menemui kata akhir setelah di era Fergie posisinya kerap digantikan oleh Colin Gibson. Setelah hengkang dan memperkuat banyak kesebelasan, Arthur kemudian menjadi pandit untuk Manchester Radio dan MUTV serta menjadi anggota untuk menyambut para korporat yang akan menonton United bertanding di Old Trafford.

Clayton Blackmore (Gelandang Kanan)

Pada pertandingan ini, Clayton dimainkan di sisi kanan permainan United. Namun sebagian besar kariernya bersama Fergie Clayton bermain sebagai bek kiri. Ketika Paul Parker dan Denis Irwin datang, Clayton mulai kehilangan tempatnya dan bergabung bersama Bryan Robson ke Middlesbrough. Saat ini, Clayton menjadi pelatih untuk tim cadangan Dynamo Brest, kesebelasan asal Belarus.

Paul McGrath (Gelandang Tengah)

Paul adalah pemain top yang pernah ada di kompetisi Inggris. Sayangnya, kebiasaan minum si pemain mebuatnya sulit untuk berhubungan baik dengan Ferguson. Sang manajer menyerah pada 1989 dan menjuanya ke Aston Villa. Setelah pensiun, Paul sempat menjadi direktur sepakbola di Waterford United. Ia bahkan pernah mencicipi dunia tarik suara dan pernah membuat single dengan judul Goin Back.

Remi Moses (Gelandang Tengah)

Jika McGrath gagal bersinar karena kelakuannya sendiri, maka Remi Moses gagal di United karena cedera lutut parah yang ia derita. Remi bahkan harus pensiun pada usia 27 tahun. Setelah pensiun, ia menghilang dari sepakbola dan menjadi dealer properti dan menjadi pelatih tim inline skating di Manchester.

Peter Barnes (Gelandang Kiri)

Ia merupakan rekrutan Ron Atkinson namun tidak bisa bertahan lama di era Ferguson. Ia kemudian kembali ke Manchester City dan menjadi bagian dari mereka. Sejak 2010, Peter pindah domisili ke Kuala Lumpur Malaysia dan menjadi pandit di Astro untuk mengomentari pertandingan Premier League di sana.

Frank Stapleton (Penyerang)

Meski membuat 78 gol untuk United, tapi tidak ada satu gol pun yang dibuat Frank bersama Ferguson. Kedatangan Brian McClair membuat peran Frank semakin menipis. Pada 1987, ia dilepas United ke Ajax Amsterdam. Setelah menjadi manajer untuk Bradford dan New England Revolutions, ia kemudian menjadi asisten manajer untuk mendiang Ray Wilkins untuk timnas Yordania. Dia kemudian menjadi pandit untuk Sky, MUTV, dan bekerja sebagai bagian dari United di timnas Irlandia.

Peter Davenport (Penyerang)

Didatangkan untuk menggantikan Mark Hughes yang hijrah ke Barcelona, apa daya Peter kembali tersingkir dari lini depan setelah Ferguson kembali merekrut Hughes kembali. Ia kemudian hengkang ke Middlesbrough dan sempat menangani beberapa kesebelasan.

Comments

Loading...